ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP MUTIARA BUNDA CILEGON PADA PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP Mutiara Bunda Cilegon pada materi perbandingan selama pembelajaran daring. Purposive sampling digunakan sebagai desain penelitian ini, sehingga mendapatkakn 12 sorang siswa kelas VII. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu lembar observasi, tes uraian, angket, wawancara, dan dokumentasi. Untuk teknik analisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yaitu 16,7% siswa yang memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis yang tergolong tinggi dapat memahami masalah, menyusun strategi, melaksanakan strategi, dan memeriksa kembali sesuai tahapan polya. Sedangkan 41,7% siswa dengan kemampuan sedang mampu memenuhi indikator pemecahan masalah Polya, namun hanya pada beberapa butir soal saja. Adapun siswa lainnya yang memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis rendah hanya mampu memenuhi beberapa aspek dari tahapan polya.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v17i1.28400
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .
JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).
Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: [email protected] |
Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika