ANALISIS PENGARUH ATRIBUT PRODUK TERHADAP MINAT BELI BERAS PORANG “FUKUMI” (STUDI KASUS DI KOTA TANGERANG)

Khalishah Samarra, Suherman Suherman, Gugun Gunawan, Dias Bernita Aulina

Abstract


Abstrak

Meningkatnya permintaan beras dalam negeri, membuat pemerintah kewalahan karena pasokan beras dalam negeri tidak bisa memenuhi permintaan. Maka pemerintah mencari solusi dengan menggunakan beras analog sebagai pengganti beras. Salah satu bahan baku non beras yang telah digunakan dalam pembuatan beras analog adalah umbi porang sebagai bahan pembuatan beras porang. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh atribut produk (seperti harga, kualitas produk dan kemasan) terhadap niat konsumen membeli beras porang. Analisis data menggunakan regresi linier berganda. Sampel penelitian ini adalah 100 konsumen beras Fukumi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling melalui sosial media blasting (melalui Instagram dan Twitter). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa harga, kualitas produk dan kemasan berpengaruh  positif dan signifikan baik secara parsial maupun simultan terhadap minat beli beras porang.

Kata kunci : minat beli, harga, kualitas produk, kemasan dan beras porang.

 

Abstarct

The increasing demand for domestic rice, makes government overwhelmed because supply of domestic rice can't fulfill the demand. So the government found a solution by using analog rice instead of rice. One of the non-rice raw materials that has been used in making analog rice is porang tubers as a porang rice. The aims of this research is to examine the effect of product attributes (such as price, product quality and packaging) on consumer intention of purchasing porang rice. The data analysis used multiple linear regression and used the SPSS 21 version as tools. The sample of this research was 100 consumen of Fukumi rice. The technique that being used in sampling was purposive sampling technique through social media blasting (e.g. Instagram and Twitter). The results of this study show that price, product quality and packaging have a positive and significant effect both partially and simultaneously on intention of purchasing porang rice.

Keywords: purchasing intention, price, quality product, packaging and porang rice.


Full Text:

PDF

References


Andrianto M, Budijanto S, Indrawan D. 2013. Pendekatan “in process innovation strategy” melalui analisis faktor pembelian dan potensi pasar pangan alternatif pada target pasar remaja: studi kasus pengembangan invensi beras analog (artificial rice). Prosiding Konferensi Nasional Dan Technopreneruship: Mendidik Dan Menciptakan Inovator Dan Technopreneur, 295-305.

Dari IW, Setiawan AA, Laksmitawati DR. 2021, January. Macronutrients Analysis of Porang Tubers (Amorphophallus muelleri Blume) Fermentation With Lactobacillus Bulgaricus Bacteria. In 4th International Conference on Sustainable Innovation 2020–Health Science and Nursing (ICoSIHSN 2020) (488-492). Atlantis Press.

Hermawan DJ. 2021. Faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli online. Ecobuss, 9(2): 100-110.

Isnawati D, Lestari W, Jati AI. 2022. Analisis permintaan bahan pokok beras pada saat pandemi Covid-19 di Indonesia. Nomicpedia: Journal of Economics and Business Innovation, 2(1): 83-92.

Kasih AT, Dewi NAS, Budiyati K, Damayanti AP, Khasanah VF. 2023. Pengaruh kemasan, harga, dan kualitas produk terhadap minat beli konsumen Mixue. Dalam Green Economy Strategi Menghadapi Krisis Global 2023, 1-16.

Latifah M. 2021. Pengembangan Beras Analog dengan Penambahan Glukomanan Porang (Amorphophallus oncophyllus) dan Potensi Prebiotiknya (Tesis). Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan, Departemen Teknologi Pangan Dan Hasil Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Muharsih L, Aliefatikha S. 2022. Identifikasi kemasan produk UMKM Bolu Barokah untuk meningkatkan minat beli konsumen. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian dan Pengabdian Universitas Buana Perjuangan Karawang, 2(1): 1240-1248.

Nurcahya SB, Mantri YM, Hatimatunnisani H. 2022. Analisis potensi porang sebagai pengganti beras untuk ketahanan pangan di Kabupaten Pangandaran. Jagaddhita, 1(1): 22-35.

Patria DG, Sutrisno A, Sukamto S, Lin J. 2021. Process optimization in the development of porang glucomannan (Amorphophallus mulleri B.) incorporated into the restructured rice using a pasta extruder: Physicochemical properties, cooking characteristics, and an estimated glycemic index. Food Science and Technology, 42: e03021.

Prabowo H, Sari SA, Gautama I. 2007. Analisis pemilihan atribut produk baru untuk perilaku keputusan pembelian konsumen pada produk Biokos Botu-Like Series. The Winners, 8(1): 81-99.

Prakosa A, Wintaka DJ. 2020. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat penggunaan ulang e-wallet pada generasi milenial di daerah istimewa yogyakarta. Bisman (Bisnis Dan Manajemen), 3(1): 72-85.

Rahayuningsih Y. 2020. Berbagai faktor internal dan eksternal serta strategi untuk pengembangan porang (Amorphophalus muelleri blume) di Provinsi Banten. Jurnal Kebijakan Pembangunan Daerah, 4(2): 77-92.

Salsabil YP. 2023. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi impor beras Vietnam ke Indonesia. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi), 9(4): 1143-1151.

Septiyadi AL, Dirgantara IMB, 2021. Pengaruh atribut kemasan (packaging) terhadap minat beli konsumen pada produk kosmetik Emina. Diponegoro Journal of Management, 10(6): 1-14

Veranita M, Hatimatunnisani H, Yusuf R, Susilowati R. 2022. Labelisasi halal, kualitas produk dan harga pengaruhnya terhadap keputusan pembelian produk-produk UMKM Saffa Tjahya Lestari. Eco-Iqtishodi, 4(1): 65-76.




DOI: http://dx.doi.org/10.33512/jipt.v6i1.26304

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

INDEX BY:

 

             

 
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.