PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENDEKATAN STRUKTURAL THINK PAIR SQUARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Sri Sukmawati, Anton Nasrullah

Abstract


Penelitian ini membahas tentang penerapan model pembelajaran kooperatif pendekatan struktural Think Pair Square (TPS) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa di kelasVIII-4 MTs Al Huda Pekanbaru pada materi pokok Bangun Ruang Sisi Datar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif pendekatan Struktural Think Pair Square (TPS) tersebut dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelasVIII-4 MTs Al Huda Pekanbaru pada semester genap TP 2012/2013. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif dengan subjek penelitian adalah seluruh siswa di kelasVIII-4 MTs Al Huda Pekanbaru Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus atau 8 kali pertemuan. Dari analisa data diketahui bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif pendekatan Struktural Think Pair Square (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa di kelasVIII-4 MTs Al Huda Pekanbaru pada materi pokok Bangun Ruang Sisi Datar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Model Kooperatif TPS memberikan dampak positif terhadap  prestasi belajar siswa.

 

Kata kunci: Kooperatif, Struktural, Think Pair Square, Hasil Belajar.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v10i1.1204

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: [email protected] |Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika