Analisis Hasil Belajar Siswa pada Materi Fluida Statis dengan Modul Berbasis Artificial Intelligence dan Buku Teks Fisika
Sari
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Abdurrahman, A. R., Rizki, M. B., & Pradana, R. B. (2025). Pengaruh Penggunaan ai terhadap kompetensi dan motivasi belajar mahasiswa. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 9(1), 201–
https://doi.org/10.36040/jati.v9i1.12205
Afrita, J. (2023). Peran artificial intelligence dalam meningkatkan efisiensi dan efektifitas sistem pendidikan. COMSERVA : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 2(12), 3181–3187. https://doi.org/10.59141/comserva.v2i12.731
Estianinur, E., Parno, P., & Latifah, E. (2020). Identifikasi kemampuan Pemecahan masalah siswa materi fluida statis. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 5(3), 477. https://doi.org/10.28926/briliant.v5i3.490
Fauziah, A., Sufianti, V., Safitri, A., & Sekar, A. (2020). Pengaruh Pembelajaran jarak jauh terhadap hasil belajar fisika di masa covid-19 pada siswa kelas X IPA SMA bina machmud. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika, 3(1), 404–407. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/sendikfi/
Forero, M. G., & Herrera-Suárez, H. J. (2023). ChatGPT in the Classroom: Boon or Bane for Physics Students’ Academic Performance?. http://arxiv.org/abs/2312.02422
Gontina, W., & Asyhar, R. (2023). Dampak artificial intelligence terhadap pembelajaran ipa/fisika di sekolah. Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika, 5(2), 238–250. https://doi.org/10.31540/sjpif.v5i2.2609
Hawa, S. (2022). Penerapan model pembelajaran berbasis masalah (pbm) dalam meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS di kelas IX MTS negeri kota kupang. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), 7(1), 8–16. https://doi.org/10.59098/jipend.v7i1.687
Meiriza, M. S., Sembiring, G. B., Sitorus, M., Wardana, V., & Sakinah, N. (2024). Pengaruh penggunaan AI terhadap minat belajar di kalangan mahasiswa : studi kasus pada generasi z. AR RUMMAN. Journal of Education and Learning Evaluation, 1(2), 319–327.
Mulia, E., Zakir, S., Rinjani, C., & Annisa, S. (2021). Kajian konseptual hasil belajar siswa dalam berbagai aspek dan faktor yang mempengaruhinya. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 7(2), 137–156. https://doi.org/10.26594/dirasat.v7i2.2648
Nadhini, A. V., Suyudi, A., Nandari, E. M., & Husna, S. F. (2017). Analisis kemampuan siswa SMA kelas XI dalam memecahkan masalah pada materi fluida statis. Jurnal Riset Pendidikan Fisika, 2(2), 56–60.
Nurmisanti, Kurniawan, Y., & Muliyani, R. (2017). Identifikasi hasil belajar ranah kognitif siswa pada materi fluida statis. JIPF: Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika, 2(1), 17–18. http://dx.doi.org/10.26737/jipf.v2i1.199
Purnamasari, I., Yuliati, L., & Diantoro, M. (2017). Analisis kemampuan pemecahan masalah fisika pada materi fluida statis. Pros. Seminar Pend. IPA Pascasarjana UM, 2, 191–195. https://core.ac.uk/download/pdf/267023989.pdf
Saputra, T., & Serdianus, S. (2023). Peran artificial intelligence chatgpt dalam perencanaan pembelajaran di era revolusi industri 4.0. Masokan Ilmu Sosial dan Pendidikan, 3(1), 1–18. https://doi.org/10.34307/misp.v3i1.100
Taruly, Y., S, H. T. M., & Arsyid, S. B. (2022). Analisis miskonsepsi siswa dalam menjawab soal-soal pada materi fluida statis. JPPK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 11(10), 2398–2405. https://doi.org/10.26418/jppk.v11i10.59101
Weijers, R., Wu, D., Betts, H., Jacod, T., Guan, Y., Sujaya, V., Dev, K., Goel, T., Delooze, W., Rabbany, R., Wu, Y., Godbout, J.-F., & Pelrine, K. (2025). From Intuition to Understanding: Using AI Peers to Overcome Physics Misconceptions. http://arxiv.org/abs/2504.00408
Yulianto, A. (2021). Penerapan model kooperatif tipe tps (think pair share) untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VI SDN 42 kota bima. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(2), 6–11. https://doi.org/10.56842/pendikdas.v2i1.68
Zawacki-Richter, O., Marín, V. I., Bond, M., & Gouverneur, F. (2019). Systematic review of research on artificial intelligence applications in higher education – where are the educators? International Journal of Educational Technology in Higher Education, 16(1). https://doi.org/10.1186/s41239-019-
-0
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika (Sendikfi) Untirta diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa