PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DITINJAU DARI KECEMASAN MATEMATIKA SISWA SMK

Dendy Alvariz, Asih Miatun

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan profil kemampuan berpikir kritis ditinjau dari kecemasan matematika siswa smk farmasi. Subjek yang digunakan adalah 33 siswa kelas XII Farmasi Bhumi Husada. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan angket kecemasan matematika, tes kemampuan berpikir kritis, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan (1) Siswa dengan kecemasan matematika tinggi memenuhi indikator kemampuan berpikir kritis yaitu interprestasi dengan kategori baik (80%), dan analisis dengan kategori cukup (75%); (2) Siswa yang kecemasan sedang memenuhi indikator kemampuan berpikir kritis matematika yaitu interprestasi dengan kategori cukup (70%), analisis dengan kategori baik (80%), evaluasi dengan kategori cukup (70%), inferensi dengan kategori cukup (65%); dan (3) siswa yang kecemasan rendah mampu memenuhi kemampuan berpikir kritis, indikator interprestasi dengan kategori sangat baik (95%), analisis dengan kategori baik (85%), dan evaluasi dengan kategori sangat baik (90%).

 

Kata kunci: pendidikan matematika, berpikir kritis, kecemasan matematika


Full Text:

PDF

References


Anditya, Rifin & Murtiyasa, B. (2016). FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KECEMASAN MATEMATIKA. 1–10.

Arpin, H. (2015). Pengaruh Tingkat Kecemasan Matematika Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran.

Asrawati, N. (2021). Pengaruh Mathematics Anxiety Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X Smk Kartika Makassar. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 1(1), 23–31. https://doi.org/10.51574/jrip.v1i1.10

Auliya, R. N. (2016). KECEMASAN MATEMATIKA DAN PEMAHAMAN. Jurnal Formatif, 6(20), 12–22.

Dewi, D. I., Cahyono, B., Tsani, D. F., Negeri, U. I., & Semarang, W. (2022). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka saat Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika. Circle : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 51–59. http://e-journal.iainpekalongan.ac.id/index.php/circle

Facione, P. . (2015). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. Insight Assesment, 978-1-891557-07–1. https://www.insightassessment.com/CT-Resources/Teaching- For-and-About-Critical-Thinking/Critical-Thinking-What-It-Is-and-Why-It-Counts/Critical-Thinking-What-It-Is-and-Why-It-Counts-PDF

Faradillah, A., & Humaira, T. (2021). Mathematical Critical Thinking Skills Senior High School Student Based on Mathematical Resilience and Domicile. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1978–1991. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.682

Hadi, F. Z., Fathurrohman, M., & Hadi, C. A. (2020). KECEMASAN MATEMATIKA DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. ALGORITMA: Journal of Mathematics Education, 2(1), 59–72. https://doi.org/10.15408/ajme.v2i1.16312

Handayani, D., Hadi, D. rendra, Isbaniah, F., Burhan, E., & Agustin, H. (2020). Multi-Drug Resistance Tuberculosis : 40(2).

Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan RI. (2021). Keputusan Bersama Menteri (Pendidikan Dan Kebudayaan,Agama,Kesehatan,Dalam Negeri) Tentang Penyelenggaraan Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid 19. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 12–26.

Kharisma, E. N. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMK Pada Materi Barisan dan Deret. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 3(1), 62–75. https://doi.org/10.15642/jrpm.2018.3.1.62-75

Masyithoh, D., & Arfinanti, N. (2021). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (Ptmt) Pada Era New Normal Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Madrasah Aliyah. Sigma : Jurnal Pendidikan Matematika, 13, 160–167.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi penelitian kualitatif.

Mutakinati, L., & Anwari, I. (2018). Jurnal Pendidikan IPA Indonesia ANALYSIS OF STUDENTS ’ CRITICAL THINKING SKILL OF MIDDLE SCHOOL THROUGH STEM EDUCATION PROJECT-BASED LEARNING. 7(1), 54–65. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i1.10495

Nabilah, E., Umam, K., Azhar, E., & Purwanto, S. E. (2021). Kecemasan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Modelling Matematika Pada Praktek Kelas Virtual. International Journal of Progressive Mathematics Education, 1(1), 41–60. https://doi.org/10.22236/ijopme.v1i1.6595

Nindiani, S., & Miatun, A. (2022). Profil Kemampuan Pemahaman Konsep Ditinjau dari Kecemasan Matematis Siswa SMP pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. 5(1).

Nurjanah, I., & Alyani, F. (2021). Kecemasan Matematika Siswa Sekolah Menengah pada Pembelajaran Matematika dalam Jaringan. 7(2), 407–424. https://doi.org/10.29408/jel.v7i2.3522

Pendidikan Menteri, Kebudayaan, D. A. N., & Indonesia, R. (2016). PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHU 2016.

Pitta, C. (2014). Kemampuan berpikir kritis siswa smp melalui problem based instruction (pbi) pada sub-konsep pencemaran air skripsi.

Putri, S. A. (2019). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika dibedakan dari tingkat kecemasan. digilib.uinsby.ac.id

Rani, F. N., & Napitupulu, E. (2015). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DI SMP NEGERI 3 STABAT. Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika, 1–7.

Rifqi, M., Fifari, A., & Winarso, W. (2020). Kecemasan dan Kebiasaan Belajar Matematika terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Matematika. Suska Journal of Mathematics Education, 6(1), 47–60.

Rohaeti, T., & Pratiwi, I. (2021). Kecemasan Matematika Peserta Didik Di Era Covid-19 Dan Alternatif Solusinya. Int∑gral, 12(1), 19–25.

Rohmah, N. Z., & Mashuri. (2021). Mathematical critical thinking ability in terms of mathematical anxiety in Smart Card assisted Brain-Based Learning model. 10(20), 63–70. https://doi.org/10.15294/ujme.v10i1.41858

Rowldotul jannah, R. nurlaily, Wicaksana, P. T. S., Kartikasari, L., & Fiangga, S. (2020). BERPIKIR KRITIS DALAM PEMECAHAN MASALAH OPEN-ENDED DITINJAU DARI KECEMASAN MATEMATIKA. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 237–249. https://doi.org/10.36526/tr.v4i1.907

Saputra, H. (2020). Kemampuan Berfikir Kritis Matematis. Perpustajaan IAI Agus Salim, April, 1–7.

Sarjana, K., Apsari, R. A., Novitasari, D., & Intan, N. M. (2021). Evolusi : Journal of Mathematics and Sciences Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. 5, 95–101.

Simorangkir, M. R. R., Manalu, R. U., & Masta, N. (2021). Prediction and analysis of mathematics anxiety disorders in adolescents during the pandemic. Solid State Technology, 64(2), 3042–3049. http://solidstatetechnology.us/index.php/JSST/issue/view/52

Sulistiani, E. &Masrukan. (2016). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Tantangan MEA. 605–612.

Tresnawati, T., Hidayat, W., & Rohaeti, E. E. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Kepercayaan Diri Siswa Sma. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 2, 116–122. https://doi.org/10.23969/symmetry.v2i2.616

Zakaria, P., & Silalahi, F. D. (2021). DESKRIPSI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN DARING PADA MATERI SEGI EMPAT. 9(1), 0–7. https://doi.org/https://doi.org/10.34312/euler.v9i1.10539




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v16i1.16414

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika)

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: jppm@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika