META ANALISIS: MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING

Lailatus Syarifah, Iis Holisin, Shoffan Shoffa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah Systematic Literature Review dengan menganalisis artikel ilmiah nasional maupun internasional dengan media digital platform google scholar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan Matematika. Pengaruh yang paling besar apabila digunakan pada peserta didik di jenjang SMP dan SMA. Hal ini ditunjukkan dengan nilai Effect Size sebesar 0.75 dan 0.65. nilai tersebut memberikan efek sedang. Materi pelajaran yang berpengaruh tinggi digunakan pada materi bangun ruang dan turunan nilai Effect Size 1.08 dan 0.77. Dari subjek media yang digunakan lebih berpengaruh bila digunakan dengan media geogebra. Namun jika tidak menggunakan media itu juga berpengaruh terlhat dengan nilai Effect Size yang ditimbulkan sebesar 1.02 dan 0.78. Selain itu Project Based Learning memberikan efek tinggi terhadap kemampuan pemecahan masalah dengan Effect Size sebesar 0.91.


Full Text:

PDF

References


Ajib Amarullah, M. (2019). Efektivitas model pembelajaran project based learning berbantu media rancang bangun ruang google sketchup terhadap kemampuan berpikir kreatif pada materi pokok bangun ruang sisi datar (prisma dan limas) siswa kelas VIII SMPN 1 Karanganyar Demak tahun ajar.

Asror, A. H. (2016). META-ANALISIS : PBL. 508–513.

Azis, Herianto, A. (2021). Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Peningkatan Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika Siswa SMP. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 7, 93–99.

Gerhana, M. T. C., Mardiyana, M., & Pramudya, I. (2017). The Effectiveness of Project Based Learning in Trigonometry. Journal of Physics: Conference Series, 895(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012027

Gunawan, D., Duskri, M., & Sari, N. T. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Melalui Model Project Based Learning Pada Siswa Smp/Mts. Jurnal Peluang, 7(2), 85–92. https://doi.org/10.24815/jp.v7i2.15100

Islamiyah, Z. H., & Lestari, W. E. (2018). Pengaruh Model Project-Based Learning Berbasis Alat Peraga Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII MTS Raudhatul Thalabah. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 6(2), 139–148. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v6i2.300

Isnur Indratno, S., Joko, I., & Andy Purnomo, E. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Materi Bangun Ruang Kelas Viii. SEMINAR NASIONAL EDUSAINSTEK FMIPA UNIMUS 2018, 561–568.

Khikmah, A. (2015). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Keaktifan dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Garis dan Sudut Kelas VII MTs Tarbiyatul Mubtadiin Wilalung Tahun Pelajaran 2014/2015.

Maysarah, S. (2017). Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematik siswa melalui model Project Based Learning berbantuan MS.Excel dikelas XI SMA Asy-syafi’iyah Internasional Medan. VI(2), 25–35.

Nugraha, H. D., Poniman, D., Kencanasari, R. A. V., Maosul, A., & Rusydi, M. I. (2020). Meta-Analisis Model Pembelajaran Vokasi dalam Kondisi Covid-19. Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin, 5(2), 83–94. https://doi.org/10.21831/dinamika.v5i2.34779

Nurhadi. (2020). Teori Kognitivisme Serta Aplikasinya Dalam Pembelajaran. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 2(1), 13–10. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi

Retnawati, H., Apino, E., Kartianom, Djidu, H., & Anazifa, R. D. (2018). Pengantar Analisis Meta (E. Apino (ed.); Pertama, Issue August 2019). Parama Publishing.

Rosinda Tinenti, Y. (2018). Model pembelajaran berbasis proyek (PBP) dan penerapannya dalam proses pembelajaran di kelas. DEPUBLISH.

Safitri, M. (2019). Pengaruh model pembelajaran Project Based Learning dan Problem Based Learning untuk meningkatkan berpikir kreatif matematis siswa.

Satrianawati, & Hidayah, N. (2017). Model pembelajaran untuk keterampilan abad 21 (1st ed.). DEPUBLISH.

Septikasari, R., & Nugraha Frasandy, R. (2018). Keterampilan 4C abad 21 dalam pembelajaran pendidikan dasar. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, 8(2), 107–117. https://doi.org/10.1016/j.jacc.2020.04.015

Shoffa, S., Holisin, I., Palandi, J., Cacik, S., Indriyani, D., Supriyanto, E. E., Basith, A., & Giap, Y. C. (2021). Perkembangan Media Pembelajaran Di Perguruan Tinggi (M. I. Ariful Fathoni (ed.); 1st ed., Issue February). CV. AGRAPANA MEDIA.

Sucipta, N. P. E., Candiasa, I. M., & Sukajaya, I. N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan Geogebra Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII Smp Pgri 2 Denpasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 7(2), 131–141.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v14i2.11905

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika)

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Jakarta Km 4 Pakupatan Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: jppm@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika