PERSEPSI KONSUMEN DAN SIKLUS HIDUP PANGAN LOKAL GIPANG SINGKONG (STUDI KASUS GIPANG SINGKONG IKA-KE, KOTA CILEGON)

Rizansa Yazsida Fauzi, Ahmad Bukhari, Juwarin Pancawati

Abstract


Kue gipang singkong adalah panganan lokal  Cilegon yang saat ini jarang dijumpai. Salah satu produsennya adalah UMKM IKA-KE. Guna mempertahankan  keberlanjutan bisnis kue gipang singkong, penelitian ini bertujuan menganalisis karakteristik konsumen, persepsi dan daur hidup produk Kue Gipang Singkong IKA-KE. Atribut yang digunakan dalam penelitian adalah kualitas produk, kemasan, label, merek dan harga. Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI) digunakan untuk menganalisis persepsi konsumen, sedangkan daur hidup produk dianalisis dengan metode Polli and Cook. Skor IPA berdasarkan rata-rata tingkat kepentingan diperoleh sebesar 4,24, dan tingkat kinerja  sebesar 4,12. Hasil perhitungan CSI sebesar 82,45% dimana konsumen merasa sangat puas dengan produk kue gipang IKA-KE. Product life cycle  Kue Gipang Singkong IKA-KE saat ini masih berada pada posisi growth, artinya usaha masih mengalami peningkatan penjualan yang relatif pesat.


Full Text:

PDF

References


Adha, S., 2022. Faktor revolusi perilaku konsumen era digital: sebuah tinjauan literatur. JIPIS, 31(2):134-148.

Akbar, S.P dan H. Usman. 2006. Metode Penelitian Sosial. Bumi Aksara. Jakarta

Ananda, D.W., 2022. Strategi Pengembangan Usaha Mikro Gipang Singkong “IKA-KE” (Studi Kasus: Usaha Kurnia Jaya, Kota Cilegon, Banten), Skripsi. Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Avriyanti, S., 2022. Pengaruh Inovasi Produk Dan Teknologi Informasi Terhadap Perkembangan Usaha (Studi Pada UMKM Bidang Kuliner Di Kabupaten Tabalong). PubBis: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Publik dan Administrasi Bisnis, 6(1): 61-73.

Ghozali, I. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 20. UNDIP. Semarang

Kamila, M., 2021. Strategi resource-based dan inovasi dengan pendekatan biaya daur hidup produk dalam upaya mencapai keunggulan daya saing pada ukm di Surabaya. Jurnal Performa: Jurnal Manajemen dan Start-up Bisnis, 6(4): 351-359.

Mashita, N.C.U., Widodo, J. and Zulianto, M., 2019. Inovasi Produk Kue Dalam Mempertahankan Siklus Hidup Pada Perusahaan Amanda Brownies. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, 13(2):138-143.

Noviyanti, A., 2016. Analisis Nilai Tambah Singkong dalam Olahan Kue Gipang Singkong, Skripsi. Fakultas Pertanian, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Serang.

Sihombing, Y., 2021. Diversifikasi Pangan Lokal Untuk Mendukung Ketahanan Pangan Pada Masa Pandemi covid-19. Buletin teknologi dan informasi pertanian, 19(1).

Utami, F.L., 2018. Evaluasi Strategi Branding Gipang IKA-KE Dalam Membangun Merek Sebagai Produk Kuliner Kota Cilegon. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Serang.

Widodo, S., 2019. Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Siklus Hidup Produk (Product Life Cycle). JEpa, 4(1): 84-90.




DOI: http://dx.doi.org/10.33512/jipt.v5i1.20815

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

INDEX BY:

 

             

 
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.