ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMK PADA MATERI TURUNAN FUNGSI ALJABAR

Sonia Aprilliana Hartuti, Dani Firmansyah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis menurut prosedur polya melalui tes pada materi turunan fungsi aljabar untuk siswa kelas XII SMK. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Langkah dalam penyelesaian masalah matematis terdiri dari empat langkah, yaitu: pemahaman masalah, lalu melakukan perencanaan masalah, kemudian mengimplementasikan perencanaan masalah yang telah dibuat, selanjutnya menafsirkan kesimpulan untuk solusinya. Sampel yang digunakan adalah 12 siswa, kemudian dipilih 3 siswa melalui wawancara yang dikelompokkan berdasarkan hasil tes. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes dan wawancara  tak terstruktur. Instrumen yang digunakan adalah tes soal uraian mengenai kemampuan pemecahan masalah matematis. Diperoleh bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berdasarkan empat aspek prosedur polya yaitu bahwa rata-rata nilai pada siswa SMKN 1 Rengasdengklok untuk siswa ke-1  dengan perolehan nilai akhir rata-rata sebesar 100 dengan kategori yang didapat yaitu sangat baik, untuk siswa ke-2 dengan nilai 60 berada pada kategori cukup dan untuk siswa ke-3 dengan nilai akhir rata-rata yang diperoleh siswa adalah 20 berada pada kualifikasi dengan kategori sangat kurang. Kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematis saat mempelajari matematika ditentukan oleh kemampuan awal siswa berada pada kualifikasi baik, karena sudah mengetahui materi prasyarat yang sesuai dengan cakupan materi turunan fungsi aljabar. Kata Kunci: Analisis, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Turunan Fungsi Aljabar

Full Text:

PDF

References


Aida, N., Kusaeri, K., & Hamdani, S. (2017). Karakteristik Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika Ranah Kognitif yang dikembangkan Mengacu pada Model PISA. Suska Journal of Mathematics Education, 3(2), 130.

https://doi.org/10.24014/sjme.v3i2.3897

Akbar, P., Hamid, A., Bernard, M., & Sugandi, A. I. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematik Siswa Kelas XI SMA Putra Juang Dalam Materi Peluang. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 144–153.

https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.62

Albay, E. M. (2019). Analyzing the effects of the Problem Solving Approach to the Performance and Attitude of First Year University Students. Social Sciences & Humanities Open, 1(1), 100006.

https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2019.100006

Amaliah, F., Sutirna, S., & Zulkarnaen, R. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Segiempat dan Segitiga. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 12(1), 10–20.

https://doi.org/10.26877/aks.v12i1.7202

Bradshaw, Z., & Hazell, A. (2017). Developing Problem-solving Skills in Mathematics: a Lesson Study. International Journal for Lesson and Learning Studies, 6(1), 32–44. https://doi.org/10.1108/IJLLS-09-2016-0032

Creswell, J. W. (2017). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Pustaka Pelajar.

Ersoy, E. (2016). Problem Solving and Its Teaching in Mathematics. The Online Journal of New Horizons in Education, 6(2), 79–87.

Fitria, N. F. N., Hidayani, N., Hendrian, H., & Amelia, R. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP dengan Materi Segitiga dan Segiempat. Edumatica, 08(1), 49–57.

Gais, Z., & Afriansyah, E. A. (2018). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal High Order Thinking Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 255–266. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i2.313

Lubis, J. N., Panjaitan, A., Surya, E., & Syahputra, E. (2017). Analysis Mathematical Problem Solving Skills of Student of the Grade VIII-2 Junior High School Bilah Hulu Labuhan Batu. International Journal of Novel Research in Education and Learning, 4(2), 131–137.

Lusi Nuraeni, Huri Suhendri, & Aulia Masruroh. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Peserta Didik Kelas VIII SMP. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 1(3), 159–171. https://doi.org/10.46306/lb.v1i3.34

Mawaddah, S., & Anisah, H. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 166–175.

https://doi.org/10.20527/edumat.v3i2.644

Netriwati. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matetamatis Berdasarkan Teori Polya Ditinjau dari Pengetahuan Awal Mahasiswa IAIN Raden Intan Lampung. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(9), 181–190.

Nissa, I. C. (2015). Pemecahan Masalah Matematika (Teori dan Contoh Praktek). Duta Pustaka Ilmu.

Nuramalina, Y., Hendrayana, A., & Khaerunnisa, E. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Melalui Aktivitas Rigorous Mathematical Thinking Ditinjau dari Kemampuan Awal dan Gaya Belajar. Jppm, 13(1), 133–149.

Phonapichat, P., Wongwanich, S., & Sujiva, S. (2014). An Analysis of Elementary School Students’ Difficulties in Mathematical Problem Solving. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 116(2012), 3169–3174.

https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.728

Rizky Novriani, M., & Surya, E. (2017). Analysis of Student Difficulties in Mathematics Problem Solving Ability at MTS Swasta Ira Medan. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR) International Journal of Sciences: Basic and Applied Research, 33(3), 63–75. http://gssrr.org/index.php?journal=JournalOfBasicAndApplied

Schoenfeld, A. H. (1992). Learning to Think Mathematically: Problem Solving, Metacognition, and Sense Making in Mathematics. Eectronic Journal, 334–370. https://doi.org/10.1177/002205741619600202

Suryani, M., Jufri, L. H., & Putri, T. A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Kemampuan Awal. Musharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 119–130.

Wahyudi, & Anugraheni, I. (2017). Strategi Pemecahan Masalah Matematika. Satya Wacana University Press.

Wardani, D. A., Fathani, A. H., & Alifiani. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) ditinjau dari Kecerdasan Majemuk. Journal Pendidikan Dan Profesi Pendidik, 16(19), 79–86.

Widodo, S. A., Istiqomah, Leonard, Nayazik, A., & Prahmana, R. C. I. (2019). Formal Student Thinking in Mathematical Problem-Solving. Journal of Physics: Conference Series, 1188(1).

https://doi.org/10.1088/1742-6596/1188/1/012087

Yuwono, T., Supanggih, M., & Ferdiani, R. D. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Prosedur Polya. Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 137–144.

https://doi.org/10.21274/jtm.2018.1.2.137-144




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v16i1.14507

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika)

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: jppm@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika