PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES LITERASI MATEMATIS MODEL PISA DENGAN BERNILAI BUDAYA BANTEN UNTUK SISWA KELAS VII

Dini Aditya Pramesty, Novaliyosi Novaliyosi, Ade Nandang Mustafa

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengembangkan instrumen tes literasi matematis matematis model PISA dengan bernilai budaya Banten yang layak untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa. Penelitian ini adalah jenis penelitian Research and Development dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation & Evaluation). Subjek penelitian ini adalah 150 siswa kelas VII dari empat sekolah di kecamatan Rajeg dengan akreditasi A, B dan C. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan 15 soal instrumen tes literasi matematis dengan bernilai budaya Banten untuk siswa kelas VII yang layak dengan memenuhi kategori valid dan reliabel, daya pembeda dan tingkat kesukaran yang baik.

Full Text:

PDF

References


Akmalia, R., Oktapia, D., Hasibuan, E. E., Hasibuan, I. T., Azzahra, N., & Harahap, T. S. A. (2023). Pentingnya Evaluasi Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 4089–4092. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/11661/8945

Anisa, S. (2023). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Gender Pada Siswa Kelas Viii Smp Al-Mas’Udiyyah Bandungan Tahun …. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 07, 2140–2150. http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16383

Astra, R. R. S., Vilela, A., Pereira, J., & Zou, S. (2022). Pengaruh Gender Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP yang Telah Memperoleh Pendekatan RME. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(1), 307–316. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i1.307-316

Ate, D., & Lede, Y. K. (2022). Analisis Kemampuan Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Literasi Numerasi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 06(01), 472–483.

Fauziah, A., Sobari, E. F. D., & Robandi, B. (2021). Analisis Pemahaman Guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) Mengenai Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1550–1558. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/608

Fitrianingsih, R. (2020). Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Dalam Kurikulum 2013. Prosiding, 199.

Fitriyah, I., Wiyokusumo, I., & Leksono, I. P. (2021). Pengembangan media pembelajaran Prezi dengan model ADDIE simulasi dan komunikasi digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(1), 84–97. https://doi.org/10.21831/jitp.v8i1.42221

Masfufah, R., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Soal PISA. Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika, 6(1), 291–300. https://doi.org/10.32528/gammath.v6i1.5398

Monica, S. S., Pamungkas, A. S., & Jaenudin, J. (2022). Pengembangan Instrumen Literasi Matematika Model PISA Dengan Konteks Budaya BADUY Pada Tingkat SMP. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(4), 1459–1470.

Naufal, H., & Amalia, S. R. (2022). Peningkatan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Di Era Merdeka Belajar Melalui Model Blended Learning. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Vol. 3 No. 1, 333–340.

Nursalma, A. (2024). Pengembangan instrumen literasi matematis dengan konteks masjid kasunyatan banten untuk siswa smp. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Pardede, S. D., Ongsina, O., Sidabutar, A. D., Simamora, S., & Tobing, S. B. (2022). Analisis Kegiatan Kampus Mengajar Angkatan 2 terhadap Peningkatan Literasi Numerasi Siswa di Sekolah Dasar Akreditasi C. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 4864–4868. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1071

Putra, Y. Y., & Vebrian, R. (2019). Pengembangan Soal Matematika Model PISA Konteks Kain Cual Bangka Belitung. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 333–340. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.114

Selan, M., Daniel, F., & Babys, U. (2020). Analisis kemampuan literasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal pisa konten change and relationship. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(2), 335–344. https://doi.org/10.26877/aks.v11i2.6256

Setiani, D., Rahmawati, E., & Pramesti, S. L. D. (2023). Peran Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika di Era Society 5.0. SANTIKA : Seminar Nasional Tadris Matematika, 3, 451–461. https://proceeding.uingusdur.ac.id/index.php/santika/article/view/1356

Shaumi, F. N., & Syamsuri. (2024). Pengembangan Instrumen Literasi Matematis dengan Konteks Kue Tradisional Banten pada Tingkat SMP. Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(June), 585–600. https://doi.org/https://doi.org/10.51574/kognitif.v4i1.1691 585

Sukmawati, D., Anggoro, B. S., & Pratiwi, D. D. (2022). Pengembangan Instrumen Evaluasi Literasi Matematis Berdasarkan Perspektif Multiple Intelligences Berbasis Etnomatematika Pada Budaya Jawa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(4), 1215–1226. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3172

Susanta, A., Sumardi, H., Susanto, E., & Retnawati, H. (2023). Mathematics literacy task on number pattern using Bengkulu context for junior high school students. Journal on Mathematics Education, 14(1), 85–102. https://doi.org/10.22342/JME.V14I1.PP85-102




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v17i2.28452

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: [email protected] |Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika