Pengaruh Pemberian Media “BUJAGI” Terhadap Pengetahuan dan Sikap Mengenai Makanan Jajanan pada Siswa Sekolah Dasar

Annisa Dwi Meitha, Nazhif Gifari, Nadiyah Nadiyah, Dudung Angkasa

Abstract


Jajanan sekolah merupakan varian makanan yang sering dikonsumsi karena anak-anak lebih aktif dalam memilih makanan yang disukai dan selalu ingin mencoba makanan yang baru dikenalnya, namun rendahnya tingkat keamanan jajanan masih menjadi permasalahan penting. Salah satu upaya yang dapat dilakukan dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap mengenai makanan jajanan adalah dengan menggunakan media atau alat bantu yang disesuaikan dengan pesan yang ingin disampaikan agar proses belajar berlangsung efektif. Jenis penelitian ini adalah Quasy Experiment dengan rancangan penelitian non-randomized pretest-posttest control group design. Besar responden dalam penelitian ini adalah sebanyak 61 siswa yang berusia 9-11 tahun, terdiri dari 30 siswa SDN Kunciran 06 sebagai kelompok perlakuam dan 31 siswa SDN Kunciran 07 sebagai kelompok kontrol. Analisis data menggunakan Uji Wilcoxon dan Mann-Whitney. Hasil uji statistik pengetahuan dan sikap didapatkan nilai p = 0.000 dan p = 0.001 (p < 0.05) yang artinya terdapat perbedaan pengetahuan dan sikap mengenai jajanan setelah diberikan pendidikan gizi pada masing-masing kelompok. Tidak ada perbedaan yang signifikan pada post-test 1 pengetahuan, post-test 1 dan post-test 2 sikap antara kelompok perlakuan dan kelompok kontrol dengan masing-masing nilai p=0.523, p=0.380, dan p=0.066 (p > 0.05). Ada perbedaan yang signifikan pada post-test 2 pengetahuan antara kelompok perlakuan dan kelompok kontrol dengan nilai p=0.010 (p < 0.05). Media BUJAGI dapat menjadi alternatif dalam memberikan pendidikan gizi mengenai jajanan pada siswa kelas V Sekolah Dasar

Keywords


Jajanan; Pengetahuan dan sikap; Media

Full Text:

PDF

References


Achadi, E., Pujonarti, S. A., Sudiarti, T., Rahmawati, Kusharisupeni, Mardatillah, & Putra, W. K. Y. (2010). Sekolah Dasar Pintu Masuk Perbaikan Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Gizi Seimbang Masyarakat. Jurnal Kesehatan Masyarakat Indonesia, 5(1), 42–47. https://doi.org/10.21109/KESMAS.V5I1.161

Achmadi, A. D. (2015). Pengaruh Pendidikan Gizi Dengan Media Buku Saku Terhadap Peningkatan Pengetahuan Dalam Pemilihan Jajan Anak SD Muhammadiyah 16 Surakarta. Jurnal Universitas Muhammadiyah Surakarta, 21.

Afra, G. N., Sitoayu, L., & Melani, V. (2021). Pengaruh Permainan Kartu Gizi Terhadap Perubahan Pengetahuan dan Sikap Gizi Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Gizi Dan Kesehatan, 13(1), 1–9. https://doi.org/10.35473/jgk.v13i1.82

Amanah, N. R., Suprihartono, F. A., Fauziyah, R. N., Par’i, H. M., & Syahidatunnisa, U. S. (2019). Edukasi Gizi Dengan Permainan Komunikata Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Konsumsi Sayur Buah, Jajanan Dan Sarapan. Jurnal Riset Kesehatan Poltekkes Kemenkes Bandung, 11(1), 157–164. https://doi.org/10.34011/juriskesbdg.v11i1.691

Anggiruling, D. O., Ekayanti, I., & Khomsan, A. (2019). Analisis Faktor Pemilihan Jajanan , Kontribusi Gizi dan Status Gizi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal MKMI, 15(1), 81–90.

Angkasa, D., Pratiwi, R. A., & Jus’at, I. (2020). ‘MAPAGI’ video game upgraded breakfast attitude among urban elementary school children in West Jakarta, Indonesia. Malaysian Journal of Nutrition, 26(3), 341–351. https://doi.org/10.31246/mjn-2019-0127

Angkasa, D., Sitoayu, L., Fauzi, M., & Putri, V. R. (2017). Peduli Sarapan dan Jajanan Sehat, Serta Higiene dan Sanitasi Lingkungan Sekolah pada Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Sepatan Timur. Jurnal Abdimas, 3(2), 19–27.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (PT. Rineka).

Badan Pengawas Obat dan Makanan. (2018). Laporan Tahunan Badan POM 2017. In Bpom. https://doi.org/10.1111/jocn.13227

Bhinnety, M. (2008). Struktur Dan Proses Memori. Struktur Dan Proses Memori, 16(2), 74–88. https://doi.org/10.22146/bpsi.7375

BPOM. (2019). Apa Itu Boraks? Pom.Go.Id. https://www.pom.go.id/new/view/more/artikel/14/Apa-itu-Boraks-.html

Briawan, D. (2016). Perubahan Pengetahuan, Sikap, Dan Praktik Jajanan Anak Sekolah Dasar Peserta Program Edukasi Pangan Jajanan. J. Gizi Pangan, 11(3), 201–210. https://doi.org/10.25182/jgp.2016.11.3.%p

Contento, I. R. (2016). Nutrition Education: Linking Research, Theory, and Practice (Third Edit). Jones And Bartlett Publishers.

Dessiane, S. T., & Hardjono, N. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Cerita Bergambar Atau Komik Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 42–46. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.537

Dyna, F., Putri, V. D., & Indrawati, D. (2018). Hubungan Perilaku Komsumsi Jajanan Pada Pedagang Kaki Lima Dengan Kejadian Diare. Jurnal Endurance, 3(3), 524–530. https://doi.org/10.22216/jen.v3i3.3097

Enjelina, W., Ningrum, A. F., & Erda, Z. (2020). Pengaruh Modifikasi Permainan Monopoli Terhadap Pengetahuan dan Sikap Siswa Mengenai Keamanan Makanan Jajanan. 15(1), 29–34.

Faidah, Y. N., & Sulandjari, S. (2020). Keefektifan Media Komik Untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Motif Memilih Jajanan Sehat Siswa SDN Sumberagung 1 Plaosan Magetan. Jurnal Tata Boga, 9(1), 571–575.

Fitryadi, A., Asna, A. F., & Noerfitri. (2020). Pengaruh Edukasi Gizi Melalui Media Buku Cerita Terhadap Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Konsumsi Sayur dan Buah Pada Anak Kelas 5 SDIT Thariq Bin Ziyad Tahun 2019. Jurnal Kesehatan, Kebidanan, Dan Keperawatan, 13(02), 152–168.

Ghazi, S. R., Ullah, K., & Jan, F. A. (2016). Concrete Operational Stage of Piaget’s Cognitive Development Theory: An Implication In Learning Mathematics. Gomal University Journal of Research, 32(1), 10–20.

Hardinsyah, & Supariasa, I. D. N. (2016). Ilmu Gizi Teori & Aplikasi. In Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Indriana, D. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaram. Yogyakarta: DIVA Press. https://doi.org/10.1192/bjp.205.1.76a

Jatmika, S. E. D., Laila, F. N., Mufidatusholihah, Andinie, R., & MWH, F. R. (2021). Cerita Bergambar Kuliner Seru Bersama Sahabat Buah: Media Alternatif Edukasi Pemilihan Jajanan Sehat. Jurnal Cakrawala Promkes, 3(1), 26–32. https://doi.org/10.12928/promkes.v3i1.3564

Jayani, S., & Hastjarjo, T. D. (2011). Pengaruh Frekuensi Pemberian Tes Terhadap Memori Jangka Panjang Bacaan Pada Siswa SMA. Jurnal Psikologi, 6(2), 430–441.

Mardiana, Nilawati, N. S., & Eliza. (2013). Pengaruh Penyuluhan Gizi Metode Ceramah dan Leaflet terhadap Perilaku Memilih Jajanan Murid di SD Negeri Kelurahan Sako Palembang 2012. Jurnal Kesehatan, 1(11), 17–23.

Maslakah, N., & Setiyaningrum, Z. (2017). Pengaruh Pendidikan Media Flashcard Terhadap Pengetahuan Anak tentang Pedoman Umum Gizi Seimbang di SD Muhammadiyah 21 Baluwarti Surakarta. Jurnal Kesehatan, 10(1), 9–16. https://doi.org/10.23917/jurkes.v10i1.5487

Masri, E., Putri, N., & Rini, A. M. (2019). Perilaku Memilih Jajanan Dan Kantin Sehat Siswa Sekolah Dasar Dengan Edukasi Media Komik. Jurnal Kesehatan Perintis, 6(2), 177–185. https://doi.org/10.33653/jkp.v6i2.278

Melinda, R. (2020). Perubahan Pengetahuan dan Sikap Mengenai Makanan dan Minuman Kemasan melalui Media Komik pada Kelas 5 SD IT Al Kifah Telagasari. Universitas Esa Unggul.

Notoatmodjo, S. (2012). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. In Journal of Chemical Information and Modeling. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Nuryanto, M. (2014). Pengaruh Pendidikan Gizi Melalui Komik Gizi Seimbang Terhadap Pengetahuan dan Sikap Pada Siswa SDN Bendungan di Semarang. Journal of Nutrition College, 3(4), 925–932.

Pratiwi Hartono, N., Wilujeng, C. S., & Andarini, S. (2015). Pendidikan Gizi Tentang Pengetahuan Pemilihan Jajanan Sehat Antara Metode Ceramah dan Metode Komik. Indonesian Journal of Human Nutrition, 2(2), 76–84. https://doi.org/10.21776/ub.ijhn.2015.002.02.2

Riskesdas. (2018). Riset Kesehatan Dasar Nasional 2018. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Rizqi, E. R., & Sartika, Y. (2020). Pengaruh Media Tebak Gambar Terhadap Pengetahuan Jajanan Sehat Siswa SDN 001 Teratak Kabupaten Kampar. PREPOTIF Jurnal Kesehatan Masyarakat, 4(1), 58–62.

Safitri, C. H., Wilujeng, C. S., & Handayani, D. (2014). Perbedaan Metode Team Game Tournament Dan Ceramah Terhadap Peningkatan Pengetahuan Pemilihan Jajanan Sehat. Indonesian Journal of Human Nutrition, 1(2), 89–105.

Santrock, J. W. (2011). Child Development Thirteenth Edition (M. Ryan, Ed.; Thirteenth). McGraw-Hill.

Syam, A., Indriasari, R., & In, I. (2018). Gambaran Pengetahuan dan Sikap Siswa terhadap Makanan Jajanan Sebelum dan Setelah Pemberian Edukasi Kartu Kwartet Pada Anak Usia Sekolah Dasar di Kota Makassar. Jurnal TEPAT, 1(2), 127–136.

Wangsadilaga, L. M. (2017). Pengaruh Pendidikan Gizi dengan Media Scrapbook Tentang Makanan Jajanan yang Aman Terhadap Pengetahuan dan Sikap pada Siswa-Siswi di SDN Merdeka Bandung. Universitas Esa Unggul.

Wulanyani, N. M. S. (2013). Meningkatkan Pengetahuan Kesehatan melalui Permainan Ular Tangga. Jurnal Psikologi, 40(2), 181–192. https://doi.org/10.22146/jpsi.6976

Yurni, A. F., & Sinaga, T. (2017). Pengaruh Pendidikan Gizi Terhadap Pengetahuan Dan Praktik Membawa Bekal Menu Seimbang Anak Sekolah Dasar. Media Gizi Indonesia, 11(2), 183–190. https://doi.org/10.20473/mgi.v12i2.183-190




DOI: http://dx.doi.org/10.52742/jgkp.v3i2.12791

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Annisa Dwi Meitha

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

---------------------------------------------------------------------------------------
Jurnal Gizi Kerja dan Produktivitas
Published by Department of Nutrition, Faculty of Medicine, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Address: Jl. Raya Jakarta Km 4 Pakupatan Kota Serang Provinsi Banten
WA : +62 85253587076
Email: jurnal.ilmugizi[at]untirta.ac.id
 

 

View My Stats