The Effect of Buzz Group Based Blended Learning to Improve Students Cognitive Learning Outcomes on Thermochemical Materials
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afdhila, R., Nazar, M., & Hanum, L. (2012). Penerapan Pembelajaran Blended learning Pada Materi Larutan Penyangga di SMA Negeri 1 Unggul Darul Imarah. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia (JIMPK), 2(3), 165-172. Retrieved from http://jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-kimia/article/view/4900
Alfirahmi, A. (2018). Pengembangan Modul Termokimia Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Eksperimen untuk Kelas XI SMA/MA. Menara Ilmu, 9-18. https://doi.org/10.33559/mi.v12i12.1083
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Ayyildiz, Y., & Tarhan, L. (2012). The Effective Concepts on Students Understanding of Chemical Reaction and Energy. Journal of Education. Retrieved from https://eric.ed.gov/?id=EJ972692
Brooke, E. (2015). Four Keys To Success Using Blended learning Implementation Models. Lexia Learning. Retrieved from https://www.lexialearning.com
Budhi, J. P. (2013). Penerapan Blended learning dengan Number Heads Together Untuk Meningkatkan Minat & Prestasi Belajar pada Materi Kelarutan & Hasil Kali Kelarutan Siswa Kelas XI IPA 1 SMAN Gondangrejo Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia, 2(4), 96-101. Retrieved from https://www.e-jurnal.com/2015/03/penerapan-blended-learning-dengan.html
Daryanto. (2012). Metode Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.
Dasliar. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran Buzz group Pada Materi Hasil Kali Kelarutan (Ksp) Terhadap Hasil Belajar Siswa di MAS IDI CUT Aceh Timur (Skripsi). UIN Ar-Raniry, Banda Aceh.
Ekeanyanwu, S. (2021). Effects of Conventional and Cooperative Learning Methods on Academic Achievement of Students in Biology Based on School Location. International Journal on Integrated Education, 4(12), 269–281.
Faizi, M. (2013). Ragam Metode Mengajarkan Eksakta Pada Murid. Yogyakarta: Diva Press.
Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat Pembelajaran Yang Efektif . At-Tafkir,11(1), 85-99.
Febriyani, E. H. (2016). Penerapan Metode Diskusi Buzz group Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Persamaan Variabel Dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Bagi Siswa Kelas VIIA SMPN 3 Kaloran Temanggung Semester 2 Tahun Ajaran 2015/2016 (Skripsi). Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga.
Fitriani. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran Diskusi Buzz group Terhadap Hasil Belajar Siswa (Skripsi). UIN Sulthan Thata Saifudin, Jambi.
Hidayat, M. Y., & Andira, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Hibryd Learning Berbantuan Media Scoology Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik XI MIA MAN Pangkep. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 140-148. https://doi.org/10.24252/jpf.v7i2.9442
Hisyam, d. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insani Madani.
Komalasari, K. (2013). Pembelajaran Kontekstual: Konteks dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.
Larasati, S., & Marlina, L. (2019). Using Buzz group Technique in Writing Activity for Efl Students at Senior High School. Journal of English Language Teaching,8(1). https://doi.org/10.24036/jelt.v8i1.103322
Maemunah, E. S. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Menggunakan Metode Pembelajaran Blended learning pada Sisw Kelas XI MIPA 4 SMAN 1 Kramatwatu. Indonesian Jurnal of Educational Development, 2(2), 262-269. https://doi.org/10.5281/zenodo.5244203
Merdekawati. (2013). Pengaruh Kemampuan Matematika terhadap Prestasi Belajar Kimia. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan, 26-31. https://doi.org/10.20885/ajie.vol2.iss1.art4
Mukhtar, M. (2017). Pembelajaran Model Inquiri Terbimbing Pada Materi Besaran Dan Satuan Untuk Meningkatkan keterampilan Generic Sains Dan Hasil Belajar Mahasiswa. Lantadina Journal, 5(1). http://dx.doi.org/10.22373/lj.v5i1.2057
Nasih, A. M., & Khalidah, L. N. (2009). Metode dan Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT Refika Aditama.
Nasution, N. (2001). Penilaian Hasil Belajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Nurgiyantoro, B., G., & Marzuki. (2009). Statistika Terapan untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Rivaldi, M. (2019). Pengaruh Penerapan Metode Diskusi Jenis Buzz group Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Matei Pelajaran Ekonmi di SMA N Olahraga Provinsi Riau (Skripsi). UIN Sultan Syarif Kasim, Riau.
Rohwati, M. (2012). Penggunaan Education Game Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Biologi Konsep Klasifikasi Makhluk Hidup. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1), 75-81. https://doi.org/10.15294/jpii.v1i1.2017
Sandi, G. (2012). Pengaruh Blended learning Terhadap Hasil Belajar Kimia Ditinjau Dari Kemandirian Siswa . Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 45(3), 241-251. https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v45i3.1839
Sanglah, I. N. (2020). Supervisi Klinis Intensif Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menghidupkan Suasana Belajar di Sekolah. Jurnal Pendidikan, 328-337. Retrieved from https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/widyadari/article/view/733
Stanislaus, & Uyanto. (2009). Pedoman Analisis data dengan SPSS. Yogyakarta: Graha ilmu.
Sudijono, A. (2010). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.
Sugiyono. (2013). Metodologi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
Sukma, L. K. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Saintifika, 18(1), 59-63. Retrieved from https://jurnal.unej.ac.id/index.php/STF/article/view/3185
Surjadi, A. (2012). Membuat Siswa Aktif Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Woldeamanuel, M., Atagana, H., & Engida. (2014). The Effect of Conceptual Difficulties of Undergraduste Chemistry Standing of Energy. Journal of Society Behaviour Science, 4(9). 10.9734/BJESBS/2014/9785
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/educhemia.v8i2.19430
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Chaerul Hidayah, Setia Rahmawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
EduChemia: Jurnal Kimia dan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
________________________________________________________
EduChemia: Jurnal Kimia dan Pendidikan ISSN 2502-4779 (print) | ISSN 2502-4787 (online)
Published by Department of Chemistry Education - Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Address : Jl. Ciwaru Raya No. 25, Sempu, Kota Serang, Banten 42117, Indonesia
Email : [email protected]