PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN ADAPTASI LINGKUNGAN BISNIS TERHADAP KINERJA PEMASARAN UKM KULINER BANTEN DI KOTA SERANG

Sri Fitriyah, Meutia Meutia, Dian Anggraeni

Abstract


Maraknya kuliner asing yang bekembang sangat pesat menyebabkan tergesernya kuliner tradisional Banten. Salah satu yang terkena dampak yaitu UKM yang menjual makanan tradisional Banten. Selain bersaing dengan kuliner asing, UKM makanan tradisional juga harus bersaing dengan banyaknya restoran, kafe atau warung kaki lima yang menawarkan kuliner lainnya. Kewirausahaan memiliki peran dalam meningkatkan jumlah tenaga kerja. Penelitian dilakukan pada UKM kuliner Banten di Kota Serang. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh orientasi kewirausahaan dan adaptasi lingkungan bisnis terhadap kinerja pemasaran melalui keunggulan bersaing sebagai variabel intervening. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode survei, dengan responden sebanyak 34 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang selanjutnya dianalisa menggunakan model SEM-PLS yang diolah dengan aplikasi SmartPLS. Berdasarkan uji statistik terdapat pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap keunggulan bersaing. Tidak ada pengaruh adaptasi lingkungan bisnis terhadap keunggulan bersaing. Tidak ada pengaruh keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran. Terdapat pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran. Terdapat pengaruh adaptasi lingkungan bisnis berpengaruh kinerja pemasaran. Tidak ada mediasi keunggulan bersaing pada hubungan orientasi kewirausahaan dan adaptasi lingkungan bisnis terhadap kinerja pemasaran.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

INDEX BY:

 

             

 
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.