Profil Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMA Ditinjau dari Resiliensi Matematis dan Gender

Uun Unayah, Yusup Junaedi, Dwi Yulianto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematis siswa SMA ditinjau dari resiliensi matematis dan gender. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Sobang dengan jumlah sampel sebanyak 167 siswa kelas X. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik analisis data induktif yang meliputi: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Instrument yang digunakan yaitu tes kemampuan literasi matematis, angket resiliensi matematis, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) subjek dengan resiliensi matematis tinggi memiliki kemampuan literasi matematis yang jauh lebih baik daripada subjek dengan resiliensi matematis sedang dan rendah. (2) Subjek perempuan memiliki kemampuan literasi matematis yang lebih baik daripada subjek laki-laki. (3) Adanya hubungan antara resiliensi matematis dengan gender terhadap kemampuan literasi matematis ditunjukkan pada subjek perempuan dengan resiliensi matematis sedang terdapat 1 subjek yang memenuhi sedangkan subjek laki-laki tidak ada yang memenuhi

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v17i2.28656

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: [email protected] |Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika