Penerapan Metode Six Sigma dalam Pengendalian Kualitas Produk Kabel Low Voltage Konduktor Tembaga pada PT JCC Tbk

Maria Ulfah, Dyah Lintang Trenggonowati, Ratna Ekawati, Faula Arina, Atia Sonda, Anting Wulandari

Abstract


PT JCC Tbk. merupakan perusahaan yang memproduksi berbagai jenis kabel listrik.,salah satu diantaranya kabel listrik tegangan rendah penghantar tembaga. Dalam proses produksinya, kabel low voltage konduktor tembaga masih ditemukan beberapa defect. Tujuan penelitian adalah menentukan CTQ (Critical To Quality), menghitung nilai Defect Per Million Opportunities (DPMO) dan nilai sigma di PT JCC  Tbk, menentukan defect terbanyak dan faktor-faktor penyebab munculnya defect, dan memberikan usulan perbaikan untuk mengurangi terjadinya defect pada produk kabel low voltage konduktor tembaga. Penelitian ini menggunakan metode six sigma yaitu suatu metode yang dapat membantu pihak perusahaan dalam meningkatkan kualitas produknya. Berdasarkan penelitian ini dapat ditentukan jenis CTQ sebanyak 26 jenis dan hanya terfokus pada 9 jenis. Nilai DPMO sebesar 182.235.416 dan nilai sigma yang didapatkan sebesar 5,06455730 yang berarti PT JCC Tbk merupakan industri rata-rata USA. Defect yang paling banyak terjadi ialah diameter kabel lebih dari spesifikasi, sedangkan faktor penyebab terjadinya munculnya defect adalah terdapat pada faktor manusia, mesin, material, metode, dan pengukuran dan usulan perbaikan untuk mengurangi terjadinya defect pada produk kabel low voltage konduktor tembaga adalah dengan merevisi atau memperbarui operation Standard oleh process engineering, melakukan pengadaan mesin extruder otomatis, mengadakan training atau pelatihan terhadap operator secara rutin, melakukan training terhadap operator, melakukan pengecekan dan mengupdate kalibrasi pada alat ukur, melakukan pengecekan ulang dan memastikan SPK yang tertulis benar, mengembalikan dan menerima ulang bahan konduktor dari supplier, dan melakukan perawatan terhadap mesin secara rutin oleh maintenance.

 


Full Text:

PDF

References


Hani Seruni, Elisabeth Penti Kurniawati, "Pengendalian kualitas menggunakan metode six sigma (Studi Kasus pada PT Diras Concept Sukoharjo)', AJIE - Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship (e-ISSN: 2477- 0574 ; p-ISSN: 2477-3824)Vol. 02, No. 03, September 2017

D. Meilani, P. Fithri, and P. Y. Reista, “Customer satisfaction towards product and service quality of housing developers in West Sumatra Indonesia,” Int. J. Adv. Sci. Eng. Inf. Technol., vol. 8, no. 2, pp. 514–519, 2018

M.Ulfah, Lestari P “ Usulan perbaikan kualitas benang drawnyarn dengan metode six sigma di PT. Indonesia Toray Synthetics”, Journal Industrial Servicess, vol. 5, no. 1, hal. 121-129, 2019. DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jiss.v5i1.6794

Prima Fithri , Chairunnisa," Six Sigma sebagai alat pengendalian mutu pada hasil produksi kain mentah PT Unitex TBK", J@ti Undip: Jurnal Teknik Industri, Vol. 14, No. 1, 2019

Fandi Ahmad, " six sigma DMAIC sebagai metode pengendalian kualitas produk kursi pada UKM', JISI : Jurnal Integrasi Sistem Industri, Vol 6 No 1 Februari 2019.DOI: https://doi.org/10.24853/jisi.6.1.11-1

[[6] Nailul Izzah1,Muhammad Fahrur Rozi, " Analisis Pengendalian Kualitas dengan Metode Six Sigma-Dmaic dalam Upaya Mengurangi Kecacatan Produk Rebana pada UKM Alfiya Rebana Gresik", Jurnal Ilmiah :SOULMATH, Vol 7 (1), Maret 2019, Halaman 13 – 25. http://dx.doi.org/10.25139/smj.v7i1.1234

Anisa Rosyidasari, " Implementasi Six Sigma dalam Pengendalian Kualitas Produk Refined Bleached Deodorized Palm Oil, Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya, 6(2), 113-122. https://doi.org/10.30656/intech.v6i2.2420. 2020

Ahmed, N. G., Abohashima, H. S., & Aly, M. F. (2018). Defect Reduction Using Six Sigma Methodology in Home Appliances Company: A Case Study. Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management,1349–1358. http://ieomsociety.org/dc2018/papers/364.pdf

Sri Murni Fitria, Novita Novita, " Six Sigma Sebagai Strategi Bisnis Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Produk", JATI Vol 3, No 1: March 2020. DOI: https://doi.org/10.18196/jati.030121

Gaspersz, Vincent, "Pedoman implementasi program six sigma terintegrasi dengan ISO 9001 : 2000,MBANQA & HACCP.2002. Jakarta : PT.Gramedia Pustaka Utama

Gaspersz, Vincent." Lean Six Sigma for manufacturing and service industries,Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.2007

{12]Safrizal, & Muhajir. (2016). Jurnal Manajemen Dan KeuanganPengendalian Kualitas Dengan Metode Six Sigma, Jurnal Manajemen Dan Keuangan, Vol 5(2), h 1-12.

Irwanto, Ade. Arifin, Djauhar. Arifin, Mawan. 2020. Peningkatan Kualitas Produk Gearbox Dengan Pendekatan DMAIC Six Sigma Pada PT X,Y,Z. Jurnal KaLIBRASI. Vol.3.No.1:1-17.

Hanif, dkk. 2015. Perbaikan Kualitas Produk Keraton Luxury di PT X dengan Menggunakan Metode Failure Mode and Effect Analysisis (FMEA) dan Fault Tree Analysis (FTA). Reka Integra. Vol. 03. No. 03




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/joseam.v2i1.19398

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


is supported by

 

 

 

This work is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International