Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja dengan Metode Hazard Identification, Risk Assessment, and Determining Control (HIRADC) (Studi Kasus: Area Gudang Divisi X PT XYZ)

Anting Wulandari, Tri Maulana

Abstract


Inspeksi keselamatan dan kesehatan kerja merupakan cara untuk mendeteksi dan mengoreksi potensi bahaya yang dapat menimbulkan kecelakaan di tempat kerja sedini mungkin. Inspeksi dilakukan untuk mengetahui apa yang terjadi dan bagaimana kondisi serta tindakan tidak aman di lapangan dapat diperbaiki untuk mencegah dan meminimalkan jumlah kecelakaan yang terjadi di tempat kerja. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dalam mengidentifikasi potensi bahaya yang ada di area Gudang Divisi X. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Hazard Identification, Risk Assessment, and Determining Control (HIRADC) untuk mengetahui apa saja potensi bahaya yang ada, nilai risiko bahaya dan upaya pengendalian untuk mengurangi tingkat risiko bahaya yang mungkin terjadi. Berdasarkan analisis risiko yang telah dilakukan terhadap 10 jenis bahaya didapatkan nilai risiko potensi bahaya dengan tingkat high risk sebanyak satu jenis bahaya (10%), medium risk sebanyak 6 jenis bahaya (60%), dan low risk sebanyak 3 jenis bahaya (30%). Upaya pengendalian yang dilakukan pada penelitian ini yaitu dengan melakukan pengendalian secara eliminasi dan engineering controls. Dalam menciptakan zero accident, dinas Health Safety and Environment (HSE) harus melakukan pengawasan keselamatan kerja secara tegas dan disiplin untuk mencegah kecelakaan kerja. Untuk membuat karyawan bekerja dengan aman dan selamat sesuai prosedur dengan keselamatan kerja yang ada, diperlukan pelatihan dan penyuluhan tentang pentingnya menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) saat bekerja.


Full Text:

PDF

References


M. Afandi, S. K. Anggraeni, dan A. S. Mariawati, ”Manajemen Risiko K3 Menggunakan Pendekatan HIRARC (Hazard Identification, Risk Assessment and Risk Control) Guna Mengidentifikasi Potensi Hazard”, Jurnal Teknik Industri, vol.3, no.2, 2015.

M. A. Arilaha, ”Pengaruh Keselamatan Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Produktivitas Karyawan Pada Sektor Pembangkitan Maluku Pltd Kayu Merah PT. PLN (Persero) Cabang Ternate”, Jurnal Manajemen Sinergi, vol. 6, no.1, pp.54-63, 2018.

R. Haerani, G. E. Nurtjahjono, dan K. Rahardjo, ”Pengaruh Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Terhdap Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan Tetap PT. Perkebunan Nusantara X (Persero) Pabrik Gula Toelangan Sidoarjo)”, Brawijaya University, 2014.

S. Djafar, M. Djunaidi, dan H. Salahu, ”Study Penerapan K3 Pada Operator Alat Berat Adt Bell 40d Pada Tambang Bawah Tanah Site Kencana di PT. Nusahalmahera Minerals Kabupaten Halmahera Utara”, DINTEK, vol. 9, no.2, pp.15-24, 2016.

S. Rinawati, R. A. Maharani, dan R. Wijayanti, “Program Inspeksi K3 Dalam Pencapaian Budaya K3 di Industri Mie PT. ABC Semarang”, Journal of Industrial Hygiene and Occupational Health, vol. 2, no. 1, pp.75-97, 2017.

D. A. Fadli, dan N. Susanto, ”Penerapan Safety Patrol Di Warehouse dan Production Area PT ABC”, Industrial Engineering Online Journal, vol. 12, no. 4, 2023.

T. Saputro dan D. Lombardo, ”Metode Hazard Identification, Risk Assessment and Determining Control (HIRADC) dalam Mengendalikan Risiko di PT.Zae Elang Perkasa” Jurnal Baut Dan Manufaktur, vol. 3, no. 1, pp. 23- 29, 2021.

A.K. Pratama, ”Hubungan karakteristik pekerja dengan unsafe action pada tenaga kerja bongkar muat di PT. Terminal Petikemas Surabaya”, The Indonesian Journal Of Occupational Safety And Health, vol. 4, no. 1, pp.64-73, 2015.

A.A. Cholil, S. Santoso, T. Riza, Syahrial., E. C. Sinulingga, dan R. H. Nasution, “Penerapan Metode Hiradc sebagai Upaya Pencegahan Risiko Kecelakaan Kerja Pada Divisi Operasi Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap”, Jurnal Bisnis Dan Manajemen (Journal of Business and Management), vol. 20, no. 2. pp.41-64, 2020.

U.D.Arman, S. Afrilda dan R. Nasmirayanti, ”Analisis Resiko Keselamatan Konstruksi pada Proyek Pembangunan Gudang Asrama Haji Padang Pariaman” Rang Teknik Jurnal, vol. 4, no. 1, pp. 168-179, 2021.




DOI: http://dx.doi.org/10.62870/joseam.v3i1.27290

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Universitas Sultan Ageng Tirtayasa