Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja di PT. XYZ Menggunakan Metode HIRADC (Hazard Identification, Risk Assessment and Determining Control)

Anting Wulandari, Rendiyansah Rendiyansah, Yusraini Muharni

Abstract


PT. XYZ adalah sebagai perusahaan yang bergerak di pembangkitan tenaga listrik serta jasa operasi dan pemeliharaan pembangkit. Sumber daya manusia sangat berperan penting dalam keberhasilan suatu organisasi atau industri. Oleh karena itu pekerja wajib mendapatkan perhatian khusus dari industri terutama dalam hal keamanan bekerja yang diatur pada Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Pada peneltiian ini dilakukan analisis K3 berupaya identifikasi potensi bahaya, penilaian tingkat risiko dan pengendalian risiko di PT XYZ menggunakan meode HIRADC (Hazard Identification, Risk Assessment and Determining Control). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa potensi bahaya dalam pekerjaan yang ada di PT. XYZ yaitu pencemaran lingkungan, batu bara mudah terbakar, operator kerja jatuh dari ketinggian, kejatuhan benda dari atas, debu, kelongsoran, pekerja terjatuh, terpeleset, kebisingan, percikan api, dan bahaya listrik dengan tingkat risiko dari rendah, moderat, tinggi, serta ekstrim. Pengendalian risiko yang dilakukan diantaranya eliminasi, membuat pijakan untuk naik, membuat display area kerja, melakukan safety induction  sebelum bekerja, membuat dan melaksanakan SOP, perawatan pada mesin serta menggunakan APD lengkap.


Full Text:

PDF

References


Referensi

W. P. Tagueha, J. B. Mangare, dan T. T. Arsjad. Manajemen Resiko Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) pada Proyek Konstruksi (Studi Kasus: Pembangunan Gedung Laboratorium Fakultas Teknik Unsrat). Jurnal Sipil Statik, vol. 6, no. 11, 2018

Y. Ilmansyah, N. A. Mahbubah, dan D. Widyaningrum, Penerapan Job Safety Analysis sebagai Upaya Pencegahan Kecelakaan Kerja dan Perbaikan Keselamatan Kerja di PT Shell Indonesia.PROFISIENSI: Jurnal Program Studi Teknik Industri, vol. 8, no. 1, pp. 15-22, 2020

A. A. Cholil, S. T. Santoso, S. Y. A. H. R. I. A. L. Riza, E. C. Sinulingga, dan R. H. Nasution. Penerapan Metode Hiradc sebagai Upaya Pencegahan Risiko Kecelakaan Kerja Pada Divisi Operasi Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap. Jurnal Bisnis dan Manajemen (Journal of Business and Management), vol. 20, no. 2, pp. 41-64, 2020.

M. Ramadhania, .N. Saputra, D. Herdiansyah, dan D. Dihartawan. Analisis Hazard Identification, Risk Assesment, Determining Control (Hiradc) Pada Aktivitas Kerja Di Ud Ridho Abadi Tangerang Selatan Tahun 2020. Environmental Occupational Health and Safety Journal, vol. 2, no. 1, pp. 59-68, 2022.

S.A. Muhtia, S.A. Fachrin, A. Baharuddin. Analisis Risiko K3 Dengan Metode HIRARC Pada Pekerja PT. Varia Usaha Beton Makassar Tahun 2020. Wind. Public Heal. J.vol. 01, pp. 166–175, 2020

J. C. Handoko, & J. Rahardjo. Perancangan Hazard Identification, Risk Assessment, And Determining Control (HIRADC) di Schneider Electric Cikarang. Jurnal Titra, vol. 5, no. 2, pp. 159-16, 2017.

T. Ihsan, S. A. Hamidi, dan F. A. Putri. Penilaian risiko dengan metode HIRADC pada pekerjaan konstruksi gedung kebudayaan Sumatera Barat. Jurnal Civronlit Unbari, vol. 5 no. 2, pp. 67-74, 2020.

F. N. Izami. Implementasi Pengendalian Risiko untuk Meminimalisasi Kerugian. Jurnal Riset Mahasiswa Ekonomi (RITMIK), vol. 4, no. 2, hal. 62-74, 2022.

A.D Shakira, S. Bahri, J. Rahmi Analisis Potensi Bahaya dan Penilaian Risiko dengan Menggunakan Metode HIRADC pada Pekerja Bagian Besi Di PT. Jaya Semanggi Enjiniring Proyek Pembangunan Rsud Bogor Utara. Frame of Health Journal, vol. 1, no. 2, pp. 38-45, 2022.

R.Febrian, M. Nur, ; Suherman, ; Harpito, M. I. Hamdy. Jurnal Teknik Industri Terintegrasi, vol 6, no. 3, pp. 652-660, 2023




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/joseam.v3i1.25076

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Universitas Sultan Ageng Tirtayasa