PERAN LADA LAMPUNG MENYOKONG KOMODITAS PERDAGANGAN BANTEN

Sumargono Sumargono, Rinaldo Adi Pratama, Yusuf Perdana, Nur Indah Lestari, Aprilia Triaristina

Abstract


Tanoh Lampung tanoh lado, sebaris lirik lagu daerah yang mengingatkan sejarah kejayaan lada Lampung yang terkenal keberbagai bangsa pada masa penguasaan Kesultanan Banten. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kejayaan lada Lampung dan relasi antara Lampung dengan Banten sampai lada Lampung menjadi komoditas perdagangan dan pelabuhan Kesultanan Banten. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian sejarah dengan menggunakan dua sumber pengumpulan data yakni studi pustaka dan dokumentasi dengan menggunakan teknik analisis kualitatif. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, kejayaan lada Lampung dan terjalinnya relasi yang baik antara Lampung dengan Kesultanan Banten merupakan dua hal yang sangat mendukung. Lada Lampung yang terkenal karena kualitas dan ketenarannya pada masa Kesultanan Banten menguasai Lampung. Hubungan antara Banten dengan Lampung terjalin dengan baik karena adanya lada Lampung yang semakin diluaskan lahan perkebunannya. Antara Lampung dan Kesultanan Banten juga tidak terjadi pemberontakan/perlawanan/perang yang dilakukan kedua belah pihak. Hal ini dikarenakan adanya kesepakatan antara Banten dan Lampung yakni Banten memberikan perintah melalui piagam (pijagem) yang dikeluarkan mengenai perintah tanam pohon lada kepada para pemimpin adat di marga Lampung dan sebaliknya para pemuka adat Lampung mendapatkan gelar adat dan benda simbolis dari Sultan Banten yang dapat digunakan dalam kepimimpinan marga. Hal inilah yang menjadi resep harmonisnya hubungan Lampung dan Kesultanan Banten sampai Lampung menjadi komoditas penyokong lada utama dan sampai terbangunnya pelabuhan-pelabuhan yang megah di Banten.

Keywords


Perdagangan, Lado (lada), Lampung, Kesultanan Banten

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Adeng. 2010. Pelabuhan Banten Sebagai Jalur Sutera. Jurnal Patanjala. Vol 2. No 1.

ANRI. 1973. Ikhtisar Keadaan Politik Hindia Belanda Tahun 1839-1848. Jakarta: Penerbitan Sumber-sumber Sejarah ANRI.

Bukry et al. 1997/1998. Sejarah Daerah Lampung. Lampung Depdikbud.

Fauziyah, Siti. 2009. Peran Orang Cina dalam Perekonomian Kesultanan Islam Banten Abad XVI-XVIII. Jurnal Al-Qalam. Vol 26. No 3.

Gonggong, A., Soenjata K. & Muchtarudin Ibrahim. 1993. Sejarah Perlawanan Terhadap Imperialisme dan Kolonialisme di Daerah Lampung. Lampung: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Guillot, C. 2008. Banten: Sejarah dan Peradaban Abad X-XVII. Jakarta: KPG.

Hadikusuma, Hilman. 1989. Masyarakat dan Adat Budaya Lampung. Bandung: CV Mandar Maju.

Imadudin, Iim. 2016. Perdagangan Lada Di Lampung Dalam Tiga Masa (1653 - 1930). Jurnal Patanjala. Vol 8. No 3.

Imron, Ali. 2016. Sejarah Pembentukan Provinsi Lampung. Bandar Lampung: Universitas Lampung

Kumaidi. 1998. Pengukuran Bekal Awal Belajar dan Pengembangan Tesnya. Jurnal Ilmu Pendidikan. (Online), Jilid 5, No.4, (http://www.malang.ac.id), diakses 20 Januari 2000

Lubis, Nina H. . 2003. Banten dalam Pergumulan Sejarah : Sultan, Ulama, Jawara. Jakarta : LP3ES

Marihandono, Djoko & Bondan Kanumoyoso. 2016. Rempah, Jalur Rempah dan Dinamika Masyarakat Nusantara. Jakarta : Direktorat Sejarah. Direktorat Jenderal Kebudayaan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Masroh. 2015. Perkebunan dan Perdagangan Lada Di Lampung Tahun 1816-1942. Malang. Jurnal Sejarah Dan Budaya : Jurnal sejarah, Budaya, dan Pengajarannya. Vol. 9. Nomor 1.

Ota, Atsushi, “From ‘Piracy’ to Inter-regional trade”, IIAS Newsletter, March 2005.

Tegamoan Nitipradjo Arifin, 2010. Hubungan Lampung dan Banten. Bandar Lampung : CV. Mitra Media Pustaka

Th. Harkantiningsih, Naniek. 2010. Perdagangan dan Pertukatan Masa Prasejarah-Kolonial. Bandung: Balai Arkeologi Bandung.

Turner, Jack. 2019. Sejarah Rempah: Dari Erotisme Sampai Imperialisme. Jakarta: Komunitas Bambu.

Untoro, Heriyanti Ongkodharma. 1998. Perdagangan di Kesultanan Banten (1522-1684): Kajian Arkeologi Ekonomi. Depok: PPS UI. Representations into Two Different Writing Formats: Presentation Format Versus Summary Report Format. [Online]. Journal Interscience, Volume 5, No.4, Available: http://www.interscience.wiley.com. [21st of October 2007]




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/candrasangkala.v8i1.14987

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Statistic Counter since April 2022


Candrasangkala: Jurnal Pendidikan dan Sejarah (CJPS) ISSN: 2477-8214 (online) | ISSN: 2477-2771 (print)

Published by Department of History Education Universitas Sultan Ageng Tirtayasa in collaboration with Perkumpulan Program Studi Pendidikan Sejarah Se-Indonesia (P3SI) and Perkumpulan Prodi Sejarah se-Indonesia (PPSI)

Address: Jl. Ciwaru Raya No. 25, Sempu, Kota Serang, Banten 42117, Indonesia
Email: candrasangkala@untirta.ac.id

 

MAP OUR OFFICE: