PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PRAKTIKUM SIFAT KOLIGATIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII

Muhammad Hubbi, I Wayan Dasna, Surjani Wonorahardjo

Abstract


 

Abstract: The process of learning colligative properties have tend to learn chemistry as a product so that students have difficulty understanding this topic. Guided inquiry-based learning laboratory is a learning strategy that can accommodate chemistry learning as product and process. This research aims to know the effect of practice learning strategy based on guided inquiry to the instructional result of year 12 of science of MA Ma’arif 7 Lamongan on the topic of colligative properties of solution. The instructional result is the score from a report of practice result and written test. The subject of this research is 34 students of 12-E IPA class of MA Ma’arif 7 Lamongan in the academic year 2015-2016. The research design that used is the one group pretest-posttest. The research instruments used written test and observation checklist. The written test measured the result of validated instrcution before it is used and has reliability 0,802. The obtained data then was analysed with a descriptive analysis and different test. The different test used t-paired test. Paired t-test results obtained sig 0,000 which is smaller than 0.05 so H0 is rejected by 95% reliability. Based on these results it can be concluded that there was significant improvement of learning outcomes using laboratory procedures of colligative properties. The average value of student learning outcomes was increased from 61.05 into 81.44. This increase showed that the practice learning based on guided inquiry had a good level of effectiveness.

Abstrak: Proses pembelajaran materi sifat koligatif cenderung hanya mempelajari kimia sebagai produk sehingga siswa mengalami kesulitan dalam memahami topik ini. Pembelajaran praktikum berbasis inkuiri terbimbing merupakan strategi pembelajaran yang dapat mengakomodasi pembelajaran kimia sebagai produk dan proses. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran praktikum berbasis inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa kelas XII IPA Madrasah Aliyah Ma’arif 7 Lamongan pada materi sifat koligatif larutan. Hasil belajar berupa nilai yang berasal laporan hasil praktikum dan tes tulis. Subyek penelitian ini adalah 34 siswa kelas XII-E IPA Madrasah Aliyah Ma’arif 7 Lamongan tahun pelajaran 2015-2016. Rancangan penelitian yang digunakan adalah the one group pretest-posttest. Instrumen penelitian menggunakan tes tulis dan lembar observasi. Tes tulis untuk mengukur hasil belajar divalidasi sebelum digunakan dan memiliki reliabilitas 0,802. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan analisis deskriptif dan uji beda. Uji beda menggunakan uji t-paired. Hasil uji-t berpasangan diperoleh sig 0,000 yang berarti lebih kecil dari 0,05 sehingga H0 ditolak dengan reliabilitas 95%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan pada pembelajaran praktikum dengan menggunakan prosedur praktikum sifat koligatif larutan. Nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat dari 61,05 menjadi 81,44. Peningkatan ini menunjukkan pembelajaran praktikum berbasis inkuiri terbimbing memiliki tingkat efektivitas yang baik.


Keywords


pembelajaran praktikum; sifat koligatif; hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2006, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta, Penerbit Rineka Cipta.

Haryani, S., Praseya, dan Saptarini, 2014. Identifikasi Materi Kimia SMA Sulit Menurut Pandangan Guru dan Calon Guru Kimia. Makalah Seminar Nasional. Tidak diterbitkan

Ozgelen, S. 201, Student’s Science Process Skills Within a Cognitive Domain Framework. Europe. Journal.of Mathemathic., Science and Technology. Edu., vol.8, no.4, hh. 283-292.

Roth, K. 1992, Science Education: It’s Not Enough to Do or Relate. Relevant Research, vol. II, hh.159-162.

Salirawati, D. 2010, Optimalisasi Pendidikan Nilai/Karakter dalam Pendidikan Kimia Masa Depan. Makalah Seminar Nasional tidak diterbitkan.

Sugiono. 2010, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, Bandung, Alfabeta.

Sumintono, B., Ibrahim., dan Phang. 2010, Pengajaran Sains dengan Praktikum Laboratorium: Perspektif dari Guru-Guru Sains SMPN di Kota Cimahi. Jurnal Pengajaran MIPA, vol.15, no.2, hh.120-127.

Sund, R.B & Trowbridge, L.W. 1973, Teaching Science by Inquiry in the Secondary School: Second Edition. Columbus, Ohio, A bell & Howell Company.

Wardani, S. 2008, Pengembangan Keterampilan Proses Sains Dalam Pembelajaran Kromatografi Lapis Tipis Melalui Praktikum Skala Mikro. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, vol.2, hh. 317-322.

Yousefzaden, M.J., Martin, E.M., & Rogers, A.L. 2007, A Guided Inquiry Approach to the General Chemistry Laboratory, Chemical Education, vol.12, no.6, hh. 396-397.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/educhemia.v2i1.1211

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Muhammad Hubbi, I Wayan Dasna, Surjani Wonorahardjo

EduChemia Indexed by:

    

             

                                                                                                                                                                                      More Indecxing... 

 

Creative Commons License

EduChemia (Jurnal Kimia dan Pendidikan) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

________________________________________________________

EduChemia (Jurnal Kimia dan Pendidikan) ISSN 2502-4778 (print) | ISSN 2502-4787 (online)
Published by Department of Chemistry Education - Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Address : Jl. Ciwaru Raya No. 25, Sempu, Kota Serang, Banten 42117, Indonesia
Email  : educhemia@untirta.ac.id