PENGARUH SUASANA LINGKUNGAN BELAJAR DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Indah Prawidia, Hikmatul Khusna

Abstract


Penelitian ini melaporkan tentang pengaruh suasana lingkungan belajar dan minat belajar siwa terhadap hasil belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 88 Jakarta dengan subjek penelitian adalah 70 siswa kelas XI dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa angket dan tes. Hasil perhitungan dengan menggunakan analisis regresi diperoleh variabel suasana lingkungan belajar t hitung sebesar 5,161 lebih besar dari t tabel sebesar 1,995. Variabel minat belajar siswa t hitung sebesar 4,730 lebih besar dari 1,995. Secara simultan variabel suasana lingkungan belajar dan minat belajar siswa berpengaruh sebesar 32,3% terhadap hasil belajar matematika. Hal tersebut menunjukkan terdapat pengaruh suasana lingkungan belajar dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar matematika.

 


Full Text:

PDF

References


Anggraini, Y., & Patmanthara, S. (2017). Pengaruh Lingkungan Belajar Dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Kompetensi Keahlian Elektronika Industri Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(12), 1650–1655. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Çetin-Dindar, A., Kırbulut, Z. D., & Boz, Y. (2014). Modelling between epistemological beliefs and constructivist learning environment. European Journal of Teacher Education, 37(4), 479–496. https://doi.org/10.1080/02619768.2014.944614

Fadillah, A. (2016). Analisis Minat Belajar Dan Bakat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. M A T H L I N E : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 113–122. https://doi.org/10.31943/mathline.v1i2.23

Firmansyah, D. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan UNSIKA, 3, 34–44.

Gunawan, I. (2017). Statistika Inferensial. Rajawali Pers.

Jehabun, S., Gunur, B., & Kurniawan, Y. (2020). Kecerdasan Emosional Dan Minat Belajar Matematika Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Math Didatic: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 25–38. https://doi.org/https://doi.org/10.33654/math.v6i1.801

Kurniawan, R. (2014). Pengaruh Lingkungan Sekolah, Motivasi Belajar Dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Peralatan Kantor Kelas X Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013. Economic Education Analysis Journal, 2(3), 96–105.

Kusumawati, O. D. T., Wahyudin, A., & Subagyo. (2017). Pengaruh Pola Asuh , Lingkungan Masyarakat dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa SD Kecamatan Bandungan. Educational Management, 6(2), 87–94.

Lestari, I. (2014). Pengaruh Waktu Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 3(2), 115–125. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v3i2.118

Luketic, C. D., & Dolan, E. L. (2013). Factors influencing student perceptions of high-school science laboratory environments. Learning Environments Research, 16(1), 37–47. https://doi.org/10.1007/s10984-012-9107-5

Novianti, R. (2019). Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MAN 2 Palembang. J u r n a l P A I R a d e n F a t a H, 1(1), 1–20.

Pangestu, A. D., Samparadja, H., & Tiya, K. (2015). Pengaruh Minat terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Negeri 1 Uluiwoi Kabupaten Kolaka Timur. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 3(2), 17–26.

Purbiyanto, R., & Rustiana, A. (2018). Pengaruh Disiplin Belajar, Lingkungan Keluarga, dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Economic Education Analysis Journal, 7(1), 341–361.

Rochaety, E., Tresnati, R., & Latief, A. M. (2019). Metodologi penelitian bisnis dengan aplikasi SPSS. In Jakarta: Mitra Wacana Media.

Sirait, E. D. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Formatif, 6(1), 35–43. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v6i1.750

Slameto. (2018). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. PT RINEKA CIPTA.

Sudjana, N. (2020). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT REMAJA ROSDAKARYA.

Tambunan, P., Ardhiansyah, M. F., & Kurniawan, M. G. (2020). Pengaruh Suasana Lingkungan Belajar Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Produktif. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil (JPenSil), 9(3), 165–171. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i3.16674

Trisnowali, A. (2017). Pengaruh Motivasi Berprestasi, Minat Belajar Matematika, Dan Sikap Belajar Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Sman 2 Watampone. MaPan, 5(2), 259–278. https://doi.org/10.24252/mapan.v5n2a8

Tshewang, R., Chandra, V., & Yeh, A. (2017). Students’ and teachers’ perceptions of classroom learning environment in Bhutanese eighth-grade mathematics classes. Learning Environments Research, 20(2), 269–288. https://doi.org/10.1007/s10984-016-9225-6




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v14i2.11841

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika)

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Jakarta Km 4 Pakupatan Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: jppm@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika