MENINGKATKAN KINERJA BISNIS UMKM OLAHAN PANGAN LOKAL MELALUI ADOPSI E-COMMERCE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI KABUPATEN LEBAK

difki nur pratama, Meutia Meutia, Asih Mulyaningsih

Abstract


Kinerja bisnis merupakan faktor yang  digunakan untuk mengukur dampak dari sebuah strategi yang dirancang sebuah UMKM. Peningkatan kompetensi kewirausahaan dapat meningkatkan kinerja bisnis UMKM olahan pangan lokal melalui adopsi e-commerce   sebagai variabel intervening. Kapabilitas teknologi dan kesiapan organisasi dapat meningkatkan kinerja bisnis UMKM olahan pangan lokal melalui adopsi e-commerce. Penelitian bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis bagaimana meningkatkan kinerja usaha UMKM olahan pangan lokal dengan adopsi e-commerce   sebagai variabel intervening. Penelitian ini menggunakan metode kausalitas dengan Jumlah sampel 135 responden. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, kuesioner dan studi literatur. Analisis data yang digunakan adalah analisis Structural Aquation Model (SEM) dengan software SMARTPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kapabilitas teknologi berpengaruh positif dan signifikan terhadap adopsi e-commerce, kesiapan organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja bisnis, adopsi e-commerce   berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja bisnis

Full Text:

PDF

References


Ahmad, N. H., Ramayah, T., Wilson, C., & Kummerow, L. 2010. Are entrepreneurial competence and business success relationship contingent upon a business environment? A study of Malaysian SMEs. International Journal of Entrepreneurial Behavior & Research, 16(3): 182–203.

Chwelos, P., Benbasat, I. and Dexter, A.S., 2001. Empirical test of an EDI adoption model. Information systems research, 12(3): 304-321.

Damanpour, F. 2021. Business innovation: A meta-analysis of effects of determinants and moderators. Academy of Management Journal, 34(3): 555-590.

Effendy, Y. N. 2019. Pengaruh pengetahuan akuntansi dan teknologi informasi, pelatihan akuntansi dan umur usaha terhadap penggunaan aplikasi pengolah angka pada UKM. Skripsi, Widya Mandala Catholic University Surabaya. Surabaya.

Ferdinand, Augusty. 2000. Structural Equation Modeling Dalam Penelitian Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.

Hair, J. F., Ringle, C. M., and Sarstedt, M. 2015. PLS-SEM: Indeed a silver bullet. Journal of Marketing Theory and Practice, 19(2): 139-151.

Hanum, A.N. and Sinarasri, A., 2018. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi adopsi e commerce dan pengaruhnya terhadap kinerja UMKM (Studi kasus UMKM di wilayah Kota Semarang). Maksimum: Media Akuntansi Universitas Muhammadiyah Semarang, 8(1): 1-15.

Indrawan, R. 2019. Sinergitas Pengembangan UMKM Melalui Penguatan Peran Antar Lembaga. Rapat Kerja Nasional. Sanur: Kementrian Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Republik Indonesia.

Ludiya, E., 2020. Pengaruh Kompetensi Kewirausahaan dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Usaha Pada UMKM Bidang Fashion di Kota Cimahi. Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis, 11(2): 141-154.

Nelson, M.L. and Shaw, M.J., 2005. Interorganizational system standards diffusion: The role of industry-based standards development organizations. College of Business, University of Illinois at Urbana-Champaign.

Nuvriasari, A., Ishak, A., Hidayat, A., Mustafa, Z. and Haryono, S., 2020. The effect of market and entrepreneurship orientation on SME’s business performance: the role of entrepreneurial marketing in Indonesian Batik industries. European Journal of Business and Management, 12(5): 29-37.

Octavia, A., Indrawijaya, S., Sriayudha, Y. and Hasbullah, H., 2020. Impact on E-commerce adoption on entrepreneurial orientation and market orientation in business performance of SMEs. Asian Economic and Financial Review, 10(5): 516-525.

Pangesti, S.D. and Adyaksana, R.I., 2021. Determinan adopsi e-commerce dan dampaknya pada usaha mokro kecil dan menengah (UMKM). Journal of Business and Information Systems, 3(2): 97-107.

Pangesti, S.D. and Adyaksana, R.I., 2021. Determinan adopsi e-commerce dan dampaknya pada usaha mokro kecil dan menengah (UMKM). Journal of Business and Information Systems (e-ISSN: 2685-2543), 3(2), pp.97-107.

Prasanna, R.P.I.R., Jayasundara, J.M.S.B., Naradda Gamage, S.K., Ekanayake, E.M.S., Rajapakshe, P.S.K. and Abeyrathne, G.A.K.N.J., 2019. Sustainability of SMEs in the competition: A systemic review on technological challenges and SME performance. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 5(4): 100.

Robles, L. and Zárraga-Rodríguez, M., 2015. Key competencies for entrepreneurship. Procedia Economics and Finance, 23: 828-832.

Simarmata, F. L. M., 2022. Analisis Pengaruh Kompetensi SDM, Penguasaan Teknologi Dan Modal Terhadap Kinerja Umkm Di Masa Pandemi Covid-19 Di Kabupaten Deli Serdang. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

Suryana, A.T. and Burhanuddin, B., 2021. Pengaruh kompetensi kewirausahaan terhadap kinerja usaha UMKM kopi: Sebuah tinjauan teoritis dan empiris. Jurnal AGRISEP: Kajian Masalah Sosial Ekonomi Pertanian dan Agribisnis, 20(01): 117–128.

Tiago, O and Maria, F . M. 2010. Understanding e business adaption across inndustries in Europe countries. Industrial Management & Data System, 110(9): 1337 -1354.

Younus, A.M. and Zaidan, M.N., 2022. The mediating role of organizational readiness and resilient leadership effect on the performance of business corporations in Belgium. Gospodarka i Innowacje., 24: 334-345.




DOI: http://dx.doi.org/10.33512/jipt.v5i1.19929

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

INDEX BY:

 

             

 
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.