STRATEGI PEMASARAN KOPI ROBUSTA DI KABUPATEN SERANG

Yudha Gautama, Mirajiani Mirajiani, Asih Mulyaningsih

Abstract


Rendahnya hasil produksi kopi baik dari segi kualitas dan kuantitas menjadi pokok pikiran dalam pembangunan perkebunan yang mempunyai nilai tambah dan daya saing industri. Petani sebagai pelaku usaha harus memiliki sikap, pengetahuan dan keterampilan maupun skills yang dapat menunjang dalam kegiatan agribisnis kopi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor internal dan eksternal terhadap strategi pemasaran kopi di Kabupaten Serang. Penelitian disusun sebagai penelitian penjelasan (explanatory research), dengan pendekatan kuantitatif menggunakan analisis SWOT untuk merumuskan alternatif strategi pemasaran kopi. Berdasarkan hasil pengolahan data primer pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran kopi menggunakan formulasi analisis SWOT dengan meminimalisir kelemahan dengan kekuatan dan ancaman diminimalisir dengan peluang sehingga pemasaran kopi di Kabupaten Serang dapat meningkatkan pendapatan dan petani memiliki kemampuan untuk berdaya saing industri terhadap pengembangan kawasan sentra kopi di Provinsi Banten.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.33512/jipt.v4i2.18921

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

INDEX BY:

 

             

 
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.