Model Two Stay Two Stray dan Rokir (Roda Berfikir) Untuk Meningkatkan Keterampilan Efikasi Diri Dan Hasil Belajar IPS

Yayan Inriyani

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan model pembelajaran kooperatif two stay two stray dan rokir (roda berfikir) dalam meningkatkan efikasi diri dan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIIb SMP Negeri 17 Kota Serang Provinsi Banten Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 32 siswa. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen pengumpulan data terdiri dari kegiatan lembar observasi guru, siswa, tes, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari empat kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan bersama observasi, dan refleksi. Hasil penelitian yaitu persentase pelaksanaan model pembelajaran kooperatif two stay two stray dan rokir (roda berfikir) oleh guru menunjukan bahwa 1) rata-rata skor efikasi diri pada siklus I adalah 29,8 dan meningkat menjadi 34,7 disiklus II; 2) persentase hasil belajar pada siklus I mencapai 70,83% dan meningkat menjadi 87,5% di siklus II. Berdasarkan kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif two stay two stray dan rokir (roda berfikir)mampu meningkatkan pelaksanaan proses pembelajaran guru dan siswa serta dapat meningkatkan efikasi diri dan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS di SMP Negeri 17 Kota Serang.


Keywords


TSTS; Rokir; Efikasi Diri; Hasil Belajar.

Full Text:

PDF

References


Afian, A. 2011. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Kolaboratif Model Quiz-Quiz Tride dan Team Games Tournament untuk Meningkatkan Hasil Belajar, Keaktifan Belajar dan Selft Esteem (Studi Pada Mahasiswa Universitas Kanjuruhan Malang Jurusan Pendidikan Ekonomi Semester Genap 2010-2011). Tesis tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Davoudi, M.H.A. & Mahimpo. B. 2012. Kagan Cooperative Learning Model: The Bridge to Foreign Language Learning in the Third Millennium. ISSN 1799-2591 Theory and Practice in Language Studies, Vol. 2, No. 6, pp. 1134-1140, June 2012. Academy Publisher Manufactured in Finland. (Online). https://scholar.google.co.id/. Diakses tanggal 22 November 2016.

DeVito, J. 1997. Communication Between Humans. Translated by Agus Maulana. Jakarta: Professional Book.

Dewi, F.D.R. 2016. Penerapan Model Pembelajaran TSTS dan Round Robin untuk Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN Kupang 1 Jabon. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Dipalaya, T., Susilo, H. & Corebima, A.D. 2016. Pengaruh Strategi Pembelajaran Pdeode (Predict-Discuss-Explain-Observe-Discuss-Explain) pada Kemampuan Akademik Berbeda Terhadap Keterampilan Komunikasi Siswa. Pendidikan Biologi Pascasarjana-Universitas Negeri Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Volume: 1 Nomor: 9 Bulan September Tahun 2016 Halaman: 1713-1720. EISSN: 2502-471X. https://scholar.google.co.id/. Diakses tanggal 12 Maret 2016.

Eames, C. & Coll, R.K. 2010. Cooperative Education: Integrating Classroom and Workplace Learning. University of Waikato, New Zealand. Pages pp 180-196. DOI 10.1007/978-90-481-3939-2_10 Online ISBN 978-90-481-3939-2. Publisher Springer Netherlands Date: 20 April 2010.https://link.springer.com/chapter/10.1007/978-90-481-3939-2_10 https://scholar.google.co.id/

Gull F., & Shehzad S. (2015). Effects of Cooperative Learning on Students’ Academic Achievement. University of the Punjab, Lahore, Pakistan. Journal of Education and Learning. Vol. 9 (3) pp. 246-255. (Online). https://scholar.google.co.id/. Diakses tanggal 22 November 2016.

Kagan, S., & High, J. (2002). Kagan structures for English language learners. ESL Magazine. Retrieved from. http://www.kaganonline.com/free_articles/dr_spencer_kagan/356/ ESL-Magazine- Kagan-Structures-for-English-Language-Learners

Kagan, S. & Kagan, M. 2009. Kagan Cooperatif Learning. San Clemente: Kagan Publishing.

Khakiim, U. Degeng, S.N. & Widiati, U. 2016. Pelaksanaan Membuka dan Menutup Pelajaran Oleh Guru Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Volume: 1 Nomor: 9 Bulan September Tahun 2016. Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. (Online). https://scholar.google.co.id/. Diakses tanggal 12 Maret 2017.

Liang, T. 2002. Implementing Cooperative Learning in EFL Teaching: Process and Effects. www.asian-efl-journal.com https://scholar.google.co.id/

Leasa, M. & Corebima, A.D. 2017. The effect of numbered heads together (NHT) cooperative learning model on the cognitive achievement of students with different academic ability. Faculty of Teachers Training and Education, Pattimura University. Journal of Physics: Conf. Series 795 (2017) 012071 doi:10.1088/1742-6596/795/1/012071 IP Address: 180.247.146.204. Journal of Physics: Conference Series, Volume 795, conference 1. http://iopscience.iop.org/article. https://scholar.google.co.id/.

