Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal TIMSS pada Konten Aljabar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal TIMSS. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas 8 yang ditentukan dengan purposive sampling. Pelaksanaan penelitian diberikan 6 soal TIMSS konten aljabar menggunakan indikator literasi matematika PISA. Enam siswa terpilih mewakili level 0, level 1, level 2, dan level 3 berdasarkan hasil tes literasi matematis. Hasil penelitian ini mendata siswa level 0 berjumlah 32 orang (88,9%), siswa level 1 berjumlah 2 orang (5,6%), siswa level 2 berjumlah 1 orang (2,8%), dan siswa level 3 berjumlah 1 orang (2,8%). Siswa level 0 mampu mengelola informasi untuk menjawab pertanyaan yang jelas dan menerapkan strategi pemecahan masalah yang sederhana. Siswa level 1 mampu menginterpretasikan dan menggunakan rumus yang sesuai untuk menyelesaikan masalah. Siswa level 2 mampu bekerja secara efektif dengan model yang digunakan dalam situasi konkret dan menerapkan strategi dalam memecahkan masalah yang rumit. Siswa level 3 mampu membuat generalisasi dan menggunakan penalaran matematika dalam menyelesaiakan masalah.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v17i1.28395
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .
JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).
Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: [email protected] |
Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika