Development of Merdeka Curriculum Teaching Modules for PjBL-Based Green Chemistry Learning
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agusti, S., Hanum, L., & Mukhlis. (2018). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Bakongan pada Materi Laju Reaksi dengan Penerapan Model Index Card Match. Jurnal Lmia Mahasiswa Jurusan Pendidikan Kimia, 3(1), 8–14.
Aisyah, R. S. S., Langitasari, I., & Sadiah, I. (2021). Development Of SETS (Science, Environment, Technology, and Society) Oriented Chemical Learning Module On Natural Oil Concept. EduChemia, 6(2), 109–122.
Alfiana, A., & Fathoni, A. (2022). Kesulitan Guru dalam Menerapkan Pembelajaran IPA Berbasis Etnosains di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5721–5727. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3123
Anggraena, Y., Ginanto, D., Felicia, N., Andiarti, A., Herutami, I., Alhapip, L., Iswoyo, S., & Mahardika, R. L. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Menengah.
Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. In Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer. https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6
Direktorat Sekolah Dasar. (2022). Kurikulum merdeka. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/kurikulum-merdeka
Eilks, I., & Rauch, F. (2012). Sustainable development and green chemistry in chemistry education. Chemistry Education Research and Practice, 57–58. https://doi.org/https://doi.org/10.1039/C2RP90003C
Fahrozy, F. P. N., Irianto, D. M., & Kurniawan, D. T. (2022). Etnosains sebagai Upaya Belajar secara Kontekstual dan Lingkungan pada Peserta Didik di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4337–4345. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2843
Farhana, I. (2022). Merdekakan Pikiran dengan Kurikulum Merdeka: Memahami Konsep Hingga Penulisan Praktik Baik Pembelajaran di Kelas. Lindan Bestari.
Indarwati, N. (2021). Pelaksanaan Workshop untuk Meningkatkan Keterampilan Guru dalam Membimbing Kegiatan Ekstrakurikuler Tulis dan Baca Puisi Kepada Siswa Melalui Teknik Asosiasi dan Fantasi. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(6), 782–791. https://doi.org/10.47387/jira.v2i6.160
Karpudewan, M. (2020). Malaysian Experiences of Incorporating Green Chemistry into Teaching and Learning of Chemistry across Secondary and Tertiary Education. Chemistry Education for a Sustainable Society, 161–174. https://doi.org/10.1021/bk-2020-1344.ch011
Kemdikbud. (2022a). Kurikulum Merdeka. Sistem Informasi Kurikulum Nasional Pusat Kurikulum Dan Pembelajaran. http://kurikulum.kemdikbud.go.id/kurikulum-merdeka/
Kemdikbud. (2022b). Surat Keputusan 033/H//KR/2022. Kemdikbud, 207.
Lewis R. Aikens. (1985). Three Coefficients For Analyzing The Reliability And Validity Of Ratings. Educational and Psychological Measurement, 45, 131–141.
Magdalena, I., Roshita, Pratiwi, S., Pertiwi, A., & Damayanti, A. P. (2021). Penggunaan Media Gambar dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV di SD Negeri 09 Kamal Pagi. Pensa : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 334–346.
Mandler, D., Mamlok-Naaman, R., Blonder, R., Yayon, M., & A, H. (2012). High-school chemistry teaching through environmentally oriented curricula. Chemistry Education Research and Practice, 13(2), 80–92.
Maulidiningsih, & Kusumaningrum, I. A. (2023). Model Pembelajaran Kontekstual pada Materi Kimia Hijaudalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Tadris Kimia, 2(1), 11–18.
Maulinda, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi, 5(2), 130–138.
Muliadi, A., Sarjan, M., & Rokhmat, J. (2022). Pendidikan Ipa Multidimesional Pada Etnosains Bale Adat Sasak: Perspektif Filsafat. Jurnal Ilmiah …, 8(4), 2799–2811. https://doi.org/10.36312/jime.v8i4.3987/http
Nguyen-Van-Hung, Sander, B. O., Quilty, J., Balingbing, C., Castalone, A. G., Romasanta, R., R.Alberto, M. C., Sandro, J. M., Jamieson, C., & Gummert, M. (2019). An Assessment Of Irrigated Ice Production Energy Efciency And Environmental Footprint With In-feld and Of-feld Rice Straw Management Practices. Scientific Reports, 9, 1–12.
Ningtyas, S. A., & Setiawan, B. (2023). Penerapan Discovery Learning Berbasis Etnosains untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Getaran dan Gelombang. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(3), 628–637.
Ratnawati, E., & Praptomo, S. (2023). Penerapan Pembelajaran Kimia Hijau Melalui Project Based Learning (PjBL) Pada Mata Pelajaran Kimia SMA. Journal of Chemical Education, 12(2), 141‒147.
Rhofita, E. I., & Chana AW, L. (2019). Pemanfaatan Limbah Jerami Padi Di Desa Garon Kecamatan Balerejo, Kabupaten Madiun. JIPEMAS: Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat, 2(2), 120. https://doi.org/10.33474/jipemas.v2i2.2915
Riduwan. (2019). Dasar-dasar Statistika. In Dasar-dasar Statistika (14th ed.).
Rindayati, E., Putri, C. A. D., & Damariswara, R. (2022). Kesulitan Calon Pendidik dalam Mengembangkan Perangkat Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(1), 18–27. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i1.104
Suci, D. H., & Zainul, R. (2023). Pengembangan Modul Berbasis Think, Pair and Share (TPS) Pada Materi Kimia Hijau (Green Chemistry) dalam Kehidupan Sehari-Hari. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 14224–14234.
Sujarweni, W. (2014). Metodologi Penelitian. Pustaka Baru Press.
Suryanti, P., Widodo, M., & Istianah, Julianto, & Y. (2021). Ethnoscience-based Science Learning in Elementary Schools. Journal of Physics, 1.
Zai, N. F., & Ulianas, A. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Kimia Hijau Berbasis Problem Based Learning Untuk Fase E. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 24428–24435.
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/educhemia.v10i1.30716
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Umar Said, Robby Zidny, Ratna Sari Siti Aisyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
EduChemia: Jurnal Kimia dan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
________________________________________________________
EduChemia: Jurnal Kimia dan Pendidikan ISSN 2502-4779 (print) | ISSN 2502-4787 (online)
Published by Department of Chemistry Education - Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Address : Jl. Ciwaru Raya No. 25, Sempu, Kota Serang, Banten 42117, Indonesia
Email : [email protected]