Matin, H.Z., Jandaghi, G., Karimi, F.H, & Hamidizadeh, A. 2010. Relationship between Interpersonal Communication Skills and Organizational Commitment (Case Study: Jahad Keshavarzi and University of Qom, Iran). University of Tehran, Iran. European Journal of Social Sciences – Volume 13, Number 3 (2010). ejournal.narotama.ac.id/files/ejss_13_3_06. https://scholar.google.co.id/

Ningtiyanti, U.S. 2016. Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Cerita Diri Melalui Metode IOC (Inside Outside Circle). Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI). Vol. 1, No. 1, Januari 2016. (Online), http://i-rpp.com/index.php/jpp/article/view/357. Diakses tanggal 2 Juni 2016.

Nurhaniyah., B. Soetjipto., B.E. & Hanurawan, F. 2015. The Implementation of Collaborative Learning Model Find Someone Who and Flashcard Game to Enhance Social Studies Learning Motivation for the Fifth Grade Students. Journal of Education and Practice. ISSN 2222-288X. Vol. 6, No. 17, 2015. (Online) https://eric.ed.gov/?id=EJ1079791. Diakses tanggal 12 Maret 2017.

Reddy, B.B., Gopi, M.M., & Aneel, Y. 2013. Having Effective Communication Skills are Indispensable for the Successful Career of Engineering Students. Department of B&HS, Siddharth Institute of Engineering & Technology, Narayanavanam Road, Puttur-517583,Chittoor (Dist), A.P. (State), INDIA. IOSR Journal Of Humanities And Social Science (IOSR-JHSS) Volume 11, Issue 4 (May. - Jun. 2013), PP 20-22 e-ISSN: 2279-0837, p-ISSN: 2279-0845. www.Iosrjournals.Org https://scholar.google.co.id/

Riyadi, A., Soetjipto, B.E. & Amirudin, A. 2016. The Implementation of Cooperative Learning Model Fan-N-Pick and Quick on the Draw to Enhance Social Competence and Cognitive Learning Outcome for Social Studies. IOSR Journal of Humanities and Social Science (IOSR-JHSS) Volume 21, Issue 4, Ver. I (Apr. 2016) PP 90-96 e-ISSN: 2279-0837, p-ISSN: 2279-0845. (Online) www.iosrjournals.org/iosr-jhss/papers/.../L2104019096. Diakses tanggal 12 Maret 2017.

Sanjaya, W. 2015. Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta: Prenamedia Group.

Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.

Soetjipto, B.E. 2010. Pembelajaran Kooperatif dan Beberapa Hasil Penelitian Bidang Manajemen dan Ekonomi. Malang: Universitas Negeri Malang.

Slavin, R.E. (2011). Instruction Based on Cooperative Learning. In R.E. Mayer & P.A. Alexander (Eds.), Handbook of Research on Learning and Instruction (pp. 344-360). New York: Taylor & Francis.

Uhler, B.E. & Lanter, J.R. 2012. Perceptions of Group-Led Online Discussions: The Benefits of Cooperative Learning. Miami University, Ohio. Kutztown University, Pennsylvania. First Published August 30, 2012 research-article. Volume: 40 issue: 4, page(s):381-388.DOI: http://journals.sagepub.com/doi/abs/10.2190/ET.40.4.d. https://scholar.google.co.id/ abstract

Tran, V.D. 2014. The Effects of Cooperative Learning on the Academic Achievement and Knowledge Retention. Faculty of Education, An Giang University, Vietnam, An Giang, Vietnam. Vol. 3, No. 2; 2014. International Journal of Higher Education. Online Published: May 6, 2014 doi:10.5430/ijhe. v3n2p131. URL: http://dx.doi.org/10.5430/ijhe.v3n2p131. www.sciedu.ca/ijhe. (Online). https://scholar.google.co.id/. Diakses tanggal 22 November 2016.

Wahyu, M. 2015. Kolaborasi Pembelajaran Kooperatif Tipe Quiz-Quiz Trade dan Fan N Pick untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS (Studi di Kelas VIII SMP Negeri 3 Bati-Bati Kabupaten Tanah Laut). Tesis tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Zakaria, E., Solffitri, T., Daud, Y., Abidin, Z.Z. (2013). Effect of cooperative learning on secondary school students’ mathematics achievement. Creative education, 4(2), 98-100. Retrieved from: http://www.scir.org/journal/ce; http://dx.doi.org/10.4236/ce.213.42014. May 10th2014. (Online). https://scholar.google.co.id/. Diakses tanggal 12 Maret 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/candrasangkala.v5i1.6096

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Statistic Counter since April 2022


Candrasangkala: Jurnal Pendidikan dan Sejarah (CJPS) ISSN: 2477-8214 (online) | ISSN: 2477-2771 (print)

Published by Department of History Education Universitas Sultan Ageng Tirtayasa in collaboration with Perkumpulan Program Studi Pendidikan Sejarah Se-Indonesia (P3SI) and Perkumpulan Prodi Sejarah se-Indonesia (PPSI)

Address: Jl. Ciwaru Raya No. 25, Sempu, Kota Serang, Banten 42117, Indonesia
Email: candrasangkala@untirta.ac.id

 

MAP OUR OFFICE: