KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MEDIA KOMIK

Nur Islamiati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan bagaimana kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari gaya belajar melalui media pembelajaran berbasis komik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X di MAN 1 MALANG  yang terdiri dari 8 siswa gaya belajar visual, 9 siswa gaya belajar auditori dan 12 siswa gaya belajar kinestetik. Terknik pengumpulan data menggunakan angket, tes dan wawancara. Intrumen yang digunakan adalah lembar angket gaya belajar dan tes tertulis komunikasi matematis dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan siswa dengan gaya belajar kinestetik mampu melaksanakan komunikasi matematis dengan baik karena dilaksanakan dengan benar dan lengkap, siswa dengan gaya belajar visual dapat mampu melaksanakan komunikasi matematis dengan baik tetapi memiliki kekeliran karena kesalahan dalam penggunaan simbol matematika, pahaman konsep, sedangkan siswa dengan gaya belajar auditori mampu melaksanakan komunikasi matematis dengan baik tetapi terdapat beberapa prosedur yang keliru dan memiliki kesalah pahaman konsep. Secara keseluruhan persentase kemampun komunikasi siswa dengan gaya belajar kinestetik 79,71%, visual sebesar 76,04% dan auditori 69,44%.


Full Text:

PDF

References


Anboucarassy, B. (2015). Problem solving ability of higher secondary students in relation to their learning styles. International Journal of Applied Research On, 1(7), 127–131.

Anintia, R., Sadhu, S., & Annisa, D. (2017). Identify Students ’ Concept Understanding Using Three - Tier Multiple Choice Questions ( TTMCs ) on Stoichiometry. International Journal of Science and Applied Science: Conference Series, 2(1), 308–317. https://doi.org/10.20961/ijsascs.v2i1.16734

Annajmi. (2016). PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIK SISWA SMP MELALUI METODE PENEMUAN TERBIMBING BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA. MES (Journal of Mathematics Education and Science), 2(1), 1–10.

Arifin, Z., Trapsilasiwi, D., & Fatahillah, A. (2016). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematika Dalam Menyelesaikan Masalah Pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Siswa Kelas VIII-C SMP Nuris Jember ( An Analysis of Mathemathic Communication Skill in Solving Problems Linear Equation System of. JURNAL EDUKASI UNEJ, 3(2), 9–12.

Aufa, M. (2016). Development of Learning Devices through Problem Based Learning Model Based on the Context of Aceh Cultural to Improve Mathematical Communication Skills and Social Skills of SMPN 1 Muara Batu Students. Journal of Education and Practice, 7(24), 232–248.

Ayele, A. M., & Dadi, B. T. (2016). Students ’ Beliefs About Mathematics Learning and Problem Solving : The Case of Grade Eleven Students in West Arsi Zone, Ethiopia. Education Journal, 5(4), 62–70. https://doi.org/10.11648/j.edu.20160504.14

Fayombo, G. (2015). Learning Styles , Teaching Strategies and Academic Achievement among some Psychology Undergraduates in Barbados. Caribbean Educational Research Journal, 3(2), 46–61.

Gholami, S. (2013). Relationship between VAK Learning Styles and Problem Solving Styles regarding Gender and Students ’ Fields of Study. Journal of Language Teaching and Research, 4(4), 700–706. https://doi.org/10.4304/jltr.4.4.700-706

In’am, A., & Islamiati, N. (2018). An Analysis of Students ’ Mathematical Disposition using the Comic Media in Learning Geometry. In Advances in Social Science, Education and Humanities Research (Vol. 231, pp. 212–215).

Indrawati, R. (2017). Profil Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar. APOTEMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 3(2), 91–100.

Middleton, K., Ricks, E., Wright, P., & Grant, S. (2013). Examining the Relationship Between Learning Style Preferences and Attitudes Toward Mathematics Among Students in Higher Education. Institute for Learning Styles Journal, 1, 1–15.

Minarni, A., Napitupulu, E. E., & Husein, R. (2016). MATHEMATICAL UNDERSTANDING AND REPRESENTATION ABILITY OF PUBLIC JUNIOR HIGH SCHOOL IN NORTH SUMATRA. Journal on Mathematics Education, 7(1), 43–56.

Nida, K., Buchori, A., & Murtianto, Y. H. (2017). Pengembangan Comic Math Dengan Pendekatan Etnomatematika Pada Meteri Kubus Dan Balok Di SMP. Aksioma, 8(1), 31–40.

Ntobuo, N. E., Arbie, A., & Amali, L. N. (2018). The Development Of Gravity Comic Learning Media Based On Gorontalo Culture. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(2), 246–251. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i2.14344

Ozerem, A., & Akkoyunlu, B. (2015). Learning Environments Designed According to Learning Styles and Its Effects on Mathematics Achievement. Eurasian Journal of Educational Research, (61), 61–80.

Pratiwi, D. D. (2015). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pemecahan Masalah Matematika Sesuai dengan Gaya Kognitif dan Gender. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 131–141.

Putra, H., Budiyono, & Slamet, I. (2015). Eksperimentasi Model Pembelajaan kooperatif tipe Think Pair Share (TPS), Group Investigation (GI), dan Problem Based Learning (PBL) pada Materi Pokok Bangun Datar ditinjau Dari Kemampuan Spesial Siswa Kelas VIII SMP Negeri Se-Kota Surakarta. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 3(6), 576–586.

Rangkuti, N. . (2014). Tantangan Dan Peluang Pembelajaran Matematika. Logaritma, II(01), 1–13.

Ranti, M. G. (2015). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Menggunakan Strategi Writing To Learn Pada Siswa SMP. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 96–102.

Rattanatumma, T. (2016). Assessing the Effectiveness of STAD Model and Problem Based Learning in Mathematics Learning Achievement and Problem Solving Ability. Journal of Education and Practice, 7(12), 194–199.

Rostika, D., & Junita, H. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SD dalam Pemeblajaran Matematika dengan Model Diskursus Multy Representation (DMR). Jurnal Pendidkan Dasar, 9(1), 35–46.

Sari, I. P. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematika Berdasarkan Perbedaan Gaya Belajar Siswa Kelas X Sma Negeri 6 Wajo Pada Materi Statistika. Jurnal Nalar Pendidikan, 5(2), 86–92.

Sepriyanti, N., & Tapia, C. (2018). The Development of Mathematics Comics Media on Linear Equations and Linear Inequalities of One Variable. SHS Web of Conferences 42, 1(15), 1–8.

Shirvani, H., & Guerra, F. (2015). Do High School Students with Different Styles Have Different Level of Math Anxiety ? Journal of European Education, 5(3), 20–27. https://doi.org/10.18656/jee.75891

Siniguian, T. M. (2017). Students Difficulty In Solving Mathematical Problems. International Journal of Advanced Research in Engineering and Applied Sciences, 6(2), 1–12.

Surya, E., & Syahputra, E. (2017). Analysis Mathematical Communication Skills Student At The Grade Ix Junior High School. International Journal Of Advance Research And Innovative Ideas In Education, 3(2), 2160–2164.

Utami, C., & Djuniadin, D. (2015). Pembelajaran Model Generatif Dengan Strategi Group Investigation Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Abstrak. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 4(1), 26–33.

Waluya, S. B. (2017). Analysis Mathematical Communication Skills Students In The Matter Algebra Based Nctm. IOSR Journal of Mathematics (IOSR-JM), 13(I), 60–66. https://doi.org/10.9790/5728-1301056066

Wilson, M. (2012). Students ’ Learning Style Preferences and Teachers ’ Instructional Strategies : Correlations Between Matched Styles and Academic Achievement. SRATE Journal, 22(1), 36–44.

Yang, E. F. Y., Chang, B., Cheng, H. N. H., & Chan, T. (2016). Improving Pupils ’ Mathematical Communication Abilities through Computer - Supported Reciprocal Peer Tutoring. Educational Technology & Society, 19(3), 157–169.

Yuli, R., Fauzi, & Awaluddin. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Mengerjakan Soal Matematika Di Kelas V SDN 37 Bnda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 124–131.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v14i1.10206

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika)

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: jppm@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika