ANALISIS KEMAMPUAN MULTI REPRESENTASI DALAM PEMECAHAN MASALAH SOAL TIMSS DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Novalin Habibah, Nizaruddin Nizaruddin, Agnita Siska Pramasdyahsari

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan multi representasi siswa kelas VIII disalah satu SMP di Kabupaten Semarang provinsi Jawa Tengah yaitu SMP Negeri 3 Semarang dalam memecahkan masalah TIMSS berdasarkan kemampuan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskripsi kualitatif. Penelitian ini diarahkan pada siswa kelas VIII F SMP Negeri 3 Semarang, penentuan subjek dilakukan berdasarkan tes kemampuan berpikir kritis siswa, enam siswa dipilih dari 32 siswa kelas VIII F. Siswa tersebut meliputi 2 siswa berkemampuan kritis tinggi, 2 siswa berkemampuan kritis sedang dan 2 siswa berkemampuan kritis rendah. Instrumen dalam menentukan subjek penelitian menggunakan tes kemampuan berpikir kritis. Soal TIMSS pada konten aljabar dan pedoman wawancara untuk memunculkan kemampuan multi representasi siswa. Triangulasi teknik dan sumber untuk memverifikasi keabsahan data, dimana triangulasi teknik dilakukan dengan membandingkan data yang diperoleh dari sumber yang sama dengan menggunakan metode yang berbeda, sedangkan triangulasi sumber dilakukan dengan membandingkan subjek yang memiliki tingkat kemampuan berpikir kritis yang sama. Hasil penelitian berdasarkan tes tertulis dan wawancara diperoleh 1) subjek dengan kategori berpikir kritis tinggi mampu memunculkan ketiga kemampuan multi representasi, meliputi representasi bentuk gambar, bentuk simbol dan bentuk verbal. 2) subjek dengan kategori kemampuan berpikir kritis sedang mampu memunculkan indikator kemampuan representasi gambar dan simbol, untuk representasi verbal tidak terpenuhi. 3) subjek dengan kategori berpikir kritis rendah hanya memenuhi indikator representasi gambar.

 

Kata Kunci: Kemampuan Multi Representasi, TIMSS, Kemampuan berpikir kritis.


Full Text:

PDF

References


Agustina, M. (n.d.). Dari Kemampuan Matematis Pada Sub. 1.(2009), V. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Verbal Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 77–84.

Aida, N., Kusaeri, K., & Hamdani, S. (2017). Karakteristik Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika Ranah Kognitif yang Dikembangkan Mengacu pada Model PISA. Suska Journal of Mathematics Education, 3(2), 130. https://doi.org/10.24014/sjme.v3i2.3897.

Astriani, et al. (2019). Pengembangan LKS Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi SPLTV. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPPM), 1 (1),

Budarsini, K. P., Suarsana, I. M., & Suparta, I. N. (2018). Model diskursus multi representasi dan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa sekolah menegah pertama. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 110–118. https://doi.org/10.21831/pg.v13i2.20047.

Castellanos, J. L. V., Castro, E., & Gutiérrez, J. (2009). Representations in problem solving: A case study with optimization problems. Electronic Journal of Research in Educational Psychology, 7(17), 279–308.

Endrawati, P., & Aini, I. N. (2022). Deskripsi Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dalam Pembelajaran Relasi Dan Fungsi. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 15(1), 118. https://doi.org/10.30870/jppm.v15i1.14112.

Fithriyah, I., Sa’dijah, C., & Sisworo. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Kelas IX-D SMPN 17 Malang. Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya, Knpmp I, 580–590.

Inayah, S., Ariyanto, L., & Endahwuri, D. (2021). Analisis kemampuan pemecahan masalah dalam menyelesaikan soal pada materi SPLDV ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6, 26–30.

Indriyani, D. P., Nizaruddin, & Wulandari, D. (2021). Profil Kemampuan Multi Representasi dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Siswa dengan Gaya Belajar Auditori. Jurnal Kualita Pendidikan, 2(2), 71–76.

Kurniawati, K. L. K., Suatika, I. K., & Sesanti, N. R. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa pada Materi Operasi Aljabar Kelas VIII di SMP Islam Hasanuddin Kesamben Blitar. Seminar Nasional FST 2018 Universitas Kanjuruhan Malang, 1(2012), 624–632.

Maghfiroh, S., & Rohayati, A. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Smp Pada Materi Segiempat. Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 10(1), 64–79. https://doi.org/10.33592/pelita.vol10.iss1.373

Murtianto, Y. H., Suhendar, A., & Sutrisno, S. (2019). Analisis Kemampuan Representasi Verbal Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Tahapan Krulik and Rudnick Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa. JIPMat, 4(1), 77–84. https://doi.org/10.26877/jipmat.v4i1.3630

Of, E., Mathematical, M., Capability, R., Problem, I. N., & Indonesia, S. I. N. (n.d.). Problems Of Education In The 21st Web site : http://www.scientiasocialis.lt/pec/ Title Of Article : Exploring Of Multi Mathematical Representation Capability In Problem Solving : Study On Senior High School Id :

Rasiman, & Pramasdyahsari, A. S. (2014). International JOURnal of Education, Vol.2, No.11 Nov 2014. International Journal of Education and Research, 2(11), 535–544.

Romlah,Kadarisma Gida, S. W. (2017). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Smp. IKIP Siliwangi Bandung, 01(02), 37–46.

Ruliani, I. D., Nizaruddin, N., & Murtianto, Y. H. (2018). Profile Analysis of Mathematical Problem Solving Abilities with Krulik & Rudnick Stages Judging from Medium Visual Representation. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 7(1), 22. https://doi.org/10.25273/jipm.v7i1.2123

Nizaruddin, Ruliani, I. D., N., & Murtianto, Y. H. (2018). Profile Analysis of Mathematical Problem Solving Abilities with Krulik & Rudnick Stages Judging from Medium Visual Representation. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 7(1), 22. https:// doi.org/10.25273/jipm.v7i1.2123

Novianti, et al. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Trigonometri Kelas XI SMA Negeri 1 Subah Kabupaten Sambas. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPPM). Volume 2, Nomor 2, Hal. 139-140. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPMM), Volume 4, Nomor 1, Tahun 2022

Samadara, J., Rehena, J. F., & Salmanu, S. I. A. (2019). Penerapan Metode Inquiry Dipadu Trik Taktik Waktu Bertanya Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Konsep Sel Pada Siswa Kelas Vii Smp Kartika Ambon. Science Map Journal, 1(1), 16–22. https://doi.org/10.30598/jmsvol1issue1pp16-22

Silviani, E., Mardiani, D., & Sofyan, D. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP pada Materi Statistika.Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 483-492. https:// doi.org/10.31980/mosharafa.v10i3.1011

Suciono, W., Rasto, R., & Ahman, E. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Ekonomi Era Revolusi 4.0. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 17(1), 48–56. https://doi.org/10.21831/socia.v17i1.32254

Utami, N. A., Murtianto, Y. H., & Nizaruddin, N. (2020). Profil kemampuan representasi matematis ditinjau dari kemampuan berpikir kritis dan kecerdasan emosional. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(2), 274–285. https://doi.org/10.26877/aks.v11i2.6501




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v16i2.20855

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: jppm@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika