PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SATE BANDENG (STUDI KASUS SATE BANDENG IBU AMENAH KOTA SERANG)

Yuni Oktafiyani, Juwarin Pancawati, Dian Anggraeni

Abstract


Abstrak

Sate bandeng merupakan makanan tinggi nutrisi yang membuat produk cepat busuk. IKM Sate Bandeng Ibu Amenah membuat sate bandeng frozen agar produk bisa bertahan lebih lama dan memungkin untuk didistribusikan ke luar Kota Serang. Agar dapat mempertahankan dan mendapatkan calon konsumen IKM Ibu Amenah perlu memperhatikan perilaku konsumen. Pengetahuan tentang perubahan perilaku dalam keputusan pembelian yang dipengaruhi faktor kualitas produk, harga, tempat, dan promosi  dapat menjadi pertimbangan dalam penyusunan strategi pemasaran yang tepat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh produk, harga, tempat dan promosi terhadap keputusan pembelian sate bandeng Ibu Amenah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Pemilihan sampel menggunakan accidental sampling terhadap 50 responden. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel produk, harga, tempat dan promosi secara bersama-sama (simultan) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Namun secara parsial, hanya variabel produk dan harga yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Adapun variabel tempat dan promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sate bandeng Ibu Amenah.

Kata Kunci: keputusan pembelian, harga, produk, sate bandeng,

  

Abstract

Milkfish satay is high in nutrient food which makes the product spoil quickly. SME Sate Bandeng Ibu Amenah makes frozen milkfish satay so that the product can last longer and allows it to be distributed outside Serang City. To retain and get potential customers for SMEs, Mrs. Amenah needs to pay attention to consumer behavior. Knowledge about changes in behavior in purchasing decisions which are influenced by product quality, price, place, and promotion factors can be a consideration in developing appropriate marketing strategies. This study aims to determine the effect of product, price, place, and promotion on the purchasing decision of Ibu Amenah’s milkfish satay. The research is descriptive quantitative, with 50 respondents that selected by accidental sampling. Multiple linear regression analysis was used to find whether changes in product, price, place, and promotion influence purchasing decisions. The results show that simultaneously the product, price, place, and promotion variables have a significant effect on purchasing decisions. But partially, only the product and price variables have a significant influence on Ibu Amenah's milkfish satay purchase decision. The variables of place and promotion variables do not have any significant effect on purchasing decisions.

Keywords: buying decision, milky fish satay, price, product

 


Full Text:

PDF

References


Akbar S.S., Darmaputra M.F., 2022. Pengaruh periklanan, publisitas dan promosi penjualan terhadap keputusan pembelian konsumen (studi kasus pada konsumen UMKM Ikan Asap Demak). Ekombis Review: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 10(S1): 177-184.

Al Hamid D.M., Rumui N., Kurnia S., Mutia W., 2022. Analisis perbandingan pengaruh lokasi usaha terhadap penjualan pada Pasar Kelapa Dua dan Pasar Thumburuni Fakfak. Valuasi, 2(1): 171-181.

Al-Samirae, Z., Alshibly M.S., Alghizzawi M., 2020. Excellence in drawing up marketing mix strategies for small and medium enterprises (SMEs) and their impact on the marketing performance. Business, Management and Economics Research, 6(3):30-36.

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Banten. 2019. Profil Potensi Usaha dan Peluang Investasi Komoditas Bandeng di Kabupaten Serang. Serang: Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Banten.

Dzikrulloh A., Muhtarom A., Sulaeman M.M., Santoso M.H.B., 2022. pengaruh marketing mix (4P) terhadap keputusan pembelian dimediasi kepuasan konsumen pada usaha UMKM. Ekombis Review, 10(2): 833-840.

Ghozali, I. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Idris J., 2021. Marketing Mix 4Cs: Impact on Small and Medium Entrepreneurs (SMEs) Marketing Performance. In Proceeding of the 8th International Conference on Management and Muamalah. 221-226.

Nurfauzi Y., Taime H., Hanafiah H., Yusuf M., Asir M., 2023. literature review: analisis faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian, kualitas produk dan harga kompetitif. Management Studies and Entrepreneurship, 4(1): 183-188.

Perreault W.D. Jr., McCarthy E.J., 2002. Basic Marketing: A Global-Managerial Approach (14th Ed.). Boston: McGraw-Hill

Supardi S., Yusri M., Zamri A.T., Ak U.A., 2021. Analisis bauran promosi dan pengaruhnya terhadap kinerja pemasaran usaha mikro kecil dan menengah di Kabupaten Kampar. Menara Ilmu: Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah, 15(1): 107-113.

Suryati L., Dolorosa E., Oktoriana S., 2020. Bauran pemasaran olahan lidah buaya terhadap keputusan pembelian secara e-commerce UMKM 1 Sun Vera. Soca, 14 (1): 132–145.

Veranita M., Susilowati R., Arisena, A., 2021. Pengaruh bauran promosi terhadap keputusan pembelian (studi kasus pada pemasaran busana muslim pada UKM Tamykalika di masa pandemi Covid-19). Co Management, 4(1): 605-611.

Wibawa, F., Sari, N., Hadi, T.S.N.S., Haryati, S., 2023. Pengaruh karboksimetil kitosan terhadap aktivitas antibakteri Staphylococcus aureus pada sate bandeng selama penyimpanan suhu rendah. Samakia, 14(2): 190-197.




DOI: http://dx.doi.org/10.33512/jipt.v5i2.23150

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

INDEX BY:

 

             

 
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.