Eksplorasi Etnomatematika pada Anyaman Topi Bambu Kabupaten
Anindya Kirana, Ihsanudin Ihsanudin, Etika Khaerunnisa
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui etnomatematika pada Topi Bambu Tangerang yang menjadi kearifan lokal daerah Tangerang dan hubungannya dengan konsep matematika di sekolah. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Teknik yang digunakan untuk mengmpulkan data dalam penelitian ini adalah wawancara, obervasi, dan dokumentasi. Penelitian dilakukan pada pengrajin di daerah Cikupa yang berada dibawah Komunitas Topi Bambu Tangerang. Temuan hasil penelitian ini berupa adanya aktivitas fundamental matematika yang dipaparkan Bishop pada proses pembuatan Topi Bambu. Diantaranya menjelaskan, menghitung, mengukur, dan mendesain. Terdapat pula matematika tradisional yang digunakan pengrajin berupa satuan ukur trasidional diantaranya jengkal, hasta, depa, dan langkah. Bentuk topi bambu juga dapat dijadikan contoh sebagai bentuk konkrit konsep bangun ruang dan bangun datar pada matematika di sekolah
DOI:
http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v17i1.28399
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .
JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).
Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: [email protected] |
Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika