PENGEMBANGAN GAME EDUKASI MATEMATIKA “INDITGO-MATH” DALAM MENUNJANG PEMBELAJARAN GEOMETRI DI SMA

Nita Wulandari, Aan Subhan Pamungkas, Jaenudin Jaenudin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah media yang dapat membantu pembelajaran geometri di Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini menggunakan metode research and developmet (R&D) dengan metode pengembangan Luther-Sutopo yang dimulai dengan riset awal tentang kebutuhan siswa, melakukan design aplikasi, menggumpulkan material penyusun game edukasi, memulai produksi game  edukasi, uji coba aplikasi, dan pendistribusian aplikasi. Subjek penelitian ini yakni siswa kelas XII-MIA-2 di SMAN 2 Rangkasbitung. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil uji validasi ahli media masuk dalam kategori “layak” dengan nilai 80%. Hasil uji validasi dari ahli materi masuk dalam kategori “layak” dengan nilai 76%. Berdasarkan hasil uji validasi oleh guru matematika menunjukan bahwa uji validasi menghasilkan nilai 92% dengan kategori “sangat layak” dan 83% dengan kategori “sangat baik” berdasarkan respon siswa. Dapat disimpulkan bahwa aplikasi “Inditgo-Math” layak untuk digunakan dan didistribusikan

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v17i1.28401

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: [email protected] |Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika