Analisis Kepuasan User Pada Aplikasi Integrated Management System (IMS) menggunakan Customer Satisfaction Index dan Importance Performance Analysis di PT XYZ

Putiri Bhuana Katili, Lely Herlina, Siti Watsiqoh

Abstract


IMS (Integrated Management System) adalah sebuah aplikasi yang dirancang sebagai solusi terpadu dengan tujuan utama untuk mengintegrasikan berbagai aspek yang terkait dengan manajemen perusahaan. Aplikasi ini diharapkan akan memberikan kemudahan dalam memantau dan mengendalikan berbagai aspek manajemen perusahaan. Penelitian ini dilakukan untuk menentukan tingkat kepuasaan pengguna terhadap aplikasi IMS. Hal ini dilakukan karena PT XYZ  belum pernah melakukan evaluasi terhadap respon dari pengguna aplikasi IMS mengenai kinerja dari aplikasi tersebut. Oleh karena itu, diperlukan informasi mengenai tingkat kepuasan pengguna aplikasi. Metode yang digunakan pada penelitian  ini adalah Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA). Penggunaan metode CSI dilakukan untuk mengetahui tingkat kepuasan secara menyeluruh dengan melihat tingkat kepentingan dari suatu produk atau jasa. Sedangkan metode IPA digunakan sebagai alat diagnosis untuk menentukan kinerja pada masing masing atribut yang telah ditentukan. Pengolahan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan software Microsoft excel dan SPSS. Berdasarkan hasil pengolahan data pada metode CSI didapatkan skor sebesar 79,55% yang menandakan bahwa kepuasan pegawai termasuk ke dalam kategori “puas” terhadap pembangunan aplikasi Integrated Management System (IMS). Sedangkan hasil olah data dengan menggunakan metode IPA diketahui bahwa variabel yang menjadi prioritas utama perbaikan dimana memiliki tingkat kepentingan yang sangat penting tetapi memiliki kinerja yang rendah terdapat pada kuadran 1. Terdapat tiga pernyataan di kuadran 1 yaitu aplikasi IMS memiliki desain yang menarik, aplikasi IMS memberikan informasi yang tepat waktu dan Aplikasi IMS menyajikan informasi dalam format yang tepat.

Full Text:

PDF

References


. Lady Charisma dan N. W. Suprapti, “Pengaruh Nilai utilitarian Dan Persepsi kemudahan Penggunaan TERHADAP Kepuasan Untuk Meningkatkan Niat Beli ulang (Studi Pada Pengguna aplikasi E-money Merek Ovo di Kota Denpasar Dan Kabupaten Badung),” E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, vol. 9, no. 6, p. 2147, 2020. doi:10.24843/ejmunud.2020.v09.i06.p05

. I. gede Budhi dan N. K. Sumiari, “Pengukuran Customer Satisfaction index Terhadap Pelayanan di century gym,” SISFOTENIKA, vol. 7, no. 1, 2017. doi:10.30700/jst.v7i1.131

. M. Ermila Sari dan A. Hermawansyah, "Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Jamride Berbasis Kerangka Kerja CUSTOMER SATISFACTION INDEX (CSI) Di PPU," Jurnal Impresi Indonesia, vol. 1, no. 4, hal. 436-449, 2022. [Online]. Available: https://doi.org/10.36418/1461.

. W. Amilia, C. S. Melinda, A. Setiawan Rusdianto, N. Kuswardhani, dan M. Choiron, "Prosiding Kolokium Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Periode," 2022.

. A. Sinnun, "Analisis Kepuasan Pengguna LMS Berbasis Web Dengan Metode Servqual, IPA dan CSI," Jurnal Informatika, vol. 4, no. 1, 2017.

. Utami, L.A., Gani, A. and Suparni, S., 2020. Penerapan Metode L. A. Utami, A. Gani, and S. Suparni, “Penerapan metodeWebqual 4.0 Dan IPA Dalam Mengukur Kualitas website Vislog pt. Citra Surya Indonesi,” Komputika : Jurnal Sistem Komputer, vol. 9, no. 1, pp. 25–34, 2020. doi:10.34010/komputika.v9i1.2849

. N. Ummi, "Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Air Minum Dalam Kemasan Produk “Quelle” Dengan Pendekatan Customer Satisfaction Index Di Pt. X," Journal Industrial Services, vol. 3, no. 2, 2018.

. A. Arwin and D. S. Hutagalung, “Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada pt. Sari Melati Kencana Pematangsiantar,” Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), vol. 3, no. 1, pp. 189–198, 2020. doi:10.36778/jesya.v3i1.128

. L. Amanda, F. Yanuar, and D. Devianto, “Uji validitas Dan Reliabilitas Tingkat Partisipasi Politik Masyarakat Kota Padang,” Jurnal Matematika UNAND, vol. 8, no. 1, p. 179, 2019. doi:10.25077/jmu.8.1.179-188.2019

. K. A. Adamson and S. Prion, “Reliability: Measuring internal consistency using Cronbach’s α,” Clinical Simulation in Nursing, vol. 9, no. 5, 2013. doi:10.1016/j.ecns.2012.12.001




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/joseam.v2i2.22249

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


is supported by

 

 

 

This work is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International