Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Siswa
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustin, R. R. (2016). Pengembangan Keterampilan Generik Sains Melalui Penggunaan Multimedia Interaktif. Jurnal Pengajaran Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, vol. 18, no. 2,https://doi.org/10.18269/jpmipa.v18i2.58
Ajaran, M. T., & Handoko, A. (2016). Pengembangan Modul Biologi Berbasis Discovery Learning ( Part of Inquiry Spectrum Learning-Wenning) Pada Materi Bioteknologi Kelas Xii Ipa Di Sma Negeri 1, vol. 5, no. 3, Hh. 144–154.
Balim, A. G. (2009). The Effects of Discovery Learning on Students’ Success and Inquiry Learning Skills. Egitim Arastirmalari-Eurasian Journal of Educational Research, Issue 35, Hh. 1-20.
BSNP. (2010). Laporan PNSP 2010: Paradigma Pendidikan Nasional Abad XXI. Jakarta.
Burhanudin, R., Subarkah, C. Z., & Sari, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Content Context Connection Researching Reasoning Reflecting (3C3R) untuk Mengembangkan Keterampilan Generik Sains Siswa Pada Konsep Koloid. Jurnal Tadris Kimiya, vol. 3, no.1, Hh. 11-21,
Dewi, C. A., & Hamid, A. (2012). Pengaruh Model Case Based Learning (CBL) Terhadap Keterampilan Generik Sains Dan Pemahaman Konsep Siswa Kelas X Pada Materi Minyak Bumi Pemerhati Pendidikan Kimia. vol. 3, no. 2, Hh. 294–301.
Fauzi, I., & Tambunan, H. (2016). Teknologi Pendidikan. Pola-Pola Pembelajaran.https://doi.org/10.1046/j.1095-8649.2003.00240.x 10.1006/jfbi.2001.1684;
Herdiawan, H., Langitasari, I, Solfarina, (2019). Penerapan PBL Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Pada Konsep Koloid. vol. 4, no. 1, Hh. 24–35. https://doi.org/10.30870/educhemia.v4i1.4867
Hofstein, A., Navon, O., Kipnis, M., & Mamlok-Naaman, R. (2005). Developing students’ ability to ask more and better questions resulting from inquiry-type chemistry laboratories. Journal of Research in Science Teaching. https://doi.org/10.1002/tea.20072
Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
I Wayan Sadia, M., & I Wayan Suastra, M. (2014). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep IPA dan Sikap Ilmiah Siswa SMP. Jurnal Pendidikan IPA, vol. 4, no. 1.
Ikedolapo, O. O., & Adetunji, and A. F. (2009). Comparative Effect of the Guided Discovery(GD) and Concept mapping Teaching Strategies on Senior Secondary School Students(SSSS) Chemistry Achievement in Nigeria. Eurasian Journal of Physics and Chemistry Education, vol. 1, no. 2, Hh. 86–92.
Ilmi, A. N. A., Indrowati, M., & Probosari., R. M. (2012). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Guided Discovery Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Teras Boyolali Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Biologi, vol 4, no. 2, Hh. 44-52.
Selvianti, ramdani & Jusniar. (2013). Efektivitas Metode Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Generik Sains Siswa Kelas XI IA 2 SMA Negeri 8 Makassar (Studi Pada Materi Pokok Hidrolisis Garam). Jurnal Chemica, vol. 14, no. 1, Hh. 55–65.
Kurniasih. (2014). Sukses Mengimplementasikan Kurikulum (2013). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Langitasari, I., Nursa'adah E., Namirah I, (2016), 'Inquiry Learning Implementation To Improve Generic Science Skills And Conceptual Understanding Of Pre-Service Chemistry Teachers', Proceeding 2nd International Conference on Education and Training, Malang.
Liliasari, Setiawan, A., & Widodo, A. (2010). Model-Model Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains dan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta didik. Penelitian HPTP. Universitas Pendidikan Indonesia. Pascasarjana. Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Rahayu, E., Susanto, H., & Yulianti, D. (2011). Pembelajaran Sains Dengan Pendekatan Keterampilan Proses Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, vol.7, no. 2, Hh. 106-110. https://doi.org/10.15294/JPFI.V7I2.1081
Rizal, H. P., & Danial M., (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Keterampilan Generik Sains Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pangkajene Sidrap. Bioedukasi, vol. 5, no. 1.
Rudyanto, H. E. (2014). Berpikir Kreatif Hendra Erik Rudyanto. Premiere Educandum, vol. 4, no. 3, Hh. 41–48.
Sudarmin & Suyanti, R. D. (2012). Potret kemampuan Generik Sains Pengamatan Calon Guru Kimia dan Implikasinya pada Pembelajaran Kimia.http://jurnal.pdii.lipi.go.id/admin/jurnal/11093541.pdf
Sulistyowati, N., Widodo, A T., & Sumarni, W. (2012). Efektivitas Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Kimia. Chemistry in Education, vol. 1, no. 2.
Mahmoud, A K B, (2014). The Effect of Using Discovery Learning Strategy in Teaching Grammatical Rules to first year General Secondary Student on Developing Their Achievement and Metacognitive Skills, International Journal of Innovation and Scientific Research, Vol. 5, no. 2, Hh. 146-153
Uside, O., Barchok, K., & Abura, O. (2013). Effect of Discovery Method on Secondary School Student’S Achievement in Physics in Kenya. Asian Journal of Social Sciences & Humanities, vol. 2, no. 3, Hh. 351–358.
Westwood, P. (2008). What teachers need to know about Reading and writing. Camberwell, Victoria: ACER Press
Yang, E. F. Y., Liao, C. C. Y., Ching, E., Chang, T., & Chan, T.-W. (2010). The Effectiveness of Inductive Discovery Learning in 1 : 1 Mathematics Classroom. Proceedings of the 18th International Conference on Computers in Education. Putrajaya, Malaysia: Asia-Pasific Society for Computers in Education., Hh. 743–747.
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/educhemia.v4i2.6118
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Muhammad Alija Izetbigovic, , Solfarina, Indah Langitasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
EduChemia: Jurnal Kimia dan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
________________________________________________________
EduChemia: Jurnal Kimia dan Pendidikan ISSN 2502-4779 (print) | ISSN 2502-4787 (online)
Published by Department of Chemistry Education - Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Address : Jl. Ciwaru Raya No. 25, Sempu, Kota Serang, Banten 42117, Indonesia
Email : [email protected]