ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR

Muhamad Risky Ardiansyah, Redo Martila Ruli, Indrie Noor Aini

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan literasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal PISA ditinjau dari kemandirian belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini merupakan 6 dari 30 siswa kelas X IPA 3 dengan masing-masing 2 orang siswa mewakili kriteria kemandirian belajar tinggi, sedang dan rendah. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa tes kemampuan literasi matematis, angket kemandirian belajar, dan wawancara. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes, angket, dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan oleh peneliti, maka diperoleh kesimpulan bahwa, (1)  siswa dengan kriteria kemandirian belajar tinggi memenuhi tiga indikator kemampuan literasi matematis dalam menyelesaikan soal PISA dengan kategori rendah. (2) Siswa dengan kriteria kemandirian belajar sedang memenuhi keempat indikator kemampuan literasi matematis dalam menyelesaikan soal PISA dengan kategori rendah, sedang dan tinggi. (3) Siswa dengan kriteria kemandirian belajar rendah memenuhi keempat indikator kemampuan literasi matematis dalam menyelesaikan soal PISA dengan kategori rendah

 

Kata Kunci: Kemampuan literasi matematis, kemandirian belajar, soal PISA.


Full Text:

PDF

References


Anggrieni, N., & Putri, R. I. I. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelompok Kecil dalam Menyelesaikan Soal Matematika Tipe PISA. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan, 2011, 472–481.

De Lange, J. (2003). Mathematics for Literacy. Quantitative Literacy: Why Numeracy Matters for Schools and Colleges, 75–89. http://www.maa.org/ql/pgs75 89.pdf.

Effendi, E., Mursilah, M., & Mujiono, M. (2018). Korelasi Tingkat Perhatian Orang Tua dan Kemandirian Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 10(1), 17–23. https://doi.org/10.30599/jti.v10i1.131

Hidayat, R., Roza, Y., & Murni, A. (2019). Peran Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Literasi Matematis dan Kemandirian Belajar. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(3), 213. https://doi.org/10.24014/juring.v1i3.5359

Hidayat, S. (2018). Peningkatan Mutu Penelitian Di Indonesia Dalam Mengatasi Masalah Pendidikan. 4(2), 34–44.

Jablonka, E. (2015). The evolvement of numeracy and mathematical literacy curricula and the construction of hierarchies of numerate or mathematically literate subjects. ZDM - International Journal on Mathematics Education, 47(4), 599–609. https://doi.org/10.1007/s11858-015-0691-6

Johar, R. (2011). Domain Soal PISA untuk Literasi Matematika Rahmah. 30–41.

Masjaya, & Wardono. (2018). Pentingnya Kemampuan Literasi Matematika untuk Menumbuhkan Kemampuan Koneksi Matematika dalam Meningatkan SDM. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 568–574.

Muna Auliya, N., Suyitno, A., & Asikin, M. (2021). Kemampuan Literasi Matematis Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Di MTS Darul Hikmah Kedung Jepara. In Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika (Vol. 5, Issue 2). http://journal2.um.ac.id/index.php/jkpm

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. In 2000 (Vol. 1999, Issue December).

OECD. (2019). PISA 2018 Mathematics Framework. 73–95. https://doi.org/10.1787/13c8a22c-en

Ojose, B. (2011). Mathematics literacy : are we able to put the mathematics we learn into everyday use? Journal of Mathematics Education, 4(1), 89–100.

Rahmawati dan Mahdiansyah. (2014). Literasi Matematika Siswa Pendidikan Menengah: Analisis Menggunakan Desain Tes Internasional dengan Konteks Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20(4), 452. https://doi.org/10.24832/jpnk.v20i4.158

Stacey, K. (2011). The PISA view of mathematical literacy in Indonesia. Journal on Mathematics Education, 2(2), 95–126. https://doi.org/10.22342/jme.2.2.746.95-126

Sumarmo, U. (2004). Dikemandirian Belajar: Apa, Mengapa, Dan Bagaimana Dikembangkan PAda Peserta Didik Oleh : Utari Sumarmo , FPMIPA UPI ... 9. https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/32185486/KEMANDIRIAN-BELAJAR-MAT-Des-06-new




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v16i2.17908

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika)

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: jppm@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika