LKS BERBASIS STEM YANG MENDUKUNG KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP

Jaenudin Jaenudin, Isna Rafianti, Novaliyosi Novaliyosi, Devi Sutini Martha

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi atas rendahnya kemampuan pemahaman konsep siswa dan kurangnya variasi bahan ajar yang dapat membekali siswa untuk menghadapi tantangan abad 21 termasuk memuat aktifitas pendukung pengembangan Lembar kerja siswa didalamnya. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui kelayakan produk Lembar Kerja Siswa berbasis STEM untuk mendukung kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada pelajaran matematika; (2) mengetahui respon siswa mengenai penggunaan LKS tersebut dalam pembelajaran matematika. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan mengadopsi model pengembangan (Research & Depvelopment) ADDIE. Tahapan penelitian yang dilakukan yaitu mengetahui Analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan Evaluasi. Hasil Penelitian menunjukan bahwa  : (1) telah dihasilkan Lembar Kerja Siswa matematika dengan pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) yang mendukung kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP yang layak digunakan ditinjau dari hasil uji validasi oleh ahli dengan presentase kelayakan mencapai 83,33%  berada pada interval lebih dari 3,40 yaitu 4,16 dengan kriteria sangat baik: dan (2) kualitas LKS berdasarkan respon siswa menunjukan kriteria sangat kuat dengan presentase 83,33%.


Full Text:

PDF

References


Becker, K., & park, K. (2011). Effect of integrative approaches Among Science, Technology, Enginering, and Mathematics (STEM) subjects on students’ learning: A preliminary meta-analysis. Journal of STEM Education: innovations and Research, 12(5/6) 23.

Tjahjono, (2007). Keefektifan Pembelajaran berbasis Masalah dengan Menggunakan Alat Peraga dan Lembar Kerja Siswa ( LKS ) terhadap Pemahaman Konsep siswa SMP. Skripsi Program Studi pendidikan Matematika, FmlPA. Semarang : Universitas Negeri Semarang.

Tegeh, M, dkk. (2015). Pengembangan Buku Ajar Model Penelitian Pengembangan dengan Model ADDIE. Jurnal Teknologi Pendidikan FIP Undiksha. Tidak diterbitkan [Tersedia Online di: http://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senari/article/download/507/352/ diakses pada tanggal 12 Februari 2019].

Pfeiffer, H. D., Ignatov, D, I., & Poelman, J. (2013). Conceptual structure for STEM research and education. 20th international conference on conceptual structures, proceedings, springer.

Setyosari, Punaji. (2010) Metode penelitian dan pengembangan. Jakarta: Kencana

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Warsita, Bambang (2008) Teknologi Pembelajaran: Landasan & Aplikasinya, Jakarta: Rineka.

Widyastuti, N. S. dan Pujiastuti, P. (2014). Pengaruh pendidikan matematika realistik indonesia (PMRI) terhadap pemahaman konsep dan berpikir logis siswa. Jurnal Prima Edukasi. [tersedia online di https://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/article/view/2718. Diakses pada tanggal 11 Mei 2020]




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v14i1.10508

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika)

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: jppm@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika