NILAI-NILAI SEJARAH SEBARAN SITUS PENINGGALAN MASA ISLAM DI PALEMBANG SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN SEJARAH

Kabib Sholeh, Aan Suriadi, Mariadi Mariadi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah (1) mengidentifikasi sebaran situs-situs peninggalan masa Islam di Palembang, (2) mengidentifikasi nilai-nilai sejarah yang terkandung pada situs sejarah masa Islam di Palembang yang dapat dijadikan sebagai sumber pembelajaran sejarah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah (metode historis): (1) Heuristik, berupa data lapangan dan data pustaka seperti jurnal, laporan hasil penelitian dan lain-lain, (2) Verifikasi data atau pemilahan data yang valid dan tidak valid sehingga data yang akan digunakan benar-benar dapat dipertanggungjawabkan. Setelah Verifikasi data sudah dilakukan maka dilaksanakannya (3) Interpretasi sejarah atau penafsiran sejarah secara integrasi dari data-data yang sudah didapat, maka langkah terakhir yaitu melakukan (4) Historiografi atau penyusunan dan penulisan sejarah. Palembang merupakan salah satu wilayah yang memiliki sejarah panjang terutama pada masa perkembangan Islam yaitu terdapat peninggalan situs-situs sejarah yang sangat penting. Sebaran situs-situs bersejarah masa Islam tersebut mengandung nilai-nilai sejarah seperti nilai keuletan dan perjuangan, nilai religious, nilai sosial dan budaya. Nilai-nilai sejarah tersebut tentu dapat dijadikan sebagai sumber pemeblajaran sejarah yang menarik dan penting untuk masa kini dan masa yang akan datang.

Keywords


Nilai, Pembelajaran, Sejarah, Islam

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


abdurrahman. (1999). Metode Penelitian Sejarah. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Adil, Muhammad. "Dinamika Pembauran Hukum Islam Di Palembang: Mengurai Isi Undang-Undang Simbur Cahaya." Nurani: Jurnal Kajian Syari'ah Dan Masyarakat 14.2 (2014): 57-76.

Kesuma, O. K. Kabib Sholeh (2019). Nilai-Nilai Sejarah Gereja Tua Dalam Perkembangan Agama Kristin Di Palembang.

Ningsih. 2012. “Proses Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar Alam (Studi Deskriptif Kualitatif Di Kelas I Sd Alam Cikeas Bogor)”. Jurnal Pendidikan Dasar. Nolume 3 No 5. Hal 1-29.

Mardeli. (2017). Budaya Islam Lokal Di Kampung Al-Munawar Palembang. Intizar, 23(2).

Muhtiar, A. (2018). Ornamen Bangunan Cungkup I Pada Kompleks Makam Kawah Tekurep (Doctoral Dissertation, Uin Raden Fatah Palembang).

Saharudin, S. (2016). Tinjauan Fiqh Jinayah Terhadap Tindak Pidana Pencurian Cagar Budaya Menurut Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2010 Pasal 106 (Studi Kasus Makam Sabokingking Dan Makam Kawah Tengkurep). (Doctoral Dissertation, Uin Raden Fatah Palembang).

Sholeh, K. (2018). Masuknya Agama Islam Di Palembang Pada Masa Kerajaan Sriwijaya Abad Vii Masehi. Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang. 05. Palembang: Universitas Pgri Palembang.

Sukada. Dkk (2013). “Kontribusi Minat Belajar, Motivasi Berprestasi Dan Kecerdasan Logis Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sma Negeri 1 Kintamani”. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 4. Hal 1-4.

Syamsudin, H. (2012). Metodologi Sejarah. Yogyakarta: Ombak.

Utomo, B. B. (2011). Atlas Sejaran Indonesia Masa Islam, Dirjen Sejarah Dan Purbakala. Jakarta: Bukupedia.

Wandiyo, Suryani, Ida. Sholeh, K. (2020). Hubungan Sriwijaya Dengan Dinasti Umayah Terhadap Masuknya Agama Islam Di Palembang Pada Abad Viii. Sindang, 2(1), 35.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/candrasangkala.v7i2.12083

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Statistic Counter since April 2022


Candrasangkala: Jurnal Pendidikan dan Sejarah (CJPS) ISSN: 2477-8214 (online) | ISSN: 2477-2771 (print)

Published by Department of History Education Universitas Sultan Ageng Tirtayasa in collaboration with Perkumpulan Program Studi Pendidikan Sejarah Se-Indonesia (P3SI) and Perkumpulan Prodi Sejarah se-Indonesia (PPSI)

Address: Jl. Ciwaru Raya No. 25, Sempu, Kota Serang, Banten 42117, Indonesia
Email: candrasangkala@untirta.ac.id

 

MAP OUR OFFICE: