Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Juwindah Anwar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas antara model Problem Based Learning dan Discovery Learning ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Sampel dalam penelitian dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling sehingga terpilih dua kelas sampel yaitu kelas VIII.A (kelas Problem Based Learning) yang berjumlah 29 orang dan kelas VIII.D (kelas Discovery Learning) yang berjumlah 29 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Hasil dari pengujian hipotesis kemampuan pemecahan masalah matematis menggunakan uji t dua sampel independen diperoleh nilai thitung = 2,97 > ttabel = 2,01 sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning tidak sama dengan atau berbeda dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning pada kelas VIII di SMP Negeri 17 Kota Bengkulu.


Full Text:

PDF

References


Abidin, Z. (2017). Filsafat Dan Pemecahan Masalah Matematika. CV. Cita Intrans Selaras.

Aini, R. N., & Siswono, T. Y. E. (2014). Analisis Pemahaman Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Aljabar pada PISA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2).

Aras, A. (2020). Model Pembelajaran Means-Ends Analysis dalam Menumbuhkembangkan Kemampuan Problem Solving dan Productive Disposition. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 8(2), 183–198. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v8i2.1238

Ayubi, I. I. al, Erwanudin, & Bernard, M. (2018). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sma. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(3). https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.355-360

Bakhruddin, M., Shoffa, S., Holisin, I., Ginting, S., Fitri, A., Lestari, I. W., Pudyastuti, Z. E., Zainuddi, M., Alam, H. V., & Kurniawa, N. (2021). Strategi Belajar Mengajar: Konsep Dasar dan Implemetasinya. CV. Agrapana Media. https://www.researchgate.net/publication/350190724

Cahyono, T. (2015). Statistik Uji Normalitas. Yasamas.

Harapit, S. (2018). Peranan Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(4).

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa (Cetakan Kesatu). PT Refika Aditama.

Hendriana, H., & Soemarmo, U. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika (Cetakan Kesatu). PT Refika Aditama.

Hendri, S., & Kenedi, A. K. (2018). Analisis Pendahuluan Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Discovery Learning Pada Materi Pecahan Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalahsiswa Kelas V SD. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(2), 78–89.

Kartika, A., W., & Harjono, N. (2020). Komparasi Model Pembelajaran ditinjau dari Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SD. Jurnal Wahana Sekolah Dasar, 28(2), 42–50.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics . Reston.

Nurhasanah, D. E., Kania, N., & Sunendar, A. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Siswa SMP. Jurnal Didactical Mathematics, 1(1), 21–32. http://jurnal.unma.ac.id/index.php/dm

Polya, G. (1973). How To Solve It: A New Aspect of Mathematical Method (SECOND EDITION). Doubleday & Company, Inc.

Putri, D. A. (2017). Efektivitas Metode Discovery Learning ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa.

Sariningsih, R., & Purwasih, R. (2017). Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Efficacy Mahasiswa Calon Guru. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(1), 163–177.

Setyosari, P. (2014). Menciptakan Pembelajaran Yang Efektif Dan Berkualitas. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, 1(1).

Sinambela, P. N. J. M. (2013). Kurikulum 2013 dan Implementasinya Dalam Pembelajaran. Dalam Penulis Buku Ajar SMP & SMA Kemendikbud Kurikulum.

Sofyan, H., Wagiran, Komariah, K., & Triwiyono, E. (2017). Problem Based Learning dalam Kurikulum 2013. UNY Press.

Sugiyono. (2016). Statistika Untuk Penelitian. ALFABETA.

Sujana, A., & Sopandi, W. (2020). Model-Model Pembelajaran Teori dan Implementasi (Cetakan ke-1). PT RAJAGRAFINDO PERSADA.

Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5(2), 148–158. http://e-mosharafa.org/

Wahyudi, & Anugraheni, I. (2017). Strategi Pemecahan Masalah Matematika. Satya Wacana University Press.

Widoyoko, E. P. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran: Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. PUSTAKA BELAJAR.

Yuhani, A., Zanthy, L. S., & Hendriana, H. (2018). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(3). https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.445-452

Yusri, A. Y. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII di SMP Negeri Pangkajene. Mosharaf, 7(1). http://e-mosharafa.org/index.php/mosharafa

Yustinaningrum, B., Fitri, A., & Juliana. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Dan Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(1), 15–26. https://doi.org/10.30738/union.v10i1.10080




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v17i1.21912

Refbacks



Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: [email protected] |Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika