PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TPS DENGAN STAD TERHADAP HASIL BELAJAR KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA

Azas Ramang Pambudi

Abstract


Penelitian bertujuan memperoleh informasi mengenai perbedaan hasil belajar antara siswa yang mendapatkan pembelajaran metode kooperatif TPS dengan STAD. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Control Group Pretest Posttest. Penentuan sampel menggunakan teknik random sampling. Hasil pretest menggunakan One Way Anova didapatkan Fhitung = 0,185 <Ftabel = 3,08 untuk peluang 0,95 dengan dk pembilang = 2 dan dk penyebut = 104 membuktikan ketiga kelas tidak memiliki perbedaan signifikan sebelum perlakuan. Hasil ujipostest didapatkan Fhitung = 21,803 > Ftabel  = 3,08 untuk peluang 0,95 dengan dk pembilang = 2 dan dk penyebut = 104 membuktikan terdapat perbedaan signifikan antara ketiga kelas setelah perlakuan. Hasil t-test terhadap data posttest kelas eksperimen I dan II diperoleh thitung = -4,943 < ttabel = 1,67 untuk Ɵ = 5% dengan dk = 70. Kesimpulan penelitian adalah hasil belajar siswa menggunakan metode kooperatif STAD lebih baik daripada hasil belajar menggunakan metode kooperatif TPS.


Keywords


pembelajaran kooperatif, STAD, TPS

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/vanos.v1i1.834

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License