PENGGUNAAN MODEL ARIAS PADA MATA PELAJARAN PKN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VI SDN PANANCANGAN 1

Annisa Sofia Wardah, Damanhuri Damanhuri, Denny Soetrisna Adisendjaja

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar peserta didik kelas VI SDN Panancangan 1 pada mata pelajaran PKn dengan menggunakan model pembelajaran ARIAS sehingga mencapai minimal 90 % untuk keaktifan peserta didik dan 65 sesuai dengan nilai KKM. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan dengan 2 tahap siklus penelitian, setiap siklusnya mengadakan dua pertemuan. Setiap siklus dilakukan melalui empat tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Adapun teknik pengempulan data pada penelitian ini yaitu dengan mengggunakan instrument tes, instrument observasi aktivitas guru dan aktivitas peserta didik. Pada siklus pertama peserta yang hadir 29 dari jumlah 32 peserta didik, sedangkan pada siklus kedua jumalh peserta didik yang hadir 32 peserta didik. Diterapkannya model ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment, Interest) menunjukan aktivitas dan hasil belajar meningkat. Pada siklus I rata-rata belajar peserta didik 77 % dan pada siklus II meningkat menjadi 98 %. Hal sama dengan rata-rata belajar siswa dari 79.3 pada siklus I meningkat menjadi 81,3 % pad siklus II. Sehingga simpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment, Satisfaction) meningkatkan aktivitas dan belajar peserta didik pada mata pelajaran PKn di Kelas VI Sekolah Dasar Negeri Panancangan 1.

Full Text:

PDF

References


Abdillah Indra (2013). Konsep Dasar PKn. Tersedia pada:http://informasindra. blogspot.com/2013/05/konsep-dasar-pkn.html. Diakses pada tanggal 3 Juli 2014 pukul 07.00

Ahmadi, Khoiru, dkk. (2011). Strataegi Pembelajaran Sekolah Terpadu. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Adiartanti (2011). Model Pembelajaran ARIAS. Tersedia pada: http://adiartanti-a1.blogspot.com/ 2011/03/model-model-pembelajaran.html. Diakses pada tanggal 11 Juni 2014 Pukul 17.42

Aunurrahman (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Dian Mutiara Rahayu. (2013). Efektifitas Model Pembelajaran ARIAS dengan Pemberian Tes di Setiap Akhir Jam Pertemuan terhadap prestasi Belajar Matematika Peserta didik SMP. (Skripsi) tidak diterbitkan. Serang. Untirta

Dimyati. (2006). Belajar dan Pembelajaraan. Jakarta: PT. Adi Mahasatya

Djamarah, SB. dkk. (2010).Strategi Belajara Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Erwin Muhammad. (2012). Pendidikan Kewarganegaraan Republik Indonesia. Bandung: Refika Aditama.

Hamalik, Oemar. (2008). Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Muslich Masnur. (2012). Melaksanakan PTK Itu Mudah. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurhani Ratih. (2012). Penggunaan Model “Arias” Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik. (Skripsi) tidak diterbitkan. Bandung. UPI

Nurochim H. (2013). Perencanaan Pembelajaran Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

R. Seniawan, Conny. (2008). Belajar dan Pembelajaran Pra Sekolah dan SD. Jakarta: Bumi Aksara.

Rosidin,Odien,dan Ujang Jamaludin.(2012).Konsep dan Aplikasi PTK. Serang: PGSD Press

Sagala Syaiful (2011). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Susatim Markum dkk. (2010). Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Nilai. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Suyono. (2011) Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Bandung: PT.Remaja Rosda Karya Offset.

Ubeidillah A dkk.. (2013). Pendidikan Kewarganegaraan Civic Education. Pancasila, Demokrasi, HAM dan Masyarakat Madani. Jakarta. Prenadamedia Group




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/ucej.v2i1.2798

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

View My Stats