PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA DENGAN BANTUAN E-LKS BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING

Egha Alifa Putra, Elah Nurlaelah, Aan Hasanah

Abstract


Pemahaman matematis sangatlah dibutuhkan dan wajib dimiliki oleh semua orang, karena pemahaman matematis merupakan kemampuan yang menjadi suatu landasan untuk berfikir. Pada penelitian ini peneliti ingin melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan signifikan kemampuan pemahaman konsep matematika dengan bantuan e-lks berbasis penemuan terbimbing. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif eksperimen dengan menggunakan bentuk pre-experimental dengan model one group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan tes berupa soal pemahaman matematis dan non-tes seperti angket. Penerapan perlakuan yang dilakukan di lapangan mendapatkan hasil dengan nilai gain 0,42 yang termasuk dalam peningkatan sedang. Berdasarkan hasil analisis temuan dan pembahasan pada penelitian peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemandirian belajar dengan bantuan e-lks berbasis penemuan terbimbing maka doperoleh kesimpulan bahwa Terdapat peningkatan signifikan kemampuan pemahaman konsep matematika dengan bantuan e-lks berbasis penemuan terbimbing


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v16i1.16968

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika)

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: jppm@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika