STUDI META-ANALISIS: PENGARUH REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Abstract
Tujuan dari studi meta-analisis ini adalah untuk menyelidiki dampak keseluruhan dari penerapan pendekatan RME pada kemampuan siswa SMP untuk memecahkan masalah matematika dan menentukan tingkat variasi antar studi. Hasil pencarian database Google Scholar mengungkapkan 19 artikel yang sesuai untuk inklusi. Analisis dengan Software Comprehensive Meta-Analysis, dan model estimasi efek acak digunakan untuk mengevaluasi ukuran efek indeks dari nilai Hedges-g. Temuan studi mengungkapkan bahwa penggunaan RME memiliki ukuran efek total 1.516 pada kemampuan siswa untuk pemecahan masalah matematis. Artinya, Penggunaan RME memiliki dampak yang signifikan terhadap kemampuan siswa SMP dalam menjawab soal masalah matematika. Berdasarkan analisis tingkat variasi studi, terungkap bahwa perbedaannya signifikan dalam hal tahun penelitian (Qb=46,751; p<0,05), tingkat kelas (Qb=20,493; p<0,05), kapasitas kelas RME (Qb=35,880; p<0,05), dan demografi siswa (Qb=11,754; p<0,05). Ditemukan bahwa variabel tipe publikasi (Qb=0,003; p>0,05), dan status keterbantuan teknologi (Qb=0,258; p>0,05) tidak mengubah effect size penggunaan RME terhadap pemecahan masalah matematis siswa. Temuan ini menunjukkan bahwa RME lebih efektif diterapkan pada tahun 2022-2023, di kelas VIII, kapasitas kelas RME adalah 31 atau lebih, dan diterapkan di Pulau Sumatera atau Pulau Jawa.
Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Realistic Mathematics Education (RME), Meta-analisis
Full Text:
PDFReferences
Borenstein, M., Hedges, L. V., Higgins, J. P., & Rothstein, H. R. (2009). Introduction to Meta-Analysis (Issue January). John Wiley & Sons, Ltd., Publication. https://doi.org/10.1002/9780470743386.
Juandi, D., & Tamur, M. (2020). Pengantar Meta Analisis. Bandung: UPI Press.
Lisa, L. (2019). Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Negeri 8 Lhokseumawe. Prosiding Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai Islami (pp. 363-372). Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Noviyana, H., & Fitriani, D. (2018). Pengaruh Model Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (pp. 385-392). Bandar Lampung: UIN Raden Intan Lampung.
Nurmalita, R. A., & Hardjono, N. (2020). Efektivitas Penggunaan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 2(1), 47-53.
Paloloang, M. F., Juandi, D., Tamur, M., Paloloang, B., & Adem, A. M. (2020). Meta Analisis: Pengaruh Problem-Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa di Indonesia Tujuh Tahun Terakhir. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 851-864. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3049
Retnawati, H., Apino, E., Kartianom, Djidu, H., & Anazifa, R. D. (2018). Pengantar Meta Analisis. Yogyakarta: Parama Publishing.
Rosyada, T. A., Sari, Y., & Cahyaningtyas, A. P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(2), 116-123. http://dx.doi.org/10.30659/pendas.6.2.116-23
Siregar, N. P., & Andhany, E. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together dan Realistics Mathematic Education Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di SMA Negeri 11 Medan. AXIOM: Jurnal Pendidikan dan Matematika, 09(1), 99-106. 10.3082/axiom.v%vi%i.7253
Susanti, N., Juandi, D., & Tamur, M. (2020). The Effect of Problem-Based Learning (PBL) Model On Mathematical Communication Skills of Junior High School Students – A Meta-Analysis Study. JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika), 4(2), 145-154. https://doi.org/10.31764/jtam.v4i2.2481
Tamur, M., & Juandi, D. (2020). Effectiveness of Constructivism Based Learning Models Against Students Mathematical Creative Thinking Abilities in Indonesia: A Meta-Analysis Study. Mathematics, Science, and Computer Science Education International Seminar, MSCEIS 2019 (pp. 1-8). Bandung: EAI.
Tamur, M., Juandi, D., & Adem, A. M. (2020). Realistic Mathematics Education in Indonesia and Recommendations for Future Implementation: A Meta-Analysis Study. JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika), 4(1), 17-27. https://doi.org/10.31764/jtam.v4i1.1786
Tamur, M., Juandi, D., & Kusumah, Y. S. (2020). The Effectiveness of the Application of Mathematical Software in Indonesia: A Meta-Analysis Study. International Journal of Instruction, 13(4), 867-884. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13453a.
Tantra, S. A., Widodo, S., & Katminingsih, Y. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Melalui Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME). SeNa-MaGeStiK (Seminar Nasional Matematika, Geometri, Statistika, dan Komputasi) (pp. 587-600). Jember: UNEJ E-Proceeding.
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v16i2.21442
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .
JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).
Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: [email protected] |
Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika