ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS X DALAM MENYELESAIKAN MATERI BARISAN DAN DERET ARITMATIKA

Muhammad Ikhsan Juniantika, Rika Mulyati Mustika Sari

Abstract


Penelitian ini beertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa daalam menyelesaikan soal materi barisan dan deret aritmatika. Penelitian ini dilakukan di salah satu sekolah menengah atas kabupaten karawang dan populasi yang diambil adalah satu kelas yang diisi oleh 35 murid dari kelas X. Siswa akan diberikan soal tentang barisan dan deret aritmatika yang diadaptasi dari skripsi dan sudah tervalidasi. Dari total keseluruhan siswa, data mengungkapkan bahwa ada sebanyak 25 orang dengan persentase 71,4% yang memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis berkategori sedang dan masing masing dari kategori tinggi serta rendah sebesar 5 orang atau 14,3%. Dari data tersebut peniliti mengambil 3 siswa sebagai sampel untuk dianalisis setiap indikator kemampuan pemecahan masalah matematisnya. Hasil menunjukkan bahwa siswa dengan kategori rendah masih belum mencapai indikator Menyusun rencana dan memeriksa kembali, siswa dengan kategori sedang hanya belum mencapai indikator memeriksa kembali dan siswa dengan kategori tinggi sudah mampu mencapai semua indikator dari kemampuan pemecahan masalah matematis. Adapun hasil penelitian dari skor rata rata perindikator seluruh siswa menunjukkan hanya 46% saja yang dimana ini masih termasuk rendah.


Full Text:

PDF

References


Akbar, P., Hamid, A., Bernard, M., & Sugandi, A. I. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Disposisi Matematik Siswa Kelas Xi Sma Putra Juang Dalam Materi Peluang. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 144–153. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.62

Amam. (2017). Penilaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Teori dan Riset Matematika (TEOREMA) Vol. 2 No. 1, Hal, 39-46. http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v2i1.765

Barlian, E. (2018). Meteodologi Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Padang: Sukabina Press

Damayanti, N. dan Kartini (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA pada Materi Barisan dan Deret Geometri. Jurnal Mosharafa 11(1). 110. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i1.1162

Darmadi, H. (2013). Dimensi – dimensi Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta

Hendriana, H., Rohaeti, E.E., & Sumarmo, U. (2017). Hard skill dan soft skills matematik siswa. Bandung: Refika Aditama

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama

Martin, I., & Kadarisma, G. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA Pada Materi Fungsi. JPMI : Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(6), 641–652. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i6.641-652

Melindarwati, T. dan Munandar, D, R,. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Materi Bilangan Bulat. Jurnal Theorems (The Original Reasearch Of Mathematics), 7(1), 13–24. http://dx.doi.org/10.31949/th.v7i1.3720

Mufidatunnisa, N. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA pada Materi Barisan dan Deret, Skripsi, Universitas Singaperbangsa Karawang.

National Council of Teacher of Mathematics. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston. VA: NCTM.

Silviani. E, Mardiani. D, Sofyan. D. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP pada Materi Statistika. Jurnal Mosharafa 10(3). 484. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i3.1011

Sugiyono. (2013). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sumartini, T.S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Mosharafa 5(2). 148

Suryawan. H. P. (2021). Pemecahan Masalah Matematis. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma. Tersedia dalam https://books.google.com/books?id=r_geEAAAQBAJ&printsec=frontcover&source=gbs_atb




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v17i1.23540

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: jppm@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika