PENGEMBANGAN DESAIN RPP DAN ASESSMEN HARDSKILLS MATEMATIKA PESERTA DIDIK TINGKAT MENENGAH BERDASARKAN KURIKULUM 2013

Dona Dinda Pratiwi, Cahniyo Wijaya Kuswanto

Abstract


Setiap bahan ajar yang disiapkan berfungsi sebagai sarana penunjang pembelajaran agar kualitas pembelajaran dan pemahaman anak terus meningkat, karena bahan ajar cetak ini dilengkapi dengan materi yang diberikan dalam buku teks dan materi yang diberikan secara lisan. Tujuan pengembangan produk adalah untuk memfasilitasi desain RPP (RPP) dan penilaian hard skill matematika pada kurikulum 2013 tingkat menengah. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian R&D dengan pendekatan ADDIE yang melibatkan 3 orang ahli media dan 3 orang ahli materi untuk memberikan masukan terkait produk dan 30 guru matematika kompeten di 6 sekolah yang tersebar di Provinsi Lampung menjadi responden dalam penyusunan produk ini. Hasil penelitian menemukan bahwa handout ini menambah wawasan sekaligus memudahkan guru dalam menerapkan strategi, metode, dan pendekatan yang disusun ke dalam RPP. Selain itu, Handout ini memberikan kesempatan kepada guru untuk lebih mendalami kemampuannya dalam menyusun dan mengaplikasikan beberapa metode, model, pendekatan pembelajaran dalam membuat RPP dan kemudian mudah diterapkan. Bahan ajar ini merupakan alternatif dan kemudahan bagi guru untuk merancang RPP dan menilai hard skill matematis siswa tingkat menengah.


Full Text:

PDF

References


Aini, E. P., Masykur, R., & Komarudin, K. (2018). Handout Matematika berbantuan Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 73. https://doi.org/10.24042/djm.v1i1.1950

Arikunto, S. (2006). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.

Asrori. (2020). Psikologi Pendidikan Pendekatan Multidisipliner. CV. Pena Persada.

Bashith, A., & Amin, S. (2018). Comparative Analysis of Social Science (IPS) Learning Design on KTSP and K-13 Curriculum in Madrasah Tsanawiyah (MTs). Proceedings of the 1st International Conference on Recent Innovations, 1276–1284. https://doi.org/10.5220/0009926312761284

Darmayanti, S. (2020). Peningkatan kemampuan guru kelas dalam Penyusunan RPP berbasis pendekatan saintifik melalui Supervisi akademik MIN 1 Aceh Tenggara. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Vokasi (JP2V), 1(2). https://doi.org/10.32672/jp2v.v1i2.2065

Dewi Purwanti, R., Dinda Pratiwi, D., & Rinaldi, A. (2016). Pengaruh Pembelajaran Berbatuan Geogebra Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Gaya Kognitif Peserta Didik Kelas Vii Smp Negeri 2 Bandar Lampung. Al-Jabar, 7(1), 97–107. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i1.131

Hartati, L. (2015). Pengaruh Gaya Belajar dan Sikap Siswa pada Pelajaran Matematika terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(3). https://doi.org/10.30998/formatif.v3i3.128

Jenab, I. (2019). Supervisi Akademik Berkelanjutan Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Pada Penyusunan Silabus Dan Rpp. P2M STKIP Siliwangi, 6(1), 34. https://doi.org/10.22460/p2m.v6i1p34-50.1250

Kartowagiran, B., & Jaedun, A. (2016). Model asesmen autentik untuk menilai hasil belajar siswa sekolah menengah pertama (SMP): implementasi asesmen autentik di SMP. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 131–141. https://doi.org/10.21831/pep.v20i2.10063

Kunaenih, K. (2019). Penyuluhan Implementasi Kurikulum 2013 Revisi “Penerapan Literasi dalam Pembelajaran Kurikulum 2013 Revisi.” Dedication : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 31–38. https://doi.org/10.31537/dedication.v3i1.183

Nurhalim, M. (2014). Optimalisasi Kurikulum Aktual Dan Kurikulum Tersembunyi Dalam Kurikulum 2013. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 19(1), 115–132. https://doi.org/10.24090/insania.v19i1.466

Panji Yudha, R. (2019). Pengembangan Instrumen Asesmen Otentik Tes Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Matematika. M A T H L I N E : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 9–20. https://doi.org/10.31943/mathline.v4i1.101

Rismaini, L., Erdriani, D., & Dewimarni, S. (2019). Pengembangan Handout Berorientasi Strategi Pembelajaran Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 19 Nan

Sabaris. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, o4, 137.

Robert Maribe Branch. (2009). Intructional Design: The ADDIE Approach. Springer New York Dordrecht Heidelberg.

Sumiyati. (2010). Implementasi KTSP dalam Pembelajaran IPA SMP. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(1), 25. https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i1.429

Supiani, Sanapiah, & Juliangkary, dan E. (2017). Pengembangan Rpp Dengan Kerangka Elpsa Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Logika Matematika Siswa Kelas X Ma Nw Sepit Tahun Pelajaran 2016/2017. JMPM (Jurnal Media Pendidikan Matematika Dikelola Oleh Program Studi Pendidikan ), 5, 40. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/mpm.v5i1.504

Susanti, D. (2016). Profil Berpikir Kreatif Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2:), 15–24. https://doi.org/10.36456/buanamatematika.v6i2:.364

Wahab, W. (2009). Pelaksanaan KTSP Pada MTsN Malang III Kabupaten Malang. Analisa, 16(2), 229. https://doi.org/10.18784/analisa.v16i2.51

Wijaya Kuswanto, C., & Dinda Pratiwi, D. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Jasmani untuk Anak Usia Dini Berbasis Tematik. Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 55–68. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2020.61-05

Wulandari, P., Mujib, & Putra, F. G. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Investigasi Kelompok berbantuan Perangkat Lunak Maple terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(101–107). https://doi.org/https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i1.134




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v14i1.10574

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika)

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: jppm@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika