MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA JENJANG SMP: STUDI META-ANALISIS
Abstract
Kemampuan berpikir kritis merupakan keterampilan yang diperlukan pada saat ini, kemampuan tersebut perlu ditanamkan melalui pendidikan di lingkungan sekolah yang salah satunya pada pembelajaran matematika. Pemilihan model pembelajaran juga turut berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis, salah satunya model pembelajaran kooperatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran kooperatif dan pemilihan materi pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah systematic literature review yang menganalisis sebanyak 13 artikel yang didapatkan melalui google scholar sebagai basis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh model pembelajaran kooperatif terhadap kemampuan berpikir kritis pada jenjang pendidikan SMP baik pada pemilihan tipe model pembelajaran koperatif dan juga pada materi pembelajaran matematika. Model pembelajaran kooperatif tipe group investigation memiliki effect size yaitu 2,23 yang termasuk dalam interpretasi efek sangat besar sehingga lebih tepat digunakan terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik SMP pada materi bangun ruang sisi datar.
Full Text:
PDFReferences
Akhidayat, A. M., & Hidayat, W. (2018). Pengaruh Kemandirian Belajar Matematik Siswa Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, I(6), 1045-1054. doi:http://dx.doi.org/10.22460/jpmi.v1i6.p1045-1054
Anggraeni, Y., Nurhasanah, E., & Mubarika, M. P. (2020). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir kritis Siswa SMP. Pasundan Journal of Mathematics Education (PJME), X(2), 36-50. Diambil kembali dari https://journal.unpas.ac.id/index.php/pjme/article/view/2600
Azizah, M., Sulianto, J., & Cintang, N. (2018). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Pendidikan, XXXV(1), 61-70. doi:https://doi.org/10.15294/jpp.v35i1.13529
Badwi, A. (2016). Konsep Berpikir Dalam AlQuran. Ash-Shahabah, II(1), 50-63. Diambil kembali dari https://123dok.com/document/q0pgl1gz-konsep-berpikir-dalam-alquran.html
Beliuk, E. S. (2018). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa di SMP Negeri 108 Jakarta. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, (hal. 325-333). Diambil kembali dari https://journal.uhamka.ac.id/index.php/senamku/article/view/2672
Cahyani, N. P., Dantes, N., & Rati, N. W. (2020). Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, IV(3), 363-370. doi:https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.27410
Denensi, F., Gunur, B., & Jehadus, E. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay-Two Stray dengan Numbered Head Together terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, V(1), 49-61. doi:https://doi.org/10.26877/jipmat.v5i1.5725
Desy. (2020). Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, XII(1), 1-14. doi:https://doi.org/10.23887/jjpe.v12i1.25317
Dores, O. J., Wibowo, D. C., & Susanti, S. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. J-PiMat, II(2), 242-254. doi:https://doi.org/10.31932/j-pimat.v2i2.889
Efendi, J. F., & Syarifuddin. (2021). Pendidikan Matematika Realistik Berbasih Budaya dalam Pembentukan Karakter. de Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, IV(1), 24-32. Diambil kembali dari https://jurnal.pmat.uniba-bpn.ac.id/index.php/DEFERMAT/article/view/178
Erdogan, F. (2019). Effect of Cooperative Learning Supported by Reflective Thinking Activities on Students’ Critical Thinking Skills. Eurasian Journal of Educational Research, 89-112. Diambil kembali dari https://eric.ed.gov/?id=EJ1211625
Eviyanti, C. Y., Rista, L., & Hadijah, S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Investigasi Kelompok Melalui Media Domino Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, IV(2), 999-1010. doi:https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.336
Faisal. (2021, November 9). Diambil kembali dari PublikasiIndonesia.id: https://publikasiindonesia.id/blog/apa-itu-google-scholar/
Fauzi, M., & Anugraheni, I. (2020). Meta Analisis Model PBK terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di SD. PIONIR Pendidikan, IX(2), 14-26. doi:http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v9i2.8321
Hadi, S., & Novaliyosi. (2019). TIMSS Indonesia (Trends In International Mathematics and Science Study). Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi (hal. 562-569). Tasikmalaya: Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi. Diambil kembali dari https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/sncp/article/view/1096/754
Hasanah, Z. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. IRSYADUNA: Jurnal Studi Kemahasiswaan, I(1), 1-13. Diambil kembali dari https://jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/irsyaduna/article/view/236
Herlina, M., Rahayu, I. Y., & Wiksya, D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap Berpikir Kritis dan Keterampilan Sosial Siswa dalam Pembelajaran IPA Biologi Kelas X SMAN 2 Argamakmur. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biolog, III(2), 142-152. doi:https://doi.org/10.33369/diklabio.3.2.142-152
Hilwah, B. A., & Farihah, U. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation (GI) dan Numbered Head Together (NHT) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VIII pada Konsep Bangun Ruang Sisi Datar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (hal. 96-102). Jember: SEMNASMAT. Diambil kembali dari http://research-report.umm.ac.id/index.php/semnasmat/article/view/2915
Kholik, A., Holisin, I., & Kristanti, F. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Guided Inquiry pada Pokok Bahasan Garis Singgung Lingkaran pada Siswa Madrasah Tsawaniyah. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, I(1), 1-9. doi:http://dx.doi.org/10.30651/must.v1i1.94
Kholili, A., Shoffa, S., & Soemantri, S. (2021). Pembelajaran Matematika Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa : Kajian Meta Analisis. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, IV(6), 1441-1452. doi:http://dx.doi.org/10.22460/jpmi.v4i6.p%25p
Krisnahari, K., Astawa, G., & Gita, I. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Investigasi Kelompok Berbantuan LKPD terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2
Sawan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia, VIII(2), 153-160. doi:https://doi.org/10.23887/jppm.v8i2.2853
Lestari, A. C., & Annizar, A. M. (2020). Proses Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah PISA ditinjau dari Kemampuan Berpikir Komputasi. Jurnal Kiprah, VIII(1), 46-55. doi:https://doi.org/10.31629/kiprah.v8i1.2063
Lestari, I., Shoffa, S., & Suryaningtyas, W. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Model Kooperatif Tipe TGT-HOTS ( Teams Games Tournament-High Order Thinking Skill) pada Materi Trigonometri Kelas X SMA Muhammadiyah 4 Surabaya. Seminar Nasional Pendidikan Matematika HIMAPTIKA UMSurabaya (hal. 31-44). Surabaya: Universitas Muhammadiyah Surabaya. Diambil kembali dari http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pro/article/view/4342
Marhendra, A. G., Suryaningtyas, W., & Kristanti, F. (2016). Penggunaan Model Pembelajaran Blended Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas VII di SMPN 38 Surabaya. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, I(1), 10-20. doi:http://dx.doi.org/10.30651/must.v1i1.97
Nurbaety, H. (2021). Model Pembelajaran Jigsaw Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Unsur-Unsur Interinsik Cerpen. Dirasah, IV(2), 154-172. doi:https://doi.org/10.51476/dirasah.v4i2.282
Palupi, I. D., & Rayu, T. S. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Group Investigation (GI) dan Teams Games Tournament (TGT) Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. TSCJ, IV(1), 10-20. doi:https://doi.org/10.23887/tscj.v4i1.33451
Pamungkas, M. D. (2019). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Menggunakan Think Pair Share dengan Pendekatan Saintifik pada Matematika. THEOREMS, IV(1), 115-124. doi:http://dx.doi.org/10.31949/th.v4i1.1315
Pratimi, A. Z., Suhartono, S., & Salimi, M. (2019). Penerapan model pembelajaran group investigation untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Harmoni Sosial, VI(2), 164-174. doi:https://doi.org/10.21831/hsjpi.v6i2.23535
Purwati, R., Hobri, & Fatahillah, A. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Persamaan Kuadrat pada Pembelajaran Model Creative Problem Solving. Kadikma, VII(1), 84-93. doi:https://doi.org/10.19184/kdma.v7i1.5471
Rahmatika, A. (2022). The Effect Of Think-Talk-Write Cooperative Learning Assisted By Geogebra Software On Students' Critical Thinking (Case Study Of SMA Al-Hidayah (Medan). IJEMS: Indonesian Journal of Education and Matemathical Science, III(1), 1-.8. doi:http://dx.doi.org/10.30596%2Fijems.v3i1.9877
Rahmawati, Y., Hamid, H., & Izzatin, M. (2019). Kooperatif Tipe TAPPS Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau Dari Disposisi Matematis. Mathematic Education And Aplication Journal, I(1), 73-84. doi:https://doi.org/10.35334/meta.v1i1.846
Samosir, R. N. (2020). Perbandingan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Yang Diajar dengan Menggunakan Model Discovery Learning dan Kooperatif Tipe Make A Match dengan Media Kartu Soal pada Materi Teorema Pythagoras. INSPIRATIF, VI(1), 24-36. doi:https://doi.org/10.24114/jpmi.v6i1.19180
Sari, Y. Y. (2020). Pengaruh Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) Berbantuan Bahan Ajar Gamifikasi terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Self Confidence Siswa. Lampung. Diambil kembali dari http://repository.radenintan.ac.id/11083/1/SKRIPSI%20%202.pdf
Simamora, M. I. (2019). Perbedaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Script dengan Group Investigation terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter, II(2), 1-7. doi:https://doi.org/10.31764/pendekar.v2i2.2815
Sunaryo, Y. (2014). Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Matematik Siswa SMA Di Kota Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan dan Keguruan, I(2), 41-51. Diambil kembali dari https://www.neliti.com/id/publications/209679/model-pembelajaran-berbasis-masalah-untuk-meningkatkan-kemampuan-berpikir-kritis
Sutamrin, & Khadijah. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dalam Project Based Learning Aljabar Elementer. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, IV(1), 28-41. doi:https://doi.org/10.46918/equals.v4i1.892
Syarif, M. (2017). Hakekat Manusia dan Implikasinya Pada Pendidikan Islam. Al-Thariqah, II(2), 135-147. doi:https://doi.org/10.25299/althariqah.2017.vol2(2).1042
Syarifah, L., Holisin, I., & Shoffa, S. (2021). Meta Analisis: Model Pembelajaran Project Based Learning. JPPM (Jurnal Peneltian dan Pembelajaran Matematika, XIV(2), 256-272. doi:http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v14i2.11905
Tamsar, T. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Kelas VIII SMP. Cartesius: Jurnal Pendidikan Matematika, I(1), 49-61. doi:https://doi.org/10.54367/cartesius.v1i1.474
Tamur, M., Subaryo, Ramda, H. A., Nurjaman, A., Fedi, S., & Hamu, A. (2021). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Journal of Honai Math, IV(2), 173-182. doi:http://dx.doi.org/10.30862/jhm.v4i2.201
Umam. (2017). Analisis Kemampuan Siswa Berpikir Kritis Matematika pada Materi Kubus dan Balokdi Kelas VIII SMP NegeriI 19 Percontohan Banda Aceh. Al-Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, I(2), 134-145. doi:http://dx.doi.org/10.22373/jppm.v1i2.3427
Utami, M. C., Jahar, A. S., & Zulkifli. (2021). Tinjauan Scoping Review dan Studi Kasus. RADIAL, IX(2), 152-172. Diambil kembali dari https://stitek-binataruna.e-journal.id/radial/article/view/231
Wicaksono, B., Sagita, L., & Nugroho, W. (2017). Model Pembelajaran Group Investigation (GI) dan Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Aksioma, VIII(2), 1-8. doi:https://doi.org/10.26877/aks.v8i2.1876
Widayati, Suyono, & Rahayu, W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Penemuan terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Self Concept dengan Mengontol Kemampuan Awal Peserta Didik Kelas VII SMP. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, XI(1), 94-104. doi:http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v11i1.2988
Wijarnako, Y. (2017). Model Pembelajaran Make a Match untuk Pembelajaran IPA yang Menyenangkan. Jurnal Taman Cendekia, I(1), 52-59. doi:https://doi.org/10.30738/tc.v1i1.1579
Yuliana, M., Suryaningtyas, W., & Shoffa, S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Metode Mnemonik Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X di SMA Muhammadiyah 1 Surabaya. MUST: Journal of Mathematics Education, Science, and Technology, II(1), 142-164. doi:http://dx.doi.org/10.30651/must.v2i1.530
Yuniarsih, S. (2020, Oktober 2). Untukmu Guruku. Diambil kembali dari Jawa Pos: https://radarsemarang.jawapos.com/artikel/untukmu-guruku/2020/10/02/belajar-aljabar-mudah-dengan-media-pensil-dan-krayon/
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v16i1.16826
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika)
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .
JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).
Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: [email protected] |
Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika