PENGARUH INTERAKSI PEMBELAJARAN DAN LEVEL SEKOLAH TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

Hayatun Nufus

Abstract


Penelitian ini mengkaji pengaruh interaksi pembelajaran dengan menggunakan aktivitas quick on the draw dalam tatanan pembelajaran kooperatif dan level sekolah terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa. Subjek pada penelitian ini adalah tiga Sekolah Menengah Pertama di Pekanbaru yang masing-masing mewakili sekolah level tinggi, sedang, dan rendah dengan teknik pengambilan sampel stratified sampling dan purposive sampling. Metode yang digunakan adalah kuasi ekperimen dengan desain pretest-posttest kelompok tanpa acak serta melibatkan dua kelas dari setiap sekolah yang masing-masingnya sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi instrumen tes komunikasi matematis beserta alternatif jawabannya, serta perangkat pembelajaran yang terdiri atas silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Lembar Kerja Siswa, set kartu pertanyaan, dan lembar jawaban kartu pertanyaan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Data diolah dan dianalisis dengan menggunakan ANOVA dua jalur. Pengolahan data menggunakan bantuan SPSS 16 dan Microsof. Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan interaksi faktor pembelajaran dan level sekolah terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa.

 

Kata kunci: Interaksi, Pembelajaran, Level Sekolah, Komunikasi Matematis.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v10i1.1206

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: jppm@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika