PENGGUNAAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 29 PAGARALAM TENTANG SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG

Ismawati Ismawati

Abstract


Penelitian ini berjudul “ Penggunaan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 29 Pagaralam Tentang Sifat – Sifat Bangun Ruang “ Penelitian yang dipergunakan adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengutamakan hasil tindakan kelas untuk menjawab permasalahan di lapangan.Perumusan masalah yang akan dikemukakan adalah    “ Apakah Melalui Penggunaan Alat Peraga Hasil Belajar siswa Kelas V SD Negeri 29   pada pelajaran Matematika Tentang sifat-sifat Bangun Ruang akan Meningkat “ ?. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 29 Pagaralam tahun 2014 – 2015 pada semester genap berjumlah 32 orang siswa yang terdiri dari 11 orang siswa laki - laki dan 21 orang siswa perempuan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data tentang hasil belajar  adalah tes dan instrumen untuk mengukur kemampuan guru untuk melaksanakan pembelajaran adalah Lembar Pengamatan Kemampuam Guru (LPKG) K-13. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II . Analisis data pada hasil  tes  siklus I sebanyak 27 orang siswa atau 84,37%  mencapai ketuntasan dan pada siklus II meningkat menjadi 32 orang siswa atau 100%. Dari hasil data lembar pengamatan kolabor menunjukkan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran dari siklus I   88,63 % meningkat pada siklus II 97,72 %. Disimpulkan bahwa melalui Penggunaan Alat Peraga dapat  meningkatkan hasil belajar siswa.

 

Kata Kunci: Alat peraga, Hasil belajar


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v9i2.1001

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: jppm@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika