ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PROGRAM LINEAR TIPE HIGHER ORDER THINKING SKILLS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF

Ratna Nurherdiati, Lukita Ambarwati, Meiliasari Meiliasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal program linear tipe HOTS serta mencari penyebab yang mempengaruhinya ditinjau dari gaya kognitif field dependent (FD) dan field independent (FI). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, dengan melakukan penelitian pada siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Citra Cendekia Jakarta Selatan pada semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023. Hasil penelitian ini yaitu siswa dengan gaya kognitif FD cenderung melakukan kesalahan membaca, kesalahan pemahaman, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan pengkodean. Sedangkan siswa dengan gaya kognitif FI melakukan kecenderungan kesalahan keterampilan proses dan kesalahan pengkodean. Penyebab siswa melakukan kesalahan antara lain karena terburu-buru, kurang teliti, kurang peka, kurang memahami soal, kekurangan waktu, terlalu lama memahami soal, lupa cara penyelesaian, dan bingung menghubungkan informasi untuk menyelesaian soal.

 

Kata kunci: Newman, Program Linear, HOTS, field dependent, field independent


Full Text:

PDF

References


Andriyani, A., & Ratu, N. (2018). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi program linear ditinjau dari gaya kognitif siswa. Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(1), 16–22.

Anthycamurty, R. C. C., Mardiyana, & Saputro, D. R. S. (2018). Analysis of problem solving in terms of cognitive style. Journal of Physics: Conference Series, 983(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/983/1/012146

Chahine, I. C. (2018). Exposing the Conscious Self: Lived Problem Solving Experience in a Socio-Cultural Context. International Electronic Journal of Mathematics Education, 13(3), 221–231. https://doi.org/10.12973/iejme/3880

Darmawan, I. P. A., & Sujoko, E. (2013). Revisi taksonomi pembelajaran benyamin s. bloom. Satya Widya, 29(1), 30–39.

Hensberry, K. K. R., & Jacobbe, T. (2012). The effects of Polya’s heuristic and diary writing on children’s problem solving. Mathematics Education Research Journal, 24(1), 59–85. https://doi.org/10.1007/s13394-012-0034-7

Lusiana, R. (2017). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Memecahkan Masalah pada Materi Himpunan Ditinjau dari Gaya Kognitif. JPPM, 10(1), 24–29.

Mefoh, P. C., Nwoke, M. B., Chukwuorji, J. B. C., & Chijioke, A. O. (2017). Effect of cognitive style and gender on adolescents’ problem solving ability. Thinking Skills and Creativity, 25, 47–52. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2017.03.002

Praktitipong, N., & Nakamura, S. (2006). Analysis of Mathematics Performance of Grade Five Students in Thailand Using Newman Procedure. Journal of International Cooperation in Education, 9(1), 111–112.

Puspendik Kemendikbud. (2019). Laporan hasil ujian nasional. Https://Hasilun.Puspendik.Kemdikbud.Go.Id/#2019!Sma!Daya_serap!01&99&999!A&03&T&T&1&!1!&.

Scherer, R., & Beckmann, J. F. (2014). The acquisition of problem solving competence: evidence from 41 countries that math and science education matters. Large-Scale Assessments in Education, 2(1), 1–22. https://doi.org/10.1186/s40536-014-0010-7

Singh, P., Rahman, A. A., & Hoon, T. S. (2010). The Newman procedure for analyzing Primary Four pupils errors on written mathematical tasks: A Malaysian perspective. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 8, 264–271. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.12.036

Son, A. L., Darhim, & Fatimah, S. (2020). Students’ mathematical problem-solving ability based on teaching models intervention and cognitive style. Journal on Mathematics Education, 11(2), 209–222. https://doi.org/10.22342/jme.11.2.10744.209-222

Volkova, E. v., & Rusalov, V. M. (2016). Cognitive styles and personality. Personality and Individual Differences, 99, 266–271. https://doi.org/10.1016/j.paid.2016.04.097

Witkin, H. A., Moore, C. A., Goodenough, D., & Cox, P. W. (1977). Field-Dependent and Field-Independent Cognitive Styles and Their Educational Implications. Review of Educational Research, 47(1), 1–64. https://doi.org/10.3102/00346543047001001




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v16i2.21446

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: jppm@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika