PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI PEMANFAATAN MEDIA FILM DOKUMENTER PADA SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI I CILEGON

Sholeh Hidayat, Luluk Asmawati, Sriyati Sriyati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang perumusan pengembangan pembelajaran PKn melalui pemanfaatan media film documenter diharapkan dapat menghasilkan peningkatkan hasil belajara siswa kelas X di SMA Negeri I Cilegon. Penelitian ini berusaha memberikan sumbangsih dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan media film dokumenter serta mempermudah pemahaman pembelajaran PKn sehingga akan berdampak pada meningkatnya hasil belajar siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif yaitu jenis penelitian yang menggambarkan dan memberikan penjelasan. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa dengan pembelajaran menggunakan media film dokumenter menunjukan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn, hal ini dibuktikan dengan meningkatnya nilai hasil tes evaluasi. Hal ini terjadi karena dengan menggunakan media film dokumenter dalam proses pembelajaran PKn siswa dengan mudah memahami suatu peristiwa bersejarah, penokohan, peristiwa masa lalu yang bisa menimbulkan semangat kebangsaan yang tinggi dari pada siswa hanya membaca buku cerita dan mendengarkan guru ceramah. Dari temuan ini dapat disimpulkan bahwa media film merupakan sarana yang relevan dan efektif yang dapat memberikan pemahaman dan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn, dari pada hanya membaca buku dan mendengarkan ceramah. Implikasi dari penelitian ini adalah sekolah yang sudah memiliki fasilitas multimedia room untuk melakukan pembelajaran tersebut.

Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar, 2011.Media Pembelajaran.Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Arikunto, Suharsimi, 2010 . Prosedur Penelitihan, Jakarta, Rineka Cipta.

Arifin, Zaenal. 2010. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

A. W. Widjaja, 1985, Manusia Indonesia Individu, Keluarga dan Masyarakat Topik-topik Kumpulan Bahan Bacaan Mata Kuliah Ilmu Sosial Dasar, Jakarta, Akademika Presinndo

Moleong, L.J. 2007, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung : Remaja Karya CV. PPSP IKIP Bandung.

Muslich Mansur, 2010, Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Surakhmad, Winarno 1994, Pengantar Penelitian Ilmiah. Bandung

Jurnal

Amini, Mukti. Program Video dalam Paket Bahan Ajar Terintegrasi Mata kuliah metode pengembangan kognitif Program D-II PGTK. 2006. Jurnal Pendidikan. Vol 7. Nomor 1. Maret 2006. Hal:45-54.

Pribadi, Benny A. 2004. Ketersediaan dan Pemanfaatan Media dan Teknologi Pembelajaran di Perguruhan Tinggi. Jurnal Pendidikan, Vol 5. No. 2 September 2004. Hal: 145-156




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/ucej.v4i2.7182

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

View My Stats