ANALISIS LEARNING OBSTACLE DALAM MATERI HUBUNGAN ANTAR SUDUT SISWA KELAS VII

Yuni Nuraeni, Sukirwan Sukirwan, Etika Khaerunnisa

Abstract


Learning obstacle adalah kesulitan atau hambatan belajar yang dialami siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis learning obstacle yang terkait dengan materi hubungan antar sudut dan faktor penyebabnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data diperoleh melalui tes dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIG di SMPN 1 Ciruas. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh lima learning obstacle yang termasuk jenis epistemological obstacle. Learning obstacle tersebut yaitu siswa belum mampu mengidentifikasi pasangan sudut berpelurus dan bertolak belakang, rendahnya kemampuan siswa dalam menafsirkan soal, siswa belum mampu memahami hubungan antar sudut berpenyiku, kesalahan siswa dalam operasi hitung, dan siswa belum memahami sudut dalam bangun datar segitiga.


Full Text:

PDF

References


Dedy, E., dan Sumiaty, E. (2017). Desain Didaktis Bahan Ajar Matematika Sekolah Menengah Pertama Berbasis Learning Obstacle dan Learning Trajectory. JRPM jurnal review pendidikan matematika, 2 (1) : 69-80.

Fuadiah, N. F. (2015). Epistemological Obstacles on Mathematic’s Learning in Junior High School Students: A Study on The Operations of Integer Material. In Proceeding of the 2nd International Conference on Research, Implementation and Education of Mathematics and Sciences, : 315-322.

Jayanti dan Lusiana. (2016). Generatif (MPG) Pada Mata Kuliah Trigonometri di FKIP Universitas PGRI Palembang. Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang.

Khaerani, Ima Siti Aminah. (2013). Desain didaktis konsep limit fungsi trigonometri pada pembelajaran matematika SMA. (Skripsi). Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Legutko, M. (2008). An Analysis of Students’ Mathematical Errors in the Teaching Research Process. Handbook for Mathematics Teaching: Teacher Experiment. A Tool for Research: 141-152.

Malik, Noor Qomarudin. (2011) Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII SMP 4 Kudus dalam menyelesaikan Soal Matematika pada Pokok Bahasan Segiempat dengan Panduan Kriteria Polya.

Manibuy, Ronald, dan Mardiyana. Saputro, D. R. S. (2014). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Kuadrat Berdasarkan Taksonomi Solopada Kelas X SMA Negeri 1 Plus di Kabupaten Nabire – Papua. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. 2 (9): 933-945.

National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston, Va.: National Council of Teachers of Mathematics.

L. Nur’aeni, Epon dan Apriani, Ika Fitri. Analisis Proses Berpikir Aljabar Siswa Sekolah Dasar. (2016). Jurnal Pembelajaran Matematika, 3 (1) : 68-77.

Nurlaeli, R. (2009). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Subpokok Bahasan Hubungan Antarsudut. Skripsi: FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Sari, Permata Wulan., Fuadiah, Nyiayu Fahriza., dan Jayanti. (2019). Analisis Learning Obstacle Materi Segitiga Pada Siswa Smp Kelas VII. INDIKTIKA (Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika), 2 ( 1) : 21-29.

Suherman, Eman, dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontenporer. Bandung: JICA.

Sumarmo, U. (2003). Daya dan Disposisi Matematik; Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan pada Siswa Sekolah Dasar dan Menengah. Makalah disajikan pada Seminar Sehari di Jurusan Matematika ITB. Bandung.

Suryadi, Didi. (2010). Menciptakan proses belajar aktif: kajian dari sudut pandang teori belajar dan teori didaktik. Seminar Nasional Pendidikan Matematika UNP.

Suryadi, D. (2010). Metapedadidaktik dan Didactical Design Research (DDR) : Sintesis Hasil Pemikiran Berdasarkan Lesson Study. Bandung: FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia.

Suryadi, Didi. (2013) Metapedadidaktik dan Didactical Design Research (DDR) dalam Implementasi Kurikulum Praktik Lesson Study. Conference Handout. Surabaya.

Suryadi, D. (2016). Didactical Design Research (DDR): Upaya Membangun Kemandirian Berpikir Melalui Penelitian Pembelajaran. Makalah pada Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Unswagati, 1(1) : 1-13.

Suryadi, Didi. (2018). Landasan Filosofis Penelitian Desain Didaktis (DDR). Bandung: Departemen Pendidikan Matematika, UPI.

Willis, Ratna Dahar. (2011). Teori-teori belajar & pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Yusuf, Yusfita. R. Neneng, Titat . dan W. Tuti, Yuliawati. (2017). Analisis Hambatan Belajar (Learning Obstacle) Siswa SMP Pada Materi Statistika. Aksioma, 8 (1) : 76-86.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v14i1.10478

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika)

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: jppm@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika