PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS X SMK
Abstract
Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik masih menjadi persoalan bagi tenaga pendidik. Salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah melakukan perbaikan proses pembelajaran, diantaranya dengan pengembangan perangkat pembelajaran dan inovasi pembelajarannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan perangkat ajar pada materi trigonometri berbasis model Problem Based Learning (PBL) untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas X SMK yang memenuhi valid dan praktis. Penelitian ini dilaksanakan sesuai dengan langkah-langkah model ADDIE, yaitu : Analisys, Design, Development, Implementation dan Evaluations. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri: angket validasi untuk melihat tingkat validitas perangkat pembelajaran, angket praktikalitas untuk melihat tingkat kepraktisan LKPD bagi siswa. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) perangkat ajar berbasis model PBL dinyatakan sangat valid artinya perangkat pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah siswa; (2) LKPD berbasis model PBL yang dikembangkan dinyatakan praktis, artinya LKPD yang dikembangkan sangat praktis digunakan untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Kata kunci: Perangkat Pembelajaran; Problem Based Learning; Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis
Full Text:
PDFReferences
Agus Salim Daulay, Maimunah, Yenita Roza, Rosa Murwindra. 2019. Analisis Kesalahan Peserta Didik Dalam Pembelajaran Di SMP Al-Kindi Pekanbaru. JEDCHEM (Journal Education And Chemistry), 1(2), 83-93.
Akbar P., Hamid A, Bernard M, &Sugandi, A.I. 2018. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematik Siswa Kelas XI SMA Putra Juang dalam Materi Peluang. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika,Vol. 2, No. 1, hal. 144-153.
Akbar, Sa’dun. 2013. Instrumen perangkat pembelajaran. Bandung: PT
Remaja Rosdakarya.
Al-Tabrany dan Trianto Ibnu Badar. 2014. Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan kontekstual. Jakarta Kencana Prenadamedia Group.
Ayu Chinintya Lestari, Anas Ma’ruf Annizar. 2020. Proses Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah PISA ditinjau dari Kemampuan Berpikir Komputasi. Jurnal Kiprah8(1)(2020) 46-55.
Farida, Kartini dan Sehatta Saragih. 2018. Perangkat Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp Seminar Nasional Pendidikan Matematika FKIP uir, 29-30 agustus https://snpm.uir.ac.id.
Fauzi, A. M., & Abidin, Z. (2019). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Tipe Kepribadian Thinking. Suska Journal ofMathematicsEducation,5(1),18.https://www.researchgate.net/publication/337054863_Analisis_Keterampilan_Berpikir_Kritis_Tipe_Kepribadian_ThinkingFeeling_Dalam_Menyelesaikan_Soal_PISA.
Ferry Ferdianto, Frisca Shella Fadiyah dan Mohamad Dadan Sunawan. 2019. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Melalui Model Problem Based Learning Berorientasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Materi Fungsi Kelas X Sma, Journal Of Medives : Journal Of Mathematics education IKIP Veteran Semarang volume 3, No. 2, PP. 165-176.
Furdan Rahmadi .2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pemecahan Masalah Berorientasi Pada Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Matematika. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika volume 10 – No 2, Desember 2015, (137-145).
Gusri Yadrika, Yenita Roza, Atma Murni. 2022. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model Discovery Learning Berorientasi Pada Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), Vol 15, No 2 (2022).
Hawa, a. M., & putra, l. V. (2018). PISA Untuk Siswa Indonesia. Janacitra, 1(1), 1–8.
Kertayasa, Ketut. 2015. Indonesia PISA Center, WNA: Mathematic Web for PISA. [Online]. http://www.indonesiapisacenter.com/2014/03/tentang-website.html?m=1.
Mahmidatul Fitri, Putri Yuanita, Maimunah.Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Terintegrasi Keterampilan Abad 21 Melalui Penerapan Model Problem Based Learning(PBL). Jurnal Gantang V(1)(2020): 77 –85.
Marah Doly Nasutio danWita Oktaviani.2020. Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP pab 9 klambir V T.P. 2019/2020, vol 1, No 1 journal mathematics education sigma [jmes].
Marah Doly Nasutio danWita Oktaviani.2020. Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP pab 9 klambir V T.P. 2019/2020, vol 1, No 1 journal mathematics education sigma [jmes]
Marah Doly Nasutio danWita Oktaviani.2020. Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP pab 9 klambir V T.P. 2019/2020, vol 1, No 1 journal mathematics education sigma [jmes]
National Council of Teachers of Mathematic (NCTM). (2000). Principle and Standards for School Mathematics. NCTM.
Ngalimun, Muhammad Fauzani & Ahmad Salabi. 2018. Strategi dan model pembelajaran. Yogyakarta : Aswaja Pressindo.
Putri Rizqika, Hobri, Randi Pratama Murtikusuma. 2019. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning Dan Jumping Task Pada Pokok Bahasan Kaidah Pencacahan Untuk Siswa SMA, ©kadikma, vol.10, No.1, hal. 13-24.
Rafianti, I., Setiani, Y., dan Yandari, I.A.V. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Tutorial dalam Pembelajaran Matematika Siswa SMP, dalam Journal JPPM, Vol 11, No 2, Hal 119-127, Lembaga Penelitian Departemen Pendidikan Matematika Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Banten.
Sani, A. R. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Siswanto, R.D dan Kusumah, Y.S. 2017. Peningkatan Kemampuan Geometri Sppasila Siswa Melalui Pembelajaran Inquiri Terbimbing Berbantuan Geogebra, dalam Journal JPPM, Vol 10, No 1, Hal 42-51, Lembaga Penelitian Departemen Pendidikan Matematika Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Banten.
Sani, A. R. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sri Adi Widodo. 2013. Analisis kesalahan dalam pemecahan masalah divergensi tipe membuktikan pada mahasiswa matematik a, Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. Vol. 46 No. 2 Juli (2013)
Susanti Susanti, Edwin Musdi, Hendra Syarifuddin. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Materi Statistika. JNPM,Vol 1, No 2 (2017).
Tohir, m. 2019. Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015. Https://doi.org/10.17605/osf.io/8q9vy
Yunita Herdiana. 2017. Perbandingan pemecahan masalah matematis siswa antara Discovery Learning dan Problem Based Learning. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika Volume 2, No. , November 2017 hal. 131-14
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v16i2.18682
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika)
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .
JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).
Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: [email protected] |
Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika