Analisis Kemampuan Numerasi Peserta Didik Kelas XI dalam Menyelesaikan Soal Lingkaran

Aulia Azkiyah, Noviana Dini Rahmawati, Christina Purwaningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan numerasi peserta didik kelas XI dalam menyelesaikan soal lingkaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian terdiri dari 36 peserta didik kelas XI-2 SMA Negeri 10 Semarang tahun ajaran 2023/2024. Teknik pengambilan data diperoleh dari hasil tes kemampuan numerasi yang sudah tervalidasi dan wawancara tak terstruktur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan numerasi peserta didik kelas XI dalam menyelesaikan soal lingkaran tergolong baik. Penyebab tidak terungkapnya indikator yang disebabkan oleh kesalahan peserta didik dalam menjawab soal yang diantaranya adalah: Peserta didik tidak menuliskan informasi data yang diketahui dan ditanyakan, kesalahan dalam menghitung dan tidak menyimpulkan hasil jawaban yang diperoleh.


Full Text:

PDF

References


Ate, D. (2021). Enhancing primary school students’ competencies in step by step controllable argumentation using a new learning environment. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 8(1), 73–82. https://doi.org/10.21831/jrpm.v8i1.35322

Basri, H., Kurnadi, B., Tafriliyanto, C. F., Bayu, P., Madura, U., & Kotabumi, U. M. (2021). Investigasi Kemampuan Numerasi. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4, 72–79.

Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. (2019). (Elementary School Education Journal) Literasi Numerasi di SD Muhamadiyah. ELSE (Elementary School Educatio Journal), 3(4), 93–103.

Fadhilah, H. (2023). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa dalam Menyelesaikan Soal AKM Kelas XI pada Topik Data dan Ketidakpastian. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 361–372.

Han, W., Susanto, D., Dewayani, S., Pandora, P., Hanifah, N., Miftahussururi., Nento, M. N., & Akbari, Q. S. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, Tim GLN Kemendikbud., 8(9), 1–58.

Mahdiansyah., & Rahmawati. (2014). MATHEMATICAL LITERACY OF STUDENTS AT SECONDARY EDUCATION LEVEL: An Analysis Using International Test Design with Indonesian Context. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20(4), 452–469.

Nations, U. (2020). Adult numeracy: assessment and development (UIL Policy Brief 13). 1–4. https://www.oecd-ilibrary.org/education/skills-matter_1f029d8f-en

Nurjanatin, I., Sugondo, G., & Manurung, M. M. H. (2017). Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Luas Permukaan Balok di Kelas VIII–F Semester II SMP Negeri 2 Jayapura [Analysis of Students’ Errors in Solving Story Problems on the Surface Area of Beams in Class VIII-F Semest. Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pembelajaranya, 2(1), 22–31. https://ejournal.uncen.ac.id/index.php/JIMP/article/view/252

OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume I): What Students Know and Can Do. OECD Publishing. https://doi.org/https://doi.org/10.1787/5f07c754-en

Poernomo, E., Kurniawati, L., & Atiqoh, K. S. N. (2021). Studi Literasi Matematis. ALGORITMA: Journal of Mathematics Education, 3(1), 83–100. https://doi.org/10.15408/ajme.v3i1.20479

Pulungan, S. A. (2022). Analisis kemampuan literasi numerasi pada materi persamaan linear siswa SMP PAB 2 Helvetia. Journal On Teacher Education, 3(3), 266–274. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/4574/3287

Rusmining, Waluya, S. B., & Sugianto. (2014). ANALYSIS OF MATHEMATICS LITERACY, LEARNING CONSTRUCTIVISM AND CHARACTER EDUCATION (Case Studies on XI Class of SMK Roudlotus Saidiyyah Semarang, Indonesia). International Journal of Education and Research, 2(8), 331–340. www.ijern.com

Santia, I. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Smp Berdasarkan Motivasi Belajar Siswa. JIPMat, 3(2), 81–85. https://doi.org/10.26877/jipmat.v3i2.2748

Sari, S. P. (2023). Kemampuan Numerasi Siswa Kelas VII dalam Mengerjakan Soal Tipe PISA Materi Aljabar. Jurnal 59 Darmawijoyo.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta.

UN Statistics Division. (2022). Global indicator framework for the Sustainable Development Goals and targets of the 2030 Agenda for Sustainable Development. Work of the Statistical Commission Pertaining to the 2030 Agenda for Sustainable Development, 1–23. https://unstats.un.org/sdgs/indicators/Global Indicator Framework after 2019 refinement_Eng.pdf%0Ahttps://unstats.un.org/sdgs/indicators/Global Indicator Framework_A.RES.71.313 Annex.pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v17i2.27647

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: [email protected] |Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika