Pengembangan Augmented Reality Educational Strategy (ARES) untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains pada Materi Semikonduktor
Sari
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Affriyenni, Y., Swalaganata, G., Mustikasari, V. R., & Fitriyah, I. J. (2020). Pengembangan media pembelajaran fisika pada materi optik geometri berbasis augmented reality dengan unity dan vuforia. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 4(2), 160-174.
Aina, Q., & Hariyono, E. (2023). Penerapan PhET Simulations Pada Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA Kelas X. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran, 1(2), 56-65.
Sari, P. A., Fatih, M., & Alfi, C. (2024). Booklet Berbasis Augmented Reality melalui Pembelajaran PBL Materi Keseimbangan Ekosistem untuk Meningkatkan Literasi Sains Kelas V SDN Sumberingin 04 Blitar. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 11(2), 380-393.
Andriyadi, A. (2011). Augmented Reality With ARToolkit. Bandar Lampung: ARTeam. .
Daniah. (2020). Pentingnya Inkuiri Ilmiah pada Praktikum dalam Pembelajaran IPA untuk Peningkatan Literasi Sains Mahasiswa. Pionir: Jurnal Pendidikan, 9(1), 144–153.
Iftene, A., & Trandabÿÿ, D. (2018). Meningkatkan daya tarik pembelajaran melalui Augmented Reality. Procedia Computer Science, 126, 166–175.
Ikhlas, P. N., Ismail, A., & Syahid, A. A. (2025). Pengembangan E-Book Materi Sistem Tata Surya Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 307-324. https://doi.org/10.35931/am.v9i1.4250
Khairunisa, W., Taufik, A. N., & Pamungkas, T. A. (2024). Pengembangan Augmented reality Berbantuan Assemblr edu dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa SMP Kelas VIII. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 14(4), 1177-1185. https://doi.org/10.37630/jpm.v14i4.2198
Muliani, M., Marhami, M., & Lukman, I. R. (2021). Persepsi mahasiswa calon guru tentang literasi sains. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 5(1), 6-11.
OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. Tokyo: OECD Publishing.
Paiticen, M., Mujiastuti, R., & Rusilowati, A. (2024, May). Peningkatan Literasi Sains Siswa Menggunakan Pendekatan TARL Berbantukan E-LKPD di SMPN 24 Semarang. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Penelitian Tindakan Kelas (pp. 1073-1082).
Pujiastuti, H., & Haryadi, R. (2020). The use of augmented reality blended learning for improving understanding of food security in universitas sultan ageng tirtayasa: A case study. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(1), 59–69. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i1.21742
Robianto, R., Andrianof, H., & Salim, E. (2022). Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality (AR) pada Perancangan Ebrouchure sebagai Media Promosi Berbasis Android. Jurnal Sains Informatika Terapan, 1(1), 61-66.
Randi, S. M., Syafiq, A. H., Mudya, Y., Anggring, D, S., & Ritonga, U, F. (2024). Integrasi Media Sosial Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan : Dampak Terhadap Partisipasi dan Pemahaman Peserta Didik. 2(6), 497–503. https://doi.org/10.5281/zenodo.12094932
Suwarna, I. P. (2014). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Konsep Dinamika Partikel. TARBIYA: Journal of Education in Muslim Society, 2(1), 61–72. https://doi.org/10.15408/tjems.v1i1.1111
Waruwu, M. (2024). Metode Penelitian dan Pengembangan (R&D): Konsep, Jenis, Tahapan dan Kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1220–1230. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2141
Zuhri, M. M., Adnan, A., & Saparuddin, S. (2023). Analisis kemampuan literasi sains peserta didik SMA kelas X IPA di Kota Makassar dalam menyelesaikan soal PISA. Bioscientist: Jurnal Ilmiah Biologi, 11(2), 1892-1902.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika (Sendikfi) Untirta diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